×

Mengalami Keguguran, Tapi Hasil Testpack Positif. Ko Bisa ?

Bagikan Artikel :

Mengalami Keguguran, Tapi Hasil Testpack Positif. Ko Bisa ?

Testpack adalah alat untuk uji kehamilan yang bekerja dengan mendeteksi hormon hCG dalam urin. Hormon hCG ini mulai bisa dideteksi dengan testpack 7 hari setelah terjadinya pembuahan. Oleh karena itu testpack ini bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan saat baru satu hari terlambat haid. Tapi terlambat melakukan testpack, misalnya  ketika usia kehamilan sudah lebih dari 10 minggu maka akan di dapatkan hasil negatif. Hal ini karena kadar hCG dalam tubuh sudah mulai stabil. Lalu bagaimana bisa jika sudah terjadi keguguran tapi hasil testpack masih positif?

Related Posts :

    Jenis-jenis Testpack

    1. Sampel urine

    Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Secara teknis pemakaian, terdapat berbagai macam testpack urine,yaitu testpack celup, testpack tetes, dan testpack yang diletakkan pada aliran urine. Testpack ada yang sebaiknya digunakan saat pagi hari dan ada juga yang bisa digunakan kapanpun, tergantung sensitivitasnya.

    2. Sampel darah

    Tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal. Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandingkan melakukan tes urine dengan testpack.

    Semakin Bertambah Usia Kehamilan Kadar HCG Akan Menurun

    Hasil testpack ini akan menunjukan negatif ketika usai kehamilan lebih dari  10 minggu. Jadi jangan heran apabila Anda melakukan testpack dan hasilnya negatif pada kehamilan di trimester 2 dan 3. Hal ini karena kadar hCG akan menurun dari usia kehamilan itu sendiri. Setelah mengalami penurunan kadar HCG pada tubuh akan stabil kembali.

    Setelah Keguguran Hasil Testpack Masih Positif

    Setelah keguguran, hormon hCG tidak langsung hilang dalam darah dan urine, diperlukan waktu bertahap beberapa minggu sampai hormon hCG benar-benar hilang dalam darah, rata-rata sekitar 3-4 minggu setelah keguguran hCG dapat hilang sepenuhnya dalam darah. Selama kadar hormon hCG masih ada dalam darah walaupun sedikit maka test pack akan tetap menunjukan hasil yang positif.

    Waktu Terbaik Melakukan Tes Kehamilan dengan Testpack

    Sebetulnya 1 minggu setelah melakukan hubungan seksual sudah bisa test pack. Tapi peluang mendapatkan hasil yang samar cukup besar. Hasil yang terlihat samar ini akan memberikan kesan meragukan, untuk memastikan dengan baik maka lakukan test pack satu minggu setelah terjadi keterlambatan menstruasi. Selain itu penggunaan urin pertama kali saat bangun pagi lebih bagus untuk melakukan test pack karena diharapkan kadar hormon kehamilan lebih tinggi pada urin pagi hari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 15, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    kebidanan

  • Oleh : Rosita
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya

    Pemberian Susu Formula

  • Oleh : Princess mikha
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

    Keputihan terus menerus

  • Oleh : Fithrotun Najihah
  • 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum. Bu saya ingin menanyakan perihal keputihan. Saya keputihan semenjak saya duduk di krlas dua SMA itu hampir tiap hari. Sampai sekarang di waktu umur saya 24 juga masih mengalami hal yang sama. Saya sangat takut. Kadang keputihan itu warna putih kadang kekubingan mau ke hijauan. Kadang banyak dan berbau. Kadang tidak dok. Apa itu hal yg masih wajat atau bagaimana. Terus kalau mau di memeriksa biasanya di dokter spesialis apa dok. Terimakasih

    apakah benar kontraksi palsu?

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

    Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan