×

Mengetahui Ciri Kehamilan Anak Laki-Laki atau Perempuan Tanpa USG

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan | Saat sedang hamil, tidak jarang ada teman atau saudara yang bilang jika anak yang dikandungnya adalah laki-laki atau perempuan. Dimana mereka menduga hal tersebut dari bentuk perut maupun kebiasaan dari si ibu hamil.

Related Posts :

    Memang untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung saat ini bukanlah sesuatu hal yang sulit, dimana anda bisa menggunakan teknologi Ultra Sonografi (USG) yang lebih modern untuk mengetahui jenis kelamin, panjang dan berat tubuh janin, kelainan pada janin, gerakan dan detak jantung janin, usia kehamilan bahkan sampai pada prediksi tanggal kelahiran. Dan USG ini 85% bisa dikatakan akurat apalagi sekarang sudah berkembang USG 4 Dimensi yang dapat menampilkan janin kedalam bentuk yang lebih nyata dan real.

    Selain melakukan USG untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang ada didalam kandungan, kita juga bisa melihatnya melalui ciri-ciri yang terjadi pada ibu hamil. Jika anda selama ini belum sempat melakukan USG, beberapa hal berikut ini bisa anda jadikan sebagai acuan untuk mengetahui jenis kelamin calon buah hati.

    Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki

    Pertama, kita bisa melihatnya melalui posisi perut ibu hamil, anak laki-laki biasanya berada pada perut bagian atas. Selain itu jika dilihat dari fisik, orang yang sedang hamil anak laki-laki cenderung lebih berjerawat dibandingkan mereka yang mengandung anak perempuan yang disebabkan oleh hormon tertentu.

    Kedua, orang biasanya melihat melalui ukuran payudara. Ibu yang sedang hamil tentu ditandai dengan ukuran payudara yang menjadi lebih besar. Anak laki-laki biasanya memiliki payudara bagian kanan yang lebih besar dibandingkan dengan kiri.

    Ibu yang sedang hamil anak laki-laki cenderung memiliki suhu kaki yang lebih dingin dari biasanya. Ciri lainnya bisa melihat melalui denyut nadi dalam waktu satu menit, anak laki-laki biasanya memiliki denyut nadi kurang dari 140 dalam satu menit.

    Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan

    Sedangkan untuk ciri-ciri mengandung anak perempuan, beberapa ciri yang terjadi berlawanan dengan ciri anak laki-laki. Jika anak laki-laki posisi perut berada dibagian atas, maka untuk calon anak perempuan cenderung berada pada bagian bawah.

    Selanjutnya seorang ibu yang mengandung calon anak perempuan juga memiliki detak nadi lebih banyak daripada yang mengandung anak laki-laki.

    Beberapa hal lain yang belum kami sebutkan yaitu mengenai bentuk perut pada ibu hamil. Calon anak laki-laki biasanya memiliki bentuk yang cenderung lebih lancip. Sedangkan untuk calon anak perempuan, umumnya memiliki perut yang berbentuk lebih bulat seperti semangka.

    Ibu yang mengandung anak perempuan biasanya juga menjadi lebih rajin dalam merawat diri, berbeda dengan calon anak laki-laki yang biasanya lebih malas untuk merawat tubuh.

    Kondisi mood terhadap makanan juga bisa kita lihat untuk mengetahui jenis kelamin calon buah hati, ibu yang mengandung anak perempuan biasanya menyukai makanan manis seperti susu, coklat, keju sedangkan untuk calon anak laki-laki lebih ke makanan pedas, asin, dan juga asam.

    Demikianlah ciri-ciri yang bisa anda jadikan sebagai acuan untuk mengetahui jenis kelamin buah hati anda. Semoga bermanfaat!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 8, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan Sehat Untuk Wanita

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Kehamilan

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Sakit perut saat hamil berbahaya kah?

  • Oleh : Tika
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya

    Konsultasi kehamilan

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 9 bulan yang lalu

    Bu umur saya 23 thn saya hmil sdah 7 minggu lbih tpi mngapa msih datang bercak darah sedikit ,apa pnyebabnya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan