Menjaga Nafsu Makan Selama Kehamilan Dengan 8 Tips Berikut Ini

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tanya Bidan – Saat memasuki usia kehamilan pertama, ada diantaranya keluhan yang sering dialami seperti salah satunya kehilangan nafsu makan sehingga makanan yang memiliki nutrisi serta gizi yang baik guna memenuhi kebutuhan akan gizi janin dalam kandungan sering terabaikan.

    Dimasa awal kehamilan penting bagi kita untuk tetap menjaga nafsu makan. Karena jika anda membiarkan hilangnya nafsu makan ini akan membayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Karena ada beberapa diantaranya kondisi yang mungkin akan dialami bila anda membiarkan pola makan anda tidak teratur dengan baik seperti keluhan mual, pegal, sembelit bahkan sampai bisa mengalami gangguan kesehatan pada gigi dan gusi. 

    Sedangkan bagi janin dalam kandungan bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan janin dan bisa mempengaruhi kekebalan tubuh setelah bayi anda lahir.

    8 Tips Menjaga Nafsu Makan Selama Masa Kehamilan 


    1. Mengatur Asupan Makanan yang mengandung Serat
      Memang tidak dipungkiri kebutuhan akan asupan serat sangat dibutuhkan apalagi selama kehamilan. Dikarenakan hal ini berhubungan dengan adanya resiko sembelit yang akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia kandungan.

      Namun perlu untuk diperhatikan juga kandungan air yang terkandung dalam makanan yang mengandung serat akan membuat anda merasa kenyang. Sehingga bagi anda yang memiliki masalah dengan nafsu makan sebaiknya mengatur makanan yang mengandung serat ini

    2. Mengkonsumsi Sup
      Ketika anda kehilangan nafsu makan untuk mengkonsumsi nasi, alangkah lebih baiknya memilih sup makaroni atau sup jagung sebagai menu makan anda. Pilihlah juga sup yang mengandung beragam variasi sayuran dan rendah lemak. Dan bila anda membuatnya dirumah anda bisa membuat kaldu yang lebih jernih guna menghindari lemak.
    3. Atasi Masalah Nafsu Makan Dengan Salad.
      Pilihlah salad buah atau salad sayuran sebagai menu makanan guna mengatasi masalah nafsu makan ketia siang hari menjelang petang. Karena salah satu studi telah menemukan ketika orang mengkonsumsi salad hal ini aman membantu menjaga tubuh anda dari beberapa makanan yang mengandung kalori. Sehingga hal ini bisa menjaga makanan secara keseluruhan.
    4. Mengatasinya Dengan Buah Jeruk
      Seperti penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwasannya makanan nabati rendah kalori yang juga kaya akan serat seperti buah jeruk dan jeruk bali bisa membatu tubuh kita ikut merasa kenyang lebih cepat dan menjaga gula darah anda tetap stabil.
    5. Konsumsi Susu Rendah Lemak
      Cara terbaik bagi ibu hamil guna mendapatkan lebih dari dua protein sekaligus sebagai salah satu langkah mengatur nafsu makan yaitu dengan meningkatkan asupan mengkonsumsi susu rendah lemak. Bunda yang mengkonsumsi susu dimasa kehamilan selain bisa mendapatkan nutrisi tambahan untuk janin, anda juga bisa mendapatkan energi.
    6. Mengkonsumsi Makanan Olahan Kedelai
      Perlu diketahui kedelai memiliki protein, lemak serta karbohidrat. Hal itu saja sudah cukup membuktikan bahwa makan olahan kedelai lebih memuaskan dan juga lebih cenderung menjaga selera nafsu makan dalam kontrol dari makanan nabati.
    7. Mengkonsumsi Cemilan dari Kacang
      Cemilan yang terbuat dari kacang kacangan akan membnatu anda dalam mengatasi nafsu makan anda untuk tetap terkontrol. Cemilan kacang dapat membntu anda dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Bagi ibu hamil yang memiliki masalah dengan nafsu makan, maka cemilan kacang dapat menemani aktifitas anda.
    8. Makan Sedikit Namun Dengan Rentan Waktu Dekat
      Taukah anda bahwa dibutuhkannya sekitar 20 menit bagi otak manusia guna menyampaikan pesan perut kenyang. Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit demi sedikit namun tetap dengan rentang waktu yang dekat. Hal ini berguna untuk menghindari mual dimasa kehamilan muda. Dan perut yang cepat kenyang pada masa kehamilan trisemester akhir.

    Baca Juga : Manfaat Mengonsumsi Beras Merah Saat Masa Kehamilan

    Nah itulah tips menjaga nafsu makan selama kehamilan, dengan menjaga nafsu makan anda dengan teratur, maka anda akan membantu tubuh dan janin untuk tetap sehat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 14, 2016
    Diskusi Dari:
    FR

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Dijawab Oleh : FR
    Diskusi Dari:
    Reny Anggra

    Selamat pagi, bu bidan saya mau curhat dong anak saya sekarang umur 5 tahun giginya cenderung hitam-hitam dan berantakan sekali. Anak saya juga susah bila di suruh sikat gigi bu bidan, saya takut nanti gigi anak saya makin berantakan saat tumbuh gigi baru. Gimana cara mengatasinya yah bu bidan ? Ditunggu balasan nya yah bu bidan

    Dijawab Oleh : Reny Anggra
    Diskusi Dari:
    Dayat Ya Hidayat

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Didin Bajarudin

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Opik Taufik

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Opik Taufik