Menu Yang Cocok Dimakan Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Saat bulan Ramadhan datang, semua orang pasti berlomba lomba ingin berpuasa termasuk bagi mereka para ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil dan ibu menyusui memang tidak pernah dilarang untuk berpuasa, asalkan mereka memperhatikan jenis asupan gizi pada makanan yang dikonsumsinya ini. Saat sedang hamil atau sedang menyusui, kebutuhan gizi dan energi ini meningkat di mana mereka akan lebih membutuhkan energi yang sesungguhnya. Seperti yang kita kertahui bahwa manusia ini membutuhkan 1800 kkal perharinya. Namun pada ibu hamil, mereka perlu mendapatkan tambahan terganntung pada usia kandungannya ini. Saat wanita sedang hamil pada trimester pertama, biasanya mereka sangat membutuhkan tambahan sebanyak 180 kkal, pada trimester ke 2 membutuhkan tambahan 300 kkal dan 300 kakal untuk trimesker ke 3. Jika anda seorang ibu hamil atau ibu menyusui yang ingin tetap berpuasa, sebaiknya anda memperhatikan asupan makana dan juga jenis menu makanan yang anda konsumsi ini agar mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya dna terhindar dari berbagai jenis masalah.

    Berikut ini beberapa jenis menu yang cocok dimakan ibu hamil saat sedang berpuasa, diantaranya adalah :


    • Kurma Dan Air Hangat
      Saat berbuka, ibu hamil atau menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumi kurma terlebih dahulu, hal ini sangat disarankan karena dengan mengkonsumsi kurma ini akan memberikan energi. Kurma ini mengandung 285 hingga 30 kalori di dalam satu butirnya, sehingga anda tidak disarankan untuk mengkonsumi banyak, cukup 2 atau 3 butir saja. Jika anda sornag ibu menyusui, sebaiknya anda mengkonsumsi air hangat saat berbuka untuk merangsang produksi asi. Ini menjadi salah satu menu yang cocok dimakan ibu hamil saat berbuka puasa.
    • Jangan Mengkonsumsi Takjil Mengandung Santan
      Jika anda ingin berbuka dengan yang manis, seperti kolak, sebaiknya jangan dicampurkan dengan santan. Tapi sangat disarankan untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau yang tinggi akan kandungan protein bagi kesehatan.
    • Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat
      Roti gandum, nasi merah, oatmeal merupakan jenis makanan yang mengandung energi dan karbohidrat kompleks yang baik bagi ibu hamil dan menyusui.
    • Protein Nabati Dan Hewani
      Dengan mengkonsumsi tahu, telur ikan atau mengkonsumsi ayam dan tahu dengan sekaligus, anda ini akan mendapatkan kandungan protein nabati dan hewani dimana kandungan ini sangat baik bagi kesehatan.
    • Buah Buahan Dan Sayuran
      Buah dan juga sayur merupakan jenis makanan yang memang sangat baik bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi dua makanan ini, maka anda mencegah anda terhindar dari adanya masalah yang mengganggu bagian pencernaan.
    • Air Putih
      Seperti yang kita ketahui, bahwa air putih ini merupakan jenis minuman yang memang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dimana dengan mengkomsumsi air putih in dapat membuat anda terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan,. Konsumsi air puitih seperti biasa, 3 liter perharinya atau sekitar 12 gelas.

                                       Baca Juga : Cara Agar Ibu Hamil Nyaman Saat Sedang Puasa

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 6, 2017
    Diskusi Dari:
    Sheila Marwah

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    nana sutyana

    bu bidan, bagaimana cara menjaga kehamilan supaya baik dan tetap sehat hingga tiba waktu kelahiran?

    Dijawab Oleh : nana sutyana
    Diskusi Dari:
    jasperdoolan1

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : jasperdoolan1
    Diskusi Dari:
    They Xantana Noeza

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    emilia

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    Dijawab Oleh : emilia