×

Menu Yang Cocok Dimakan Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Saat bulan Ramadhan datang, semua orang pasti berlomba lomba ingin berpuasa termasuk bagi mereka para ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil dan ibu menyusui memang tidak pernah dilarang untuk berpuasa, asalkan mereka memperhatikan jenis asupan gizi pada makanan yang dikonsumsinya ini. Saat sedang hamil atau sedang menyusui, kebutuhan gizi dan energi ini meningkat di mana mereka akan lebih membutuhkan energi yang sesungguhnya. Seperti yang kita kertahui bahwa manusia ini membutuhkan 1800 kkal perharinya. Namun pada ibu hamil, mereka perlu mendapatkan tambahan terganntung pada usia kandungannya ini. Saat wanita sedang hamil pada trimester pertama, biasanya mereka sangat membutuhkan tambahan sebanyak 180 kkal, pada trimester ke 2 membutuhkan tambahan 300 kkal dan 300 kakal untuk trimesker ke 3. Jika anda seorang ibu hamil atau ibu menyusui yang ingin tetap berpuasa, sebaiknya anda memperhatikan asupan makana dan juga jenis menu makanan yang anda konsumsi ini agar mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya dna terhindar dari berbagai jenis masalah.

Berikut ini beberapa jenis menu yang cocok dimakan ibu hamil saat sedang berpuasa, diantaranya adalah :

Related Posts :


    • Kurma Dan Air Hangat
      Saat berbuka, ibu hamil atau menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumi kurma terlebih dahulu, hal ini sangat disarankan karena dengan mengkonsumsi kurma ini akan memberikan energi. Kurma ini mengandung 285 hingga 30 kalori di dalam satu butirnya, sehingga anda tidak disarankan untuk mengkonsumi banyak, cukup 2 atau 3 butir saja. Jika anda sornag ibu menyusui, sebaiknya anda mengkonsumsi air hangat saat berbuka untuk merangsang produksi asi. Ini menjadi salah satu menu yang cocok dimakan ibu hamil saat berbuka puasa.
    • Jangan Mengkonsumsi Takjil Mengandung Santan
      Jika anda ingin berbuka dengan yang manis, seperti kolak, sebaiknya jangan dicampurkan dengan santan. Tapi sangat disarankan untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau yang tinggi akan kandungan protein bagi kesehatan.
    • Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat
      Roti gandum, nasi merah, oatmeal merupakan jenis makanan yang mengandung energi dan karbohidrat kompleks yang baik bagi ibu hamil dan menyusui.
    • Protein Nabati Dan Hewani
      Dengan mengkonsumsi tahu, telur ikan atau mengkonsumsi ayam dan tahu dengan sekaligus, anda ini akan mendapatkan kandungan protein nabati dan hewani dimana kandungan ini sangat baik bagi kesehatan.
    • Buah Buahan Dan Sayuran
      Buah dan juga sayur merupakan jenis makanan yang memang sangat baik bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi dua makanan ini, maka anda mencegah anda terhindar dari adanya masalah yang mengganggu bagian pencernaan.
    • Air Putih
      Seperti yang kita ketahui, bahwa air putih ini merupakan jenis minuman yang memang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dimana dengan mengkomsumsi air putih in dapat membuat anda terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan,. Konsumsi air puitih seperti biasa, 3 liter perharinya atau sekitar 12 gelas.

                                       Baca Juga : Cara Agar Ibu Hamil Nyaman Saat Sedang Puasa

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 6, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah Pencernaan, Susah BAB saat hamil

  • Oleh : Mbak aty
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi,
    Saat ini saya tengah hamil dan memasuki trimester ketiga. Namun, saya mengalami masalah pada pencernaan yang membuat saya susah BAB atau sembelit. Mau minum obat, takutnya kenapa-kenapa. Adakah solusi lain yang bisa mengatasi masalah pencernaan saya selama masa kehamilan?

    Kandungan

  • Oleh : Aldhinda Putrie
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok mau bertanya saya sudah telat haid terakhir haid agustus tgl 25 agustus 2020 dan setelah itu saya tidak haid lagi dok dan pada tanggal 16 september muncul flek atau bercak darah yang sedikit dan hanya 2 hari . Tapi ketika di tespeck masih negatif , dan saya juga sudah mengalami gejala kehamilan sprti mual , sensitif , perubahan dan nyeri pada payudara
    Dok kenapa ya klo boleh tau?

  • Oleh : Aldhinda Putrie
  • Ciri ciri ke guguran

  • Oleh : wildalaughlin5
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Bingung hamil atau tidak

  • Oleh : Canti Cintia
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan. Saya mau nanya. Saya udah 6 lebih ngga haid. Saya tes hasilnya negatif terus. Saya usg di bidan juga samar2 bidannya gk mau mesmastikan entah itu apa katanya bukan kista bukan penggumpalan darah dan bukan penebalan dinding rahim. Saya binggung soalnya udah pindah2 bidan katanya juga ga hamil tp perut saya makin membesar sekarang kaki bengkak. Pas 4 bulan sering kedutan. perut saya sekarang beda lagi rasanya lebih kayak gerakan. Kadang suka kenceng. Itu knp ya bu soalnya kalo kata tukang urut saya memang hamil tp kok gitu ya

  • Oleh : Canti Cintia
  • menderita tifus saat hamil

  • Oleh : puji
  • 5 tahun yang lalu

    selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

    Tanya Bidan