Menu Yang Cocok Dimakan Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Saat bulan Ramadhan datang, semua orang pasti berlomba lomba ingin berpuasa termasuk bagi mereka para ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil dan ibu menyusui memang tidak pernah dilarang untuk berpuasa, asalkan mereka memperhatikan jenis asupan gizi pada makanan yang dikonsumsinya ini. Saat sedang hamil atau sedang menyusui, kebutuhan gizi dan energi ini meningkat di mana mereka akan lebih membutuhkan energi yang sesungguhnya. Seperti yang kita kertahui bahwa manusia ini membutuhkan 1800 kkal perharinya. Namun pada ibu hamil, mereka perlu mendapatkan tambahan terganntung pada usia kandungannya ini. Saat wanita sedang hamil pada trimester pertama, biasanya mereka sangat membutuhkan tambahan sebanyak 180 kkal, pada trimester ke 2 membutuhkan tambahan 300 kkal dan 300 kakal untuk trimesker ke 3. Jika anda seorang ibu hamil atau ibu menyusui yang ingin tetap berpuasa, sebaiknya anda memperhatikan asupan makana dan juga jenis menu makanan yang anda konsumsi ini agar mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya dna terhindar dari berbagai jenis masalah.

    Berikut ini beberapa jenis menu yang cocok dimakan ibu hamil saat sedang berpuasa, diantaranya adalah :


    • Kurma Dan Air Hangat
      Saat berbuka, ibu hamil atau menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumi kurma terlebih dahulu, hal ini sangat disarankan karena dengan mengkonsumsi kurma ini akan memberikan energi. Kurma ini mengandung 285 hingga 30 kalori di dalam satu butirnya, sehingga anda tidak disarankan untuk mengkonsumi banyak, cukup 2 atau 3 butir saja. Jika anda sornag ibu menyusui, sebaiknya anda mengkonsumsi air hangat saat berbuka untuk merangsang produksi asi. Ini menjadi salah satu menu yang cocok dimakan ibu hamil saat berbuka puasa.
    • Jangan Mengkonsumsi Takjil Mengandung Santan
      Jika anda ingin berbuka dengan yang manis, seperti kolak, sebaiknya jangan dicampurkan dengan santan. Tapi sangat disarankan untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau yang tinggi akan kandungan protein bagi kesehatan.
    • Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat
      Roti gandum, nasi merah, oatmeal merupakan jenis makanan yang mengandung energi dan karbohidrat kompleks yang baik bagi ibu hamil dan menyusui.
    • Protein Nabati Dan Hewani
      Dengan mengkonsumsi tahu, telur ikan atau mengkonsumsi ayam dan tahu dengan sekaligus, anda ini akan mendapatkan kandungan protein nabati dan hewani dimana kandungan ini sangat baik bagi kesehatan.
    • Buah Buahan Dan Sayuran
      Buah dan juga sayur merupakan jenis makanan yang memang sangat baik bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi dua makanan ini, maka anda mencegah anda terhindar dari adanya masalah yang mengganggu bagian pencernaan.
    • Air Putih
      Seperti yang kita ketahui, bahwa air putih ini merupakan jenis minuman yang memang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dimana dengan mengkomsumsi air putih in dapat membuat anda terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan,. Konsumsi air puitih seperti biasa, 3 liter perharinya atau sekitar 12 gelas.

                                       Baca Juga : Cara Agar Ibu Hamil Nyaman Saat Sedang Puasa

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 6, 2017
    Diskusi Dari:
    ade

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil darinya ?

    Dijawab Oleh : ade
    Diskusi Dari:
    Jenni

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    Dijawab Oleh : Jenni
    Diskusi Dari:
    ella fatmawati

    Sya mau tanya es krim yg jenis nya apa yach yg biisa membantu kesuburan agar cepat hamil…

    Dijawab Oleh : ella fatmawati
    Diskusi Dari:
    teenasuttor096

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : teenasuttor096
    Diskusi Dari:
    Lusi

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Dijawab Oleh : Lusi