×

Mewaspadai Penyebab Berat Badan Tidak Naik Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Tidak sedikit wanita yang takut ketika mengalami kenaikan berat badan. Perubahan fisik menjadi lebih gemuk merupakan hal yang dihindari ketikan naik berat badan. Namun, kenaikan berat badan ketika hamil merupakan salah satu ukuran kesehatan janin dalam kandungan.

Related Posts :

    Normalnya ketika hamil berat badan seorang wanita akan semakin meningkat atau naik disebabkan karena kehadiran janin dan juga plasenta. Namun, pada beberapa kasus ada juga ibu hamil yang tidak mengalami kenaikan berat badan atau justru malah berkurang.

    Pada kondisi normal, ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12-16 kg selama masa kehamilan. Sedangakn untuk ibu hamil yang mengawali kehamilan dengan berat badan yang berlebih, diusahakan untuk mengalami kenaikan berat badan sekitar 5-7 kg.

    Mewaspadai Penyebab Berat Badan Tidak Naik Saat Hamil

    Sebenarnya, masa kehamilan dengan kenaikan berat badan seroang calon ibu datang secara bersamaan. Namun, kenaikan berat badan yang terjadi pada setiap ibu sangat mungkin untuk berbeda, ada yang kenaikannya dalam jumlah besar, ada juga yang sedikit sekali beratambahnya. Dan bahkan sebagiannya justru tidak mengalami kenaikan berat badan atau malah berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal.

    Penyebab berat badan tidak naik saat hamil yang sering terjadi yaitu mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilannya cukup parah, sehingga sangat sedikit sekali makanan dannutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut tentu saja bisa membuat berat badan ibu tidak naik.

    Penyebab lainnya yaitu jika ibu mengidap diabetes atau terkena diabetes kehamilan (gestasional), sehingga harus selalu mengontrol jumlah makanannya. Ibu yang terlalu sibuk memperhatikan kadar gula menjadikan berat badan sang ibu justru malah terabaikan. Jadi, intinya, seorang ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan yang sesuai dengan yang diperlukan. Jika makanan yang dikonsumsi kurang, maka kenaikan berat badan ibu hamil tidak bisa tercapai.

    Maka dari itu, ibu hamil harus selalu mewaspadai penyebab berat badan tidak naik saat hamil dengan melakukan pemeriksaan berat badan secara rutin untuk mengetahui berat badan ideal selama kehamilan. Karena ibu hamil yang tidak memenuhi berat badan ideal selama kehamilan dikhawatirkan akan mengalami persalinan yang sulit dan juga lama. Selain itu juga akan mengalami persalinan yang lebih awal atau prematur. Bahkan pada beberapa kasus ditemukan ibu hamil yang mengalami pendarahan setelah melahirkan dan terjadinya kemungkinan persalinan setelah operasi.

    Tidak hanya itu, kurangnya berat badan selama kehamilan jugabisa menyebabkan kesehatan dan kondisi janin terganggu. Kurangnya berat badan pada trimester 1 akan mengakibatkan janin lahir prematur dan mengalami kelainan sistem saraf pusat. Sedangkan kurangnya berat badan pada trimester ke 2 menyebabkan pertumbuhan janin yang terhambat. Ada beberapa kondisi yang dikhawatirkan terjadi disebabkan karena berat badan ibu hamil yang tidak ideal saat hamil, seperti bayi meninggal sesaat setelah dilahirkan, mengalami cacat bawaan atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

    Bagi ibu yang mengalami kesulitan kenaikan berta badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti karbohidrat dan protein. Ibu hamil juga disarankan untuk banyak mengonsumsi ikan, daging, es krim, dan cake. Sedangkan bagi ibu yang seringkali mengeluhkan mual dan muntah sebaiknya makan dalam porsi kecil.

    Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan sulit mengalami kenaikan berat badan, sehingga bisa mendapatkan solusi yang terbaik untuk kesehatan ibu dan janin.

    Bagi ibu yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai informasi tersebut, ibu bisa menggunakan layanan tanya bidan untuk berkonsultasi seputar persalinan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 31, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 5 bulan, 4 minggu yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    puasa dan berat badan janin

  • Oleh : tickanevianti
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Kelenjar Getah Bening

  • Oleh : Riri
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Kehamilan

  • Oleh : ANGGUN
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan