Nyeri Punggung Saat Hamil ? Inilah Tips Cara Mengatasinya

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Kita – Masa kehamilan adalah momen yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan khususnya bagi calon ibu. Namun terkadang selama masa kehamilan ini berlangsUng terdapat berbagai macam keluhan yang bisa dirasakan oleh ibu hamil, salah satunya seperti sering mengeluhkan sakit punggung.

    Sakit punggung yang dirasakan bisa menjadi pertanda bagus, hal ini menandakan bahwa janin dalam kandungan sedang mengalami pertumbuhan. Semakin bertambah besar janin, maka semakin besar pula beban yang dirasakan pada punggung anda. Rasa sakit pada punggung saat kahamilan umumnya terjadi ketika panggul bertemu engan tulang belakang, yaitu sendi sacroiliac.

    Salah satu penyebab mengenai alasan mengapa saat hamil sering mengeluhkan sakit punggung adalah perubahan hormon. Karena pada masa kehamilan ini tubuh memproduksi hormon relaksin yang akan membuat ligamen didaerah panggul untuk bersantai dan sendi akan menjadi lebih longgar. Hal ini adalah persiapan proses kelahiran. Hormon yang satu ini juga bisa menyebabkan ligamen mendukung tulang belakang jadi lebih longgar, akhirnya akan menimbulkan ketidakstabilan dan muncul rasa nyeri

    Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

    Bagi anda yang memiliki sakit punggung kronis, yang dirasakan sebelum masa kehamilan, maka rasa sakit akan hal itu akan mulai berkurang secara bertahap sebelum anda melahirkan. Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan meringankan keluhan akan nyeri punggung pada saat hamil.

    1. Olahraga
      Olahraga yang dilakukan secara rutin pada masa kehamilan berguna untuk memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot. Kegiatan ini juga akan mengurangi stress pada tulang belakang anda. Bidan merekomendasikan jenis olahraga yang aman dilakukan saat masa kehamilan seperti jalan kaki, berenang atau juga bersepeda statis.
    2. Kompres Panas dan Dingin
      Langkah selanjutnya untuk meringankan nyeri pada punggung secara alami bisa dengan kompres panas dan dingin. Adapun caranya adalah dengan meletakan kompres dingin, seperti handuk berisi es atau sayuran beku, kemudin tempelkan didaerah yang sakit selama 20 menit. lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari. Setelah melakukan kompres dingin, beralih pada kompres panas. caranya adalah dengan kita menempelkan seperti bantal pemanas atau juga botol yang berisi air panas dan letakan didaerah yang sakit.
    3. Memperbaiki Postur
      Postur tubuh yang membungkuk akan membuat tulang belakang anda menjadi tegang. Maka dari itu jagalah postur tubuh dengan cara yang tepat saat anda bekerja, duduk atau tidur. Misalnya tidurlah miring dengan meletakan bantal diantara lutut. Kegiatan ini akan membantu anda unuk mengurangi stress dipunggung. Pada saat dudukpun anda bisa menaruh handuk yang digulung dibelakang punggung anda supaya bisa memberikan dukungan pada punggung. Selain itu ada baiknya juga apabila anda mengistirahatkan kaki dengan cara memperkuat kedua kaki anda, dalam setumpuk buku atau bangku dan duduklah dengan tegak.
    4. Lakukan Konsultasi
      Apabila rasa sakit punggung anda berkaitan dengan stress, berbicaralah dengan teman yang dipercaya anda untuk berkonsultasi dengan ahli atau bidan yang akan membantu anda.
    5. Akupuntur
      Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa akupuntur ini efektif untk mengatasi nyeri punggung bagian bawah selama masa kehamilan. Sebelum anda melakukannya, konsultasilah dulu dengan dokter atau bidan anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 18, 2016
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Risky nur
    Diskusi Dari:
    Riri

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    Dijawab Oleh : Riri
    Diskusi Dari:
    Nani Mulyaningsih

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Nani Mulyaningsih
    Diskusi Dari:
    chairia

    Malam Dok…!
    Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
    Terima kasih atas jawabannya dok…!

    Dijawab Oleh : chairia