×

Nyeri Punggung Saat Hamil ? Inilah Tips Cara Mengatasinya

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Masa kehamilan adalah momen yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan khususnya bagi calon ibu. Namun terkadang selama masa kehamilan ini berlangsUng terdapat berbagai macam keluhan yang bisa dirasakan oleh ibu hamil, salah satunya seperti sering mengeluhkan sakit punggung.

Sakit punggung yang dirasakan bisa menjadi pertanda bagus, hal ini menandakan bahwa janin dalam kandungan sedang mengalami pertumbuhan. Semakin bertambah besar janin, maka semakin besar pula beban yang dirasakan pada punggung anda. Rasa sakit pada punggung saat kahamilan umumnya terjadi ketika panggul bertemu engan tulang belakang, yaitu sendi sacroiliac.

Salah satu penyebab mengenai alasan mengapa saat hamil sering mengeluhkan sakit punggung adalah perubahan hormon. Karena pada masa kehamilan ini tubuh memproduksi hormon relaksin yang akan membuat ligamen didaerah panggul untuk bersantai dan sendi akan menjadi lebih longgar. Hal ini adalah persiapan proses kelahiran. Hormon yang satu ini juga bisa menyebabkan ligamen mendukung tulang belakang jadi lebih longgar, akhirnya akan menimbulkan ketidakstabilan dan muncul rasa nyeri

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Bagi anda yang memiliki sakit punggung kronis, yang dirasakan sebelum masa kehamilan, maka rasa sakit akan hal itu akan mulai berkurang secara bertahap sebelum anda melahirkan. Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan meringankan keluhan akan nyeri punggung pada saat hamil.

  1. Olahraga
    Olahraga yang dilakukan secara rutin pada masa kehamilan berguna untuk memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot. Kegiatan ini juga akan mengurangi stress pada tulang belakang anda. Bidan merekomendasikan jenis olahraga yang aman dilakukan saat masa kehamilan seperti jalan kaki, berenang atau juga bersepeda statis.
  2. Kompres Panas dan Dingin
    Langkah selanjutnya untuk meringankan nyeri pada punggung secara alami bisa dengan kompres panas dan dingin. Adapun caranya adalah dengan meletakan kompres dingin, seperti handuk berisi es atau sayuran beku, kemudin tempelkan didaerah yang sakit selama 20 menit. lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari. Setelah melakukan kompres dingin, beralih pada kompres panas. caranya adalah dengan kita menempelkan seperti bantal pemanas atau juga botol yang berisi air panas dan letakan didaerah yang sakit.
  3. Memperbaiki Postur
    Postur tubuh yang membungkuk akan membuat tulang belakang anda menjadi tegang. Maka dari itu jagalah postur tubuh dengan cara yang tepat saat anda bekerja, duduk atau tidur. Misalnya tidurlah miring dengan meletakan bantal diantara lutut. Kegiatan ini akan membantu anda unuk mengurangi stress dipunggung. Pada saat dudukpun anda bisa menaruh handuk yang digulung dibelakang punggung anda supaya bisa memberikan dukungan pada punggung. Selain itu ada baiknya juga apabila anda mengistirahatkan kaki dengan cara memperkuat kedua kaki anda, dalam setumpuk buku atau bangku dan duduklah dengan tegak.
  4. Lakukan Konsultasi
    Apabila rasa sakit punggung anda berkaitan dengan stress, berbicaralah dengan teman yang dipercaya anda untuk berkonsultasi dengan ahli atau bidan yang akan membantu anda.
  5. Akupuntur
    Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa akupuntur ini efektif untk mengatasi nyeri punggung bagian bawah selama masa kehamilan. Sebelum anda melakukannya, konsultasilah dulu dengan dokter atau bidan anda.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 18, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan pengganti ibu hamil

  • Oleh : Ramadhan
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

    Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster terimakasih

    Aisyah Putri Setiawan

  • Oleh : Bunga Handayani
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Ciri Ciri Haid Selain Timbul Rasa Nyeri

  • Oleh : Silvia Rizkiana Sari
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
    Terimakasih

    Kanker ovarium pada wanita remaja

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan