Pentingnya Asupan Kalsium Saat Masa Kehamilan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk kekuatan pada tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan otot tubuh, sistem syaraf dan kesehatan jantung, baik bagi ibu maupun janin.

    Makanan yang mengandung kalsium sangat dibutuhkan ibu hamil terutama memasuki masa trimester kedua dan trimester ketiga kehamilan. Pada trimester kedua kehamilan, pertumbuhan janin akan lebih pesat daripada trimester sebelumnya, bahkan bisa mencapai 10 gram perhari. Sehingga, memang benar kalau kalsium sangat dibutuhkan pada saat kehamilan.

    Manfaat Asupan Kalsium Bagi Tubuh


    Sebenarnya, kalsium tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil saja namun juga penting bagi tubuh kita. Berikut dibawah ini pentingnya asupan kalisum bagi tubuh.

    Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

    Sudah dikatakan diatas, bahwa kalsium memang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin bahkan wanita hamil membutuhkan kalsium per hari sebesar 1000 mg. Kalsium ini berperan penting dalam menjaga kehamilan agar tetap sehat. Selain itu, asupan kalsium yang cukup bisa melindungi ibu hamil dari kondisi preklamsia yaitu kondisi tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan. Selain itu, berikut ini manfaat asupan kalsium bagi janin diantaranya yaitu:

    – Untuk membentuk pertumbuhan jaringan tulang sehingga saat bayi lahir akan terhindar dari risiko cacat fisik
    – Membentuk strutur gigi yang baik dan kuat
    – Membentuk jaringan jantung, otot dan sistem syaraf
    – Mendukung pengembangan irama jantung pada janin dan membentuk sistem pembekuan darah yang normal.

    Mencegah osteoporosis

    Ibu hamil membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk mempertahankan kesehatan tulang dan memberikan nutrisi ibu hamil untuk janin. Janin memakai kalsium untuk membentuk jaringan tulang rawan. Proses penyerapan kalsium untuk membentuk pertumbuhan tulang akan terus dilakukan hingga usia 20 tahun. Namun, penyerapan kalsium akan mengalami penurunan pada usia 30 tahun. Apabila asupan kalsium dan vitamin D memenuhi kebutuhan tubuh, maka kalsium akan memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

    Membantu proses metabolisme

    Kalsium dapat mendukung dalam proses pembakaran lemak sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Asupan kalsium akan membentuk tubuh yang lebih sehat karena dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

    Meringan gangguan menstruasi

    Saat perempuan masuk dalam siklus ini maka hormon estrogen dan progesteron akan mengalami fluktuasi. Tubuh akan membentuk reaksi dengan berbagai gejala yang tidak menyenangkan untuk perempuan. Bahkan bisa memberikan pengaruh untuk tekanan perasaan. Konsumsi kalsium dan vitamin D yang cukup akan meringankan semua gejala yang tidak menyenangkan.

    Mengurangi risiko terkena kanker

    Dalam sebuah jurnal penelitian dikaitkan bahwa asupan kalsium yang cukup akan membantu tubuh membentuk kekebalan alami dan mengurangi resiko kanker. Jenis kalsium alami yang didapatkan dari makanan sangat bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker ovarium, payudara, prostat dan kolorektal.

    Menjaga kesehatan jantung

    Asupan kalsium yang tidak dibutuhkan oleh tulang atau dosis yang sudah cukup bagi tulang ternyata akan diguanakan oleh otot untuk membentuk sistem kerja yang lebih baik. Termasuk otot jantung, sistem syaraf dan pembuluh darah. Jumlah kalsium yang cukup akan memelihara kesehatan jantung secara alami. Termasuk mencegah terjadinya hipertensi dalam kehamilan.

    Tanda-Tanda Orang yang Kekurangan Kalsium

    Kalsium akan disimpan dalam tulang dan digunakan oleh tubuh melalui aliran darah. Cadangan kalsium akan terus menipis sesuai dengan penambahan usia. Hal inilah yang membuat orang tua rentan dengan masalah kekurangan kalsium sementara kebutuhan kalsium tetap sama. Berikut ini tanda-tanda orang yang kekurangan kalsium

    • Terjadinya gangguan memory seperti pikun, atau semakin bingung saat tua
    • Tubuh akan mengalami kejang otot yang menyebabkan lemah, letih dan timbul rasa sakit pada sendi
    • Tubuh mengalami kesemutan terutama untuk bagian kaki, wajah dan tangan
    • Orang tua biasanya akan sering mengalami perasaan tertekan, depresi dan halusinasi.

    Itulah manfaat kalsium bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, cukupi asupan kalsium Anda, terutama saat hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan disini bersama kami curhat bidan, kami akan menjawab dan memberikan solusi terbaik untuk Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 3, 2016
    Diskusi Dari:
    Aryanto Id

    siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

    Dijawab Oleh : Aryanto Id
    Diskusi Dari:
    Pipit Winartii

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Tika

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Dijawab Oleh : Tika
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Karmila

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

    Dijawab Oleh : Karmila