Pentingnya Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Perubahan fisik menjadi gendut adalah salah satu yang dihindari ketika naik berat badan. Meskipun demikian, ketika ibu hamil kenaikan berat badan menjadi salah satu ukuran kesehatan janin di dalam kandungan.

    Kondisi normal ibu hamil harus mengalami kenaikan berat badan 12-16 kg selama ibu mengalami kehamilan. Sedangkan untuk ibu hamil yang mengawali kehamilan dengan berat badan yang berlebih diusahakan untuk mengalami kenaikan berat badan pada sekitar 5-7 kg selama kehamilan. Lantas, apa saja yang menjadi pengaruh kenaikkan berat badan saat hamil?

    Pentingnya Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

    Ibu hamil harus rajin memantau perkembangan berat badan untuk menunjang tumbuh kembang janin. Pada penelitian yang dilakukan oleh London school of Hygiene & Tropical Medicine, ibu hamil yang mengalami kurangnya kenaikan berat badan akan meningkatkan risiko keguguran di tiga bulan pertama kehamilan. Selain itu, apa saja yang menjadi penyebab sulitnya menaikkan berat badan saat hamil?

    • Hilangnya nafsu makan karena gejala morning sickness dan sangat umum dialami pada 4 bulan pertama kehamilan.
    • Tidak memperdulikan asupan makanan bergizi yang dibutuhkan janin.
    • Ibu mengalami gangguan pencernaan, seperti gigi rusak sehingga makanan tidak dapat di kunyah dengan baik sehingga makanan tidak dapat dicerna dan diserap sempurna.
    • Ibu memiliki riwayat kesehatan seperti paru-paru dan jantung sehingga mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan nutrisi dan oksigen dalam darah menjadi tergangu.
    • Ibu melakukan diet ketat untuk tetap menjaga tubuh yang langsing padahal sangat merugikan pertumbuhan dan perkembangan janin.

    Kenaikkan berat badan saat hamil bisa disebut wajar terjadi bahkan harus dipertimbangkan dengan cara memeriksakan kesehatan agar kenaikkan berat badan sesuai dengan usia kehamilan.

    Pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamil yang hanya mengalami kenaikkan berat badan kurang dari 10 kg harus diwaspadai. Adapun alasan mengapa kenaikkan berat badan saat hamil itu penting juga.

    • Ibu hamil harus menyimpan lemak yang akan menjadi makanan untuk bayi
    • Ibu hamil mengalami pembesaran rahim dan persiapan menyusui sehingga ibu hamil harus mengalami kenaikan berat badan
    • Ibu hamil akan mengalami pertambahan darah sehingga kenaikan berat badan disesuaikan dengan usia kehamilan
    • Pertumbuhan janin menjadi alasan utama ibu hamil mengalami kenaikkan berat badan
    • Terdapat plasenta, cairan lainnya dan juga air ketuban yang menjadikan kenaikkan berat badan pada ibu hamil.

    Itulah alasan kenapa berat badan harus naik saat masa kehamilan. Semoga info bidan ini bermanfaat bagi Anda yang kini tengah mengandung buah hatinya dan semoga selalu diberikan kesehatan bagi ibu dan janin. Aamiin

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - December 5, 2016
    Diskusi Dari:
    alberta6265

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    Dijawab Oleh : alberta6265
    Diskusi Dari:
    ANGGUN

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    Dijawab Oleh : ANGGUN
    Diskusi Dari:
    Princess mikha

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

    Dijawab Oleh : Princess mikha
    Diskusi Dari:
    Ivie Suci

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Dijawab Oleh : Ivie Suci
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Dijawab Oleh : Ramadhan