×

Penyebab Ibu Hamil Sering Mengeluhkan Sakit Punggung

Bagikan Artikel :

Berbicara tentang sakit punggung atau back pain, tentu akan sangat setuju bahwa ibu hamil sering kali mengalami gangguan kesehatan yang satu ini. Karena berdasarkan data kesehatan yang ada, sekitar 80% wanita, pada awal-awal kehamilan mereka pasti merasakan keluhan yang sama di punggung mereka.

Ternyata sakit punggung yang terjadi pada ibu hamil ini ada penyebabnya. Bukan berasal dari sakit punggung karena aktifitas biasa, pada ibu hamil penyebabnya bahkan terbagi kedalam beberapa faktor penyebab, diantaranya :

  • Mengalami perubahan titik berat tubuh pada ibu hamil. Dengan membesarkanya ukuran rahim dan pertumbuhan janin, titik berat tubuh ibu hamil akan semakin condong kedepan. Inilah yang membuat Anda secara tidak sadar untuk ‘menarik’ bagian belakang atau punggung menjadi lebih condong ke belekang. Karena hal inilah, tulang punggung bagian bawah akan melengkung, juga otot-otot di tulang belakang menjadi pendek.
  • Posisi atau postur tubuh. Penyebab lainnya diketahui dari postur tubuh yang buruk, seperti ibu hamil yang terlalu banyak berdiri, atau terlalu sering membungkuk juga dapat menjadi pemicu terjadinya sakit punggung.
  • Hormon. Peningkatan hormon saat hamil, mengharuskan pelepasan hormon lebih banyak yang membuat persendian serta tulang-tulang terutama di area panggul meregang. Sebenarnya hal ini alami, dilakukan secara otomatis oleh tubuh Anda sebagai persiapan untuk proses persalinan kelak. Jadi, mau tidak mau pergeseran ini akan berpengaruh pada cara punggung menyangga tubuh Anda.

Tapi, apakah semua ibu hamil sudah pasti akan menderita sakit punggung saat hamil? Jika itu yang menjadi pertanyaan Anda maka jawabannya adalah tidak semua, tapi sebagian besar. Namun, orang-orang tertentu yang sudah pasti akan mengalami sakit punggung diantaranya mereka yang telah menderita sakit punggung sebelumnya (sebelum hamil sudah mengalami sakit punggung), ibu hamil yang sedang hamil anak kembar, ibu hamil yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk-duduk saja, juga ibu hamil yang mengalami berat badan berlebih.

Adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit punggung pada ibu hamil?

Tentu saja ada! Anda tidak perlu khawatir untuk itu. Ibu hamil yang mengalami sakit pada punggungnya, diharuskan untuk beristirahat dan tidak terlalu banyak melakukan kegiatan yang memberatkan. Akan tetapi dengan istirahat saja, tidak akan cukup. Ibu hamil dapat melakukan program latihan seperti olahraga misalnya, yang sesuai dengan kondisi ibu hamil itu sendiri. Nah karena kondisi pada ibu hamil berbeda-beda tiap perorangnya, jadi sebaiknya pilihlah jenis olahraga yang membuat Anda nyaman.

Anda dapat melakukan peregangan untuk membantu melatih otot-otot untuk lebih fleksibel dalam mendukung punggung dan kaki. Hati-hati ketika melakukan peregangan, jangan terlalu banyak dan terllau cepat karena justru jika seperti itu akan berdampak pada beban lebih banyak untuk sendi. Cara terbaik untuk melakukan peregangan agar tubuh ibu hamil tetap lentur dan keseimbangan tetap terjaga adalah dengan pelatihan yoga khusus ibu hamil.

Berenang adalah alternatif lain untuk olahraga ringan yang dapat membantu ibu hamil mengurangi efek sakit di punggung serta dapat menguatkan perut dan otot punggung bawah. Dengan daya apung air, ketegangan sendi dan ligamen pada ibu hamil juga berkurang, artinya ibu hamil akan merasa jauh lebih rileks dan perlahan sakit yang terjadi pada punggung akan menghilang.

Dengan kehamilan, mungkin mengharuskan Anda untuk mengubah beberapa kegiatan / rutinitas yang biasa Anda lakukan sebelum hamil. Jika Anda termasuk orang yang baru memulai olahraga pada saat kehamilan, maka Anda harus berkonsultasi olahraga apakah sekiranya yang tepat untuk pemula.

Akan tetapi jika Anda sebagai ibu hamil tidak mempunyai waktu luang untuk melakukan olahraga seperti yoga dan berenang, cara lainnya adalah dengan berjalan-jalan santai di pagi hari. Jalan santai adalah pilihan olahraga yang tepat untuk mengurangi sakit di punggung. Bahkan manfaat lainnya dari berjalan kaki ketika hamil (tidak hanya berdiam diri) proses kelahiran kelak akan lancar dan tidak menemui hambatan serius.

Dengan melakukan beberapa kegiatan seperti Yoga, berenang bahkan berjalan kaki kegiatan tersebut bisa menjadi salah satu Cara Untuk Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil. Namun tetap diingat, jika sakit punggung yang terjadi sangat menyakitkan bahkan sampai membuat ibu hamil tidak dapat bangun dari tempat tidur sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter karena dikhawatirkan sakit punggung yang terjadi dikarekan penyebab lain yang cukup membahayakan. Jadi tetap waspada dan jaga kesehatan ya Bunda.

Itu dia selengkapnya mengenai Penyebab Ibu Hamil Sering Mengeluhkan Sakit Punggung. Anda bisa berkonsultasi langsung pada situs kami ini dengan menggunakan fitur Tanya Bidan yang tertera langsung pada bagian website. Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda dan keluarga.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 27, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Diah Kusuma
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum…
    saya mau tanya. hari mens pertama saya tgl 13 maret, dan tgl 15 maret harusnya suntik kb 1 bulan. tapi sampai sekarang saya blum kb lagi dan sudah berhubungan. sekarang apa saya hamil ya, dan kapan bisa mulai di testpack nya, trmakasih.

    Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

  • Oleh : salsa amelia
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    Pria

  • Oleh : Riski Nur
  • 11 bulan yang lalu

    Bidan saya mau tanya penis saya kan bengkok apa ini normal dan pengaruhnya apa soalnya saya khawatir

    Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • Tanya Bidan