×

Penyebab Puting Susu Menghitam Dan Membesar Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Penyebab Puting Susu Menghitam Dan Membesar Saat Hamil

Salah satu perubahan bentuk tubuh saat hamil yang mengurangi kepercayaan diri adalah putting susu yang menghitam dan membesar. Perubahan warna dan ukuran pada puting payudara terjadi ketika memasuki trimester dua kehamilan, yaitu sekitar usia 14-27 minggu. Areola akan berwarna lebih gelap ketika memasuki trimester dua.

Selain putting yang menghitam, areola pun ikut menghitam. Apa itu areola? Areola adalah lingkaran berwarna yang mengelilingi puting. Ketika hamil trimester dua dan tiga, areola menjadi lebih besar dan berwarna gelap.

Penyebab Putting Dan Areola Menggelap

Areola yang menggelap adalah hasil dari perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Seringkali, areola kembali ke warna sebelum hamil ketika Bunda mulai menyusui. Tapi, terkadang warnanya juga akan lebih gelap satu atau dua kali dari sebelum hamil.

Puting yang menghitam disebabkan oleh hormon kehamilan. Kadar hormon yang fluktuatif menyebabkan produksi melanin pada kulit meningkat. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada kulit. Biasanya, produksi melanin akan meningkat pada daerah yang sudah terdapat pigmen tersebut. Salah satunya, pada areola. Ini yang menyebabkan areola terlihat menghitam, Bun.

Selain ukuran yang membesar dan warnanya yang menggelap, benjolan kecil di areola juga lebih terlihat. Ini disebut sebagai Montgomery tubercles yang menghasilkan minyak pelembab alami. Minyak tersebut berfungsi melindungi puting dari rasa sakit dan infeksi ketika mulai menyusui.

Nah aroma minyak ini mirip dengan cairan ketuban dan dapat membantu bayi yang baru lahir mencari untuk mencari putting. Bunda tidak perlu menghilangkan minyak alami ini dengan menggosoknya hingga kering. Untuk membersihkannya, cukup gunakan air hangat, kemudian keringkan.

Penyebab Putting Yang Membesar Saat Hamil

Puting akan lebih mencuat, dan kelenjar Montgomery menjadi lebih menonjol untuk persiapan menyusui sehingga bayi akan mudah menghisap ASI. Bunda tenang saja karena ukuran putting yang membesar ini akan kembali normal setelah Bunda selesai menyusui.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 21, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah bayi

  • Oleh : Anisaapriyanti
  • 4 tahun yang lalu

    Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan

    Keputihan menggumpal

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat siang bu bidan, saya mau menanyakan tentang keputihan yang terkadang menggumpal, saya belum menikah, apakah ini berbahaya? dan bagaimana cara mengatasinya, ditunggu jawabannya ya bu

    HAID

  • Oleh : Nayla Utami
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mau tanya, umur saya tahun ini 15 tahun tapi sampai saat ini saya belum mengalami haid apa penyebab dan solusinya?

  • Oleh : Nayla Utami
  • Puting kecil

  • Oleh : Jilly lamia Jil
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang Bidan , Saya Mengalami hal Pada Puting saya , Padahal Saya Sudah 16thun ,Tapi Puting Saya Masi Kecil , Tidak seperti Puting yang lain sudah membesar ,apakah solusi Dari pada ini ? apakah Ada Cara Untuk Membesarkan puting payudara

  • Oleh : Jilly lamia Jil
  • Keputihan tidak normal dan gumpalan daging didalam vagina

  • Oleh : Aisyah Syah
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya mengalami keputihan selama bertahun-tahun, awalnya warnanya kuning dan berbau, dan sekarang warnanya berubah menjadi putih kental dgn bau amis. Tidak menimbulkan gejala seperti gatal, dan panas. Dan ada gumpalan daging putih kemerahan didalam vagina saya dan menutupi lubangnya, ketika saya buang air kecil tidak merasakan sakit apapun…

  • Oleh : Aisyah Syah
  • Tanya Bidan