×

Penyebab Puting Susu Menghitam Dan Membesar Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Penyebab Puting Susu Menghitam Dan Membesar Saat Hamil

Salah satu perubahan bentuk tubuh saat hamil yang mengurangi kepercayaan diri adalah putting susu yang menghitam dan membesar. Perubahan warna dan ukuran pada puting payudara terjadi ketika memasuki trimester dua kehamilan, yaitu sekitar usia 14-27 minggu. Areola akan berwarna lebih gelap ketika memasuki trimester dua.

Selain putting yang menghitam, areola pun ikut menghitam. Apa itu areola? Areola adalah lingkaran berwarna yang mengelilingi puting. Ketika hamil trimester dua dan tiga, areola menjadi lebih besar dan berwarna gelap.

Related Posts :

    Penyebab Putting Dan Areola Menggelap

    Areola yang menggelap adalah hasil dari perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Seringkali, areola kembali ke warna sebelum hamil ketika Bunda mulai menyusui. Tapi, terkadang warnanya juga akan lebih gelap satu atau dua kali dari sebelum hamil.

    Puting yang menghitam disebabkan oleh hormon kehamilan. Kadar hormon yang fluktuatif menyebabkan produksi melanin pada kulit meningkat. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada kulit. Biasanya, produksi melanin akan meningkat pada daerah yang sudah terdapat pigmen tersebut. Salah satunya, pada areola. Ini yang menyebabkan areola terlihat menghitam, Bun.

    Selain ukuran yang membesar dan warnanya yang menggelap, benjolan kecil di areola juga lebih terlihat. Ini disebut sebagai Montgomery tubercles yang menghasilkan minyak pelembab alami. Minyak tersebut berfungsi melindungi puting dari rasa sakit dan infeksi ketika mulai menyusui.

    Nah aroma minyak ini mirip dengan cairan ketuban dan dapat membantu bayi yang baru lahir mencari untuk mencari putting. Bunda tidak perlu menghilangkan minyak alami ini dengan menggosoknya hingga kering. Untuk membersihkannya, cukup gunakan air hangat, kemudian keringkan.

    Penyebab Putting Yang Membesar Saat Hamil

    Puting akan lebih mencuat, dan kelenjar Montgomery menjadi lebih menonjol untuk persiapan menyusui sehingga bayi akan mudah menghisap ASI. Bunda tenang saja karena ukuran putting yang membesar ini akan kembali normal setelah Bunda selesai menyusui.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 21, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apa saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 4 bulan yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. BulN 3 tgl 11 12 26 syg berhubung intim tapi menggunakan pil kb sekali minum.dan Sampek bulan 4 syg bm m. Tgl 3 BulN 4 aku test garis dua apa saya hamil

  • Oleh : Desy Silvy
  • Penyebab menstruasi hanya 2 hari

  • Oleh : Nani Mulyaningsih
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan sudah menikah. Saya mau bertanya bu bidan sudah beberapa minggu ini menstruasi saya hanya berlangsung selama 2 hari saja. Bulan-bulan kemaren biasanya saya menstruasi 4 sampai 5 harian. Apakah siklus menstruasi yang singkat ini berpengaruh pada kesehatan saya? Mohon jawabannya bu bidan trims

    Menstruasi

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : hanis
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Insomnia Akut

  • Oleh : Alfiyah
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

  • Oleh : Alfiyah
  • Tanya Bidan