×

Penyebab Sembelit Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Bagikan Artikel :

Beragam keluhan masalah kesehatan mewarnai kondisi kehamilan Bunda. Namun, bukan berarti Bunda hanya berdiam dan tidak mengatasinya. Justru, hal ini menjadikan Bunda untuk lebih memperhatikan kesehatan diri, dan juga janin yang berada di dalam kandungan.

Salah satu dari sekian banyaknya keluhan tentang kehamilan pada ibu hamil tidak lain adalah masalah sembelit. Sembelit yang membuat ibu hamil kesulitan buang air besar. Sembelit yang berkepanjangan beresiko menyebabkan ibu hamil  terserang ambeien karena sering mengejan.  Akibatnya, pembuluh darah balik di anus dan rektum membengkak, nyeri, terkadang sampai berdarah.

Sembelit terjadi pada ibu hamil dipengaruhi oleh peningkatan kadar hormon Progesteron. Dimana akibat peningkatan yang terjadii pada hormon Progesteron, membuat kinerja otot halus menjadi lebih relaks. Dampaknya, kerja organ perut, daya dorong (kontraksi) usus pada sisa-sisa makanan pun melambat. Akhirnya kondisi ini menyebabkan sisa-sisa makanan menumpuk, dan terjadilah sembelit atau konstipasi yang menyebabkan ibu hamil kesulitan dalam buang air besar (BAB).

Penyebab lainnya ibu hamil mengalami sembelit adalah adanya tekanan janin pada rahim dan lambung. Penekanan janin ini mau tidak mau memang mengakibatkan aliran makanan dalam saluran pencernaan akan mengalami hambatan dan akhirnya menyebabkan ibu hamil mengalami sembelit. Kurangnya asupan cairan, stres saat hamil, makan tidak teratur dan kurang banyak gerak juga menjadi penyebab kecil lainnya ibu rentan terkena sembelit.

Kali ini curhat bidan akan berbagi tips atau cara mengatasi sembelit yang biasa terjadi saat hamil. Apa saja? Ini dia selengkapnya.

  • Tidak menunda saat ingin buang air besar.

Kadang, sembelit pada ibu hamil juga disebabkan oleh akibat dari kebiasaan menunda keinginan untuk buang air besar. Tubuh memiliki respon sendiri ketika ibu menunda buang air besar. Hal ini pada akhirnya menyebabkan feses lunak dalam usus besar mengering dan keras sehingga tidak bisa terdorong secara alami. Karena itu, selama hamil sebaiknya ibu tidak menunda keinginan untuk buang air besar.

  • Biasakan mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil.

Saat ibu hamil sudah merasakan sembelit, maka yang harus kemudian dilakukan adalah memulai konsumsi makanan dalam jumlah yang lebih kecil meskipun itu sering. Makan dalam jumlah yang besar, bisa menyebabkan sistem pencernaan bekerja dengan kuat namun tidak maksimal. Sementara, saat makanan masuk dalam jumlah yang kecil maka usus bisa menerimanya dengan baik. Kebiasaan ini sebaiknya bisa dilakukan sejak awal kehamilan sehingga tidak akan mengalami sembelit yang buruk selama hamil.

Related Posts :
    • Perbanyak minum air putih.

    Minimal kebutuhan minum air putih setiap hari untuk ibu hamil adalah sebanyak 8 gelas. Namun perlu diperhatikan jika saat hamil, tubuh menjadi lebih banyak menyerap air sehingga konsumsi air harus benar-benar cukup agar terhindar dari dehidrasi. Dengan asupan air yang cukup juga secara alami membantu melunakan feses sehingga ibu hamil tidak akan mengalami sembelit. Selain air putih, asupan cairan tubuh juga bisa didapat dari makanan berkuah ataujus buah yang dianggap dapat membantu mengatasi masalah sembelit pada kehamilan.

    • Memperbanyak konsumsi makanan berserat setiap hari. 

    Untuk ibu hamil, mereka perlu memperhatikan nutrisi dan gizi yang dikonsumsinya agar selalu seimbang dan tercukupi. Salah satu rekomendasi tidak lain adalah konsumsi makanan sayur dan buah-buahan untuk mencegah sembelit saat hamil. BUah dan sayuran yang mengandung serat tinggi, adalah yang direkomendasikan, diantaranya seperti sayur bayam dan pepaya.

    Melakukan olahraga ringan.

    Senam kehamilan yang dianjurkan selain tubuh akan menjadi lebih segar serta lebih sehat, juga bermanfaat dapat meringankan sembelit. Ibu hamil juga bisa olahraga ringan dengan berjalan kaki, yoga atau berenang. 

    Itu dia selengkapnya tentang Penyebab Sembelit Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat Bunda, salam sehat selalu!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 15, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat Menstrulasi

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

  • Oleh : Pipit Winartii
  • sering mual muntah di pagi hari

  • Oleh : chairia
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Malam Dok…!
    Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
    Terima kasih atas jawabannya dok…!

    Hamil Dengan Haid Yang Tak Normal

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Haid yang sebentar

  • Oleh : Eka putri Komalasari
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore bidan ,
    Saya ingin bertanya ,saya mengalami flek menstruasi di tgl 22 jan 2020 pada mlm hari .
    Dan keluar darah mens seperti biasa nya tp pd saat besok hari nya di tgl 23 pagi nya darah nya berhenti , dan sore hari nya darah mens sedikit .
    Apakah itu normal bu bidan ?
    Terimakasih.

    hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Tanya Bidan