×

Penyebab Tangan Dan Kaki Ibu Hamil Mengalami Pembengkakan

Bagikan Artikel :

Saat masa kehamilan, tentunya adalah hal wajib yang harus dilakukan ibu hamil dalam menjaga kesehatan. Kesehatan yang penting untuk selalu diperhatikan oleh ibu hamil tidak hanya kesehatan psikis, tapi juga kesehatan fisik. Pada kesehatan fisik, perubahan cukup banyak terjadi pada tubuh ibu selama masa kehamilan. Untuk kesehatan fisik akan dipengaruhi oleh beberapa perubahan fisik selama kehamilan, sehingga ibu hamil seringkali mengeluhkan kesehatan fisik karena belum sebenuhnya bisa beradaptasi dengan kondisi kehamilannya.

Dalam kesehatan psikis ibu hamil, seringkali ditandai dengan perubahan mood pada ibu yang bisa saja menolak untuk makan yang akhirnya mempengaruhi kondisi kesehatan hingga jatuh sakit. Namun sebaiknya gangguan psikis seperti itu harus bisa ditangani secara langsung oleh sendiri juga dukungan keluarga, karena jika tidak makan bagaimana nanti ibu dan janin di dalam kandungannya akan mendapatkan pasokan nutrisi?

Selain hal tersebut, keluhan fisik yang terjadi pada ibu hamil biasanya ditandai dengan beberapa bagian tubuh yang membengkak terutama bagian tangan dan kaki serta jari-jari. Tapi apakah penyebab utama dari terjadinya pembengkakan ini? Apakah pembengkakan tersebut bisa diatasi? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan para ibu hamil saat ini. Sebelum mengetahui cara pasti untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi, simak sedikit ulasan mengapa pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil serta apa Penyebab Tangan Dan Kaki Ibu Hamil Mengalami Pembengkakan. Berikut persembahan selengkapnya, dari Info Bidan berikut ini.

Ibu hamil yang mengalami kondisi ‘bengkak’ pada beberapa bagian tubuhnya, sebenarnya adalah kondisi normal. Pembengkakan yang terjadi diakibatkan cairan tubuh yang meningkat saat hamil. Pada umumnya memang, bengkak lebih bisa dilihat pada bagian tangan dan kaki. Saat hamil mumgkin ibu terlalu banyak berdiri hingga menyebabkan kaki bertumpu terlalu lama untuk menahan bobot tubuh, sedangkan jika tangan bengkak yang menjadi penyebabnya bisa karena pemakaian cincin yang terlalu ketat.

Namun pembengkakan yang terjadi pada tangan lebih dikenal sebagai Oedema, yang disebabkan oleh terhambatnya sirkulasi darah. Mesikpun termasuk keluhan pada kehamilan umum, terutama bagi kehamilan yang memasuki trimester ketiga, Oedema terjadi juga karena penyebab lainnya, termasuk dipengaruhi oleh faktor lingkungan dari udara yang terlalu panas.

Sedangkan tips yang dapat dilakukan untuk membantu ibu hamil mengurangi pembengkakan yang terjadi selama kehamilan, dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini :

Related Posts :
    • Menerapkan pola makan sehat sehingga membantu mengatasi dan mengurangi pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh ibu hamil. Anda sebagai ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah apel, dan bawang putih, karena dianggap sebagai cara paling efektif mengatasi pembengkakan.
    • Memperbanyak mengkonsumsi air putih, untuk menghindari dehidrasi.
    • Beristirahat pada siang hari jika memiliki waktu senggang, hal ini dilakukan untuh membuat tubuh menjadi rileks.
    • Mengambil posisi tidur dengan miring kekiri untuk menghindari tekanan pada pembuluh vena membesar.
    • Jika ibu hamil memiliki pekerjaan yang harus berhadapan dengan komputer atau menulis, maka gunakan bangku kecil diatas meja untuk membantu melancarkan dan menjaga sirkulasi darah.
    • Anda bisa meminta suami untuk memijat lembut pada bagian tangan dan kaki yang membengkak, pijatan lembut akan membawa badan merasakan lebih nyaman.
    • Melakukan aktivitas fisik saat sehari-hari seperti jalan-jalani, naik sepeda stasioner, atau berenang.
    • Mengompres air dingin di daerah yang bengkak 3 kali selama kira-kira 15-20 menit. Bungkus kompres dingin dengan handuk, jangan langsung mengenai kulit Anda. Untuk masalah ini bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter.
    • Memakai kaus kaki atau stocking pendukung khusus yang dibuat untuk membantu mengurangi Oedema.

    Demikianlah selengkapnya, mengenai ulasan dari mengapa tangan dan kaki pada ibu hamil mengalami pembengkakan, dan tambahan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 31, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    menderita tifus saat hamil

  • Oleh : puji
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

    Ketinggalan memberikan imunisasi anak

  • Oleh : Aryanto Id
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

  • Oleh : Aryanto Id
  • Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan