×

Penyebab Tegang Di Perut Ibu Hamil Selama Kehamilan

Bagikan Artikel :

Selama masa kehamilan bunda, pasti secara keseluruhan merasakan gangguan kehamilan yang satu ini, yaitu merasakan tegang seperti kejang di perutnya.

Tegang yang terjadi diperut ini sebenarnya terjadi di bagian otot perut. Penyebab otot perut menegang pada ibu hamil pun terjadi karena berbagai alasan dan berbeda tiap-tiap periode kehamilan. Berikut ini selengkapnya mengenai Penyebab Tegang Di Perut Ibu Hamil Selama Kehamilan berdasarkan periodenya.

– Pada periode Trimester pertama.

Dalam periode usia kehamilan trimester petama, biasanya ibu hamil akan mengeluhkan rasa sakit karena tegang di bagian perut. Diantara semuanya, keluhan yang paling umum menyerupai rasa sakit perut seperti saat menjelang menstruasi. Kondisi ini tidak perlu Anda khawatirkan karena ternyata tegang perut yang terjadi pada trimester pertama ini dipengaruhi oleh peningkatan hormon progesteron dan juga relaksin yang menyebabkan sambungan tulang diantara bagian rahim mengalami peregangan. Walaupun tidak berbahaya, jika rasa sakit akibat tegang di perut ini belangsung sampai usia kehamilan 10 hingga 12 minggu, disegerakan untuk melakukan pemeriksaan ya bun!

Related Posts :

    Selain itu, tegang perut selama kehamilan trimester pertama juga dapat terjadi akibat kondisi ibu yang mengalami perut kembung. Kondisi ini harus diwaspadai jika disertai rasa sakit hingga kram pada sisi peruyt bagian bawah serta menyebabkan flek kecokelatan karena itu bisa berarti pendarahan yang akan membahayakan ibu dan juga janin.

    Ada lagi penyebab lainnya yang menyebabkan perut ibu tegang / kram / kejang selama kehamilan trimester petama, yaitu pertanda kehamilan Ektopik. Artinya adalah kehamilan ini berarti kehamilan yang terjadi di luar rahim sehingga menyebabkan sel telur tidak berada pada tempatnya. Dampak terburuk dari kondisi ini selain menyebabkan rasa sakit juga menyebabkan ibu mengalami pendarahan dan keguguran. Maka dari itu, waspadai jika nyeri di perut dan tegang yang terjadi semakin menjadi-jadi.

    – Periode trimester kedua.

    Perut tegang yang terjadi pada ibu hamil usia kehamilan di periode trimester kedua terjadi rasa tegang yang awalnya ditengah perut, lalu berpindah ke bagian bawah perut kanan ataupun kiri. Kondisi ini terjadi dikarenakan bagian struktur tali yang fungsinya mempertahankan rahim agar tetap berada pada dinding perut (ligamentum) menyebabkan rasa sakit, dan kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena tidak berbahaya. Dalam mengatasinya, cukup beristirahat dengan rileks dengan duduk atau tiduran menggunakan bantal yang tinggi.

    Seperti tadi, jika kondisi ini berkelanjutan disarankan untuk bunda segera melakkan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter kandungan atau bidan terdekat guna mengetahui penyebabnya.

    – Di periode kehamilan trimester akhir.

    Perasaan tegang di perut pada kehamilan trimester akhir pada ibu hamil, terjadi karena perut ibu yang semakin membesar, dan mengakibatkan terjadinya tekanan di kandung kemih yang berada di bagian dalam perut bawah.

    Jika kondisi infeksi terjadi di saluran kemih pada ibu hamil, maka hal ini kemungkinan besar juga akan berdampak pada kemunculan rasa sakit di perut. Beberapa diantara gejala yang berkaitan dengan infeksi saluran kemih yaitu nyeri dan tegang di perut bagian bawah, juga punggung dan seringkali berpotensi menimbulkan kontraksi.

    Selain penyebab yang membahayakan, kondisi tegang di perut saat kehamilan trimester akhir juga ada yang merupakan hal biasa dan tidak perlu dikhawatirkan. Yaitu karena janin di dalam perut yang smeakin membesar dan membuat bagian badan seperti kepala serta gerakan aktif bayi di dalam seperti tendangan yang terlalu kuat. Hal ini bisa menyebabkan ibu mengalami kontraksi ringan. Adapun hal yang perlu diwaspadai adalah ketika ibu hamil mengalami sakit di perut yang tidak hanya berupa tegang dan kram, tapi rasa sakit yang tidak tertahankan walaupun telah beristirahat sekalipun.

    Normal tidaknya penyebab dari tegang di perut yang terjadi pada Bunda, mudah-mudahan dapa terjawab dari artikel kami. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk bunda dan si buah hati. Salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 14, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Novia Vidiyana
  • 1 bulan yang lalu

    Sya terakir haid tgl 28 juni 2019 , dan skrang saya mengalami tanda” , mual” , perut kram , payudara sakit apakah bisa di katakan sya hamil… tpi tgl menstruasi blum tiba …

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    pre-eklampsia

  • Oleh : rina
  • 1 tahun yang lalu

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan