×

Pertanyaan Yang Wajib Diajukan Saat USG

Bagikan Artikel :

Pertanyaan Yang Wajib Diajukan Saat USG

Suka bingung gak sih harus nanya apa aja saat melakukan USG? Nah kali ini Bidan Citra bakalan share pertanyaan-pertanyan yang bisa diajuakan saat pemeriksaan USG.

Untuk pemeriksaan USG yang direkomendasikan sebanyak minimal 6 kali yaitu pada 13, 20, 28-32, 34-3, 39, 41 minggu.

  1. Apakah ada kantung kehamilannya?
    Nah untuk pertanyaan ini, Bidan Citra sarankan pertama kali ditanyakan karena kadang ada yang menstruasinya tidak teratur dan kantung kehamilan belum terlihat padahal hasil test pack positif.
  2. Jumlah janin satu atau dua atau lebih? Kalau dua (kembar), lambda atau T-Sign kantong ketubannya
    Tanyakan juga dok janin tunggal atau ganda? Apabila ganda ada berapa? Karena bisa dua, tiga dan seterusnya. Selain itu tanyakan kantong ketubanya lambda atau t-sign apabila kembar.
  3. Kantung nya didalam atau diluar rahim?
    Untuk maksud ini karena ada kalanya janin tumbuh dan berimplantasi di bukan tempatnya. Misalnya di bagian tuba atau bagian ovarium. Kehamilan ini disebut dengan kehamilan ektopik. Biasanya kehamilan ektopik tidak bisa bertahan lama. Paling lama hanya 4 bulan. Dan harus di terminasi.
  4. Apakah ada calon janin (fetal pole)?
    Setelah dinyatakan adanya kantong kehamilan. Anda wajib menanyakan apakah di dalam kantong kehamilan itu ada janin atau tidak. Karena bisa saja blight ovum atau hamil kosong. Jadi hanya Cuma kantong nya saja. Selain itu bisa juga hamil anggur atau molahidatidosa.
  5. Apakah ada kantong kuning telur (yolk sac)?
    Kantung kuning telur (gestasional) adalah vesikel bulat yang melekat pada embrio di daerah perut. Di dalamnya ada persediaan nutrisi yang diperlukan untuk ovum selama plasentasi. Organ germinal terletak di ruang korionik (antara korion dan amnion).
  6. Apakah ada kista atau mioma?
    Sebenarnya ini hanya bonus, jadi selain anda memeriksakan kehamilan. Anda juga bisa menanyakan kondisi rahim anda. apakah ada mion atau kista.
  7. Denyut jantung apakah normal?
    Sebenarnya detak jantung janin mulai terlihat pada usia janin 6 minggu. Namun, dengan USG transvaginal detak jantung janin bisa terlihat pada usia kehamilan 5 minggu. Kalau dengan USG perut dapat ditemukan pada kisaran 7-8 minggu. Frekuensi detak jantung janin berada di kisaran 120-160 kali dalam satu menit, meningkat hingga 170 kali atau lebih saat usia 10 minggu dan berangsur menurun hingga akhir kehamilan.
  8. Berapa HPL (hari perkiraan lahir)
    Taksiran persalinan ini penting diketahui agar anda bisa mempersiapkan baik peralatan, mental, asuransi, tempat dan biaya saat persalinan.
  9. Tanyakan usia kehamilan
    100% ibu hamil akan menanyakan usia kehamilannya saat kontrol. Ini bagus agar dia tidak bingung, dan yakin bahwa kehamilannya berkembang dengan seharusnya. Usia kehamilan ditentukan oleh beberapa hal: Tanggal hari pertama haid terakhir, USG dan pemeriksaan klinis. Metode paling akurat adalah melalui hasil USG pada trimester 1 kehamilan.
  10. Air ketuban ada atau tidak, jumlahnya normal atau tidak
    Tanyakan apakah jumlah ketubannya normal karena bisa saja kelebihan ketuban (polihidramnion) atau kekurangan cairan ketuban (oligohidramnion).
  11. Tanyakan berat janin, BPD (diameter kepala) atau CRL (panjang kepala-pantat)
    berat janin baru bisa diukur setelah menginjak usia 12 minggu dan selanjutnya. Belum ada metode yang 100% akurat dalam mengukur berat janin, karena kita belum bisa menimbang janin di dalam rahim bumil. Yang bisa dilakukan adalah dengan pemeriksaan USG, dokter akan mengukur panjang organ-organ janin (kepala, badan, tangan dan paha). Dari pengukuran ini, dengan rumus tertentu, taksiran berat janin akan didapat. Dari taksiran tersebut, dokter dapat menilai apakah janin berkembang dengan baik atau tidak.
  12. Apakah kepalanya ada tulang tengkoraknya?
    Dari hasil USG juga bisa dilihat apakah janin memiliki tulang kepala atau tidak. Karena ada sebagian kasus yang mengalami anesepal.
  13. Kondisi jantung dan paru-paru
    Kelainan jantung dan paru-paru ini bisa terdekteksi dari USG, jadi anda jangan sungkan untuk menanyakan hal ini
  14. Apakah jumlah kaki dan tangan lengkap?
    Bagian ekstremitas atas seperti jumlah tangan dan jumlah jari normal atau tidak. Dan bagian ekstremitas bawah juga apakah jumlah kaki dan jari kaki normal atau tidak.
  15. Apakah normal/ Jika dicurigai ada kelainan, jangan segan untuk meminta pemeriksaan secara lebih detail atau mencari second opinion.
    Perlu diluruskan, pengertian janin normal apakah janin berkembang sesuai dengan usia kehamilannya atau apakah beratnya sesuai dengan usia kehamilannya? Ini mencakup semua pertanyaan mulai dari berat janin, detak jantung dan lain-lain. Jika dicurigai kelanian maka di anjurkan untuk fetomaternal.

Yang Perlu Diketahui

Jika hasil USG normal maka janin tidak memiliki kecacatan apapun, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. USG bukanlah segalanya. Sekitar 10-15% kelainan pada janin tidak terlihat saat kehamilan, meskipun sudah dilakukan pengecekan menggunakan mesin USG canggih. Metode lain yang bisa digunakan adalah MRI dan biasanya untuk kasus khusus. Tetap tidak dapat menjamin 100%
  2. 2. Hingga saat ini, USG belum bisa menilai tingkat kecerdasan anak, belum bisa menilai warna kulit janin, belum bisa menentukan apakah janin akan memiliki suara emas seperti Raisa atau tidak bisa berbicara sama sekali, belum bisa menilai apakah nantinya akan autis, hiperaktif atau pendiam.

Kehamilan yang dianggap normal atau tidak dinilai dari beberapa hal: penyakit pada ibu seperti tekanan darah tinggi, asma, atau kelainan jantung. Sekitar 80-90% kehamilan berjalan dengan baik.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 5, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid yang sebentar

  • Oleh : Eka putri Komalasari
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat sore bidan ,
    Saya ingin bertanya ,saya mengalami flek menstruasi di tgl 22 jan 2020 pada mlm hari .
    Dan keluar darah mens seperti biasa nya tp pd saat besok hari nya di tgl 23 pagi nya darah nya berhenti , dan sore hari nya darah mens sedikit .
    Apakah itu normal bu bidan ?
    Terimakasih.

    Tentang kb iud

  • Oleh : Asyifa Lestari
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum
    Bu saya mau tanya sya udh 16 bulan pke kb IUD tp haid selalalu lama dan bnyak hampir sebulan, dan kaya pendarahan gtu semakin bergerak semakin banyak yg keluar, kenapa ya, apa saya harus ganti kb?
    Trs apa kb suntik bisa membuat kegemukan? Saya binggung kalo ganti mau pke kb apa?

    Memperlancar haid

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Vagina

  • Oleh : Ety Nuryanti
  • 1 minggu, 5 hari yang lalu

    Ka mau tanya , saya kan lagi halangan dan ada tiba tiba ada benjolan merah di vagina itu kenapa ya

  • Oleh : Ety Nuryanti
  • cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : hanis
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Tanya Bidan