×

PR Untuk Ibu Hamil Usia Kehamilan 32 Minggu

Bagikan Artikel :

PR Untuk Ibu Hamil Usia Kehamilan 23 Minggu

Ingin bersalin normal dan lancar tanpa penyulit apapun? Ingin juga bersalin dengan minim trauma dan rasa nyeri yang ringan? Semua bisa dicapai dengan usaha dan niat lho Bun!

Usahanya apa saja nih? Nah kali ini Bidan Citra bakalan share beberapa tips untuk bersalin dengan normal dan lancar serta minim trauma.

Usia cukup bulan untuk melahirkan adalah 37 hingga 42 minggu oleh karena itu dianjurkan untuk ibu hamil memulai mempersiapkan untuk memberdayakan saat persalinan di mulai dari usia kehamilan 32 minggu.

PR Ibu Hamil

  1. Jalan kaki 3 jam/hari
    Saat hamil besar itu memang males beraktivitas, apalagi disuruh jalan kaki 3 jam sehari. Tapi jalan kaki ini sangat berpengaruh terhadap proses persalinan nanti. Anda bisa diikhtiarkan dengan meningkatkan intensitasnya pelan-pelan.
  2. Yoga atau berenang minimal 1 minggu sekali
    Yoga dan berenang adalah salah satu olahraga yang paling aman untuk ibu hamil. Selain itu dari olehraga ini ibu hamil bisa melatih pernapasan untuk persiapan melahirkan nanti
  3. Mendengarkan panduan relaksasi setiap hari
    Ingin melahirkan dengan nyaman tanpa jeritan atau teriakan kesakitan? Anda bisa mendengarka panduan relakasasi. Dengan panduan relaksasi ini, pikiran bawah sadar akan terprogram bahwa melahirkan itu adalah proses alami, menyenangkan dna membahagiakan.
  4. Squat 20 kali sehari
    Squat atau gerakan jongkok berdiri ini ternyata memberi banyak manfaat untuk ibu hamil, antara lain meningkatkan kekuatan otot pelvis/panggul, mencegah sakit punggung dan panggul, membantu bayi turun ke area pelvis, membantu mempermudah persalinan karena gerakan ini membuka area panggul lebih lebar sehingga bayi punya ruang lebih luas untuk mendorong dirinya sendiri ke luar dll.
  5. Bermain birthing ball atau pelvic rocking 20 menit per hari
    Olah raga yang paling enak dilakukan bagi ibu hamil adalah bermain birthing ball. Duduk sambil menggoyang-goyangkan pinggul ke kanan dan ke kiri.
  6. Mengganti pakaian dalam setiap 4 jam sekali (bila keputihan)
    Salah satu keluhan ibu hamil yaitu keputihan. Tapi tidak berbau dan tidak terlalu banyak. Keputihan ini mengganggu aktivitas jika tidak sering ganti celana dalam.
  7. Membersihkan puting
    Selama hamil akan muncul seperti kotoran-kotoran yang menutupi pori-pori puting. Kotoran ini sebaiknya dibersihkan perlahan-lahan menggunakan baby oil atau vco. Bersihkan secara rutin saat kita mandi. Kegiatan ini bisa membantu melancarkan aliran ASI saat menyusui nanti.
  8. Menkonsumsi booster ASI
    Ada beberapa suplemen yang memang sengaja dibuat untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Tapi tentunya akan lebih baik jika kita juga mengkonsumsi makanan alami booster ASI. Menurut saya booster ASI terbaik adalah mengkonsumsi sayuran hijau seperti daun katuk dan daun labu siam. Setiap mengkonsumsi dua makanan itu, produksi ASI saya selalu melimpah. Uniknya, tiap orang boosternya bisa beda-beda. Namun pada umumnya, makanan yang bisa dikonsumsi untuk melimpahkan ASI antara lain daun katuk, almond, biji, kacang hijau, beberapa jenis biji-bijian, kurma, dll.
  9. Mengedit makanan
    Pastikan makanan yang kita konsumsi betul-betul makanan yang sehat. Utamakan selalu real food. Hindari makanan-makanan yang sudah terlalu banyak di proses.
  10. Aktivitas seksual rutin
    PR yang menyenangkan suami nih poin 10. Yah, merutinkan aktivitas seksual. Hal ini karena dalam sperma ada semen yang mengandung prostalglandin, hormon yang mampu menginduksi persalinan, mematangkan, dan melunakkan leher rahim. Jadi jangan heran kalau setelah beraktivitas seksual, miss V dan area pelvis jadi terasa pegal atau bahkan terjadi kontraksi.
  11. Menjaga Mood
    Mood swing itu sebuah keniscayaan selama kehamilan. Hampir semua ibu hamil mengalami berbagai perubahan mood. Untuk menstrabilkan mood Anda bisa dengan banyak berdoa dan melakukan aktifitas sesyai hoby.
  12. Perineum massage/pijat perineum
    Salah satu kekhawatiran saat melahirkan adalah robeknya area perineum. Sebenarnya robekan perineum ini bisa diminimalisir dengan 2 upaya. Yang pertama adalah pijat perineum, yang kedua posisi bersalin yang mendukung gaya gravitasi. Nah untuk pijat perineum dilakukan sejak masa akhir kehamilan. Pemijatan ini bisa dilakukan oleh suami ya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 27, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    bayi usia 2 bulan sudah 4 hari tidak mau pup

  • Oleh : samanthau51
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

    Bahayakan Minum Obat Tidur Saat Hamil

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 4 tahun, 12 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

    Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dan jika penis tidak berejakulasi apakah bisa hamil?(penis dan vagina bertemu 1 sama lain)

    Perbedaan darah haid sama keguguran

  • Oleh : Altapi Altapi
  • 1 tahun yang lalu

    Dok kenapa suka kram perut sma kram pinggang mual² pusing lelah ngantuk kenapa klo misalkan hamil kan dok saya kan sudah haid tapi darah nya ngegumpal seperti orang keguguran kenapa itu dok

  • Oleh : Altapi Altapi
  • Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Tanya Bidan