×

Ragam Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Ragam Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Meskipun ibu hamil tidak memiliki pantangan makanan. Tapi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan. Makanan ibu hamil harus sehat, bergizi, dan bersih. Bunda bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari berbagai variasi makanan. Salah satunya adalah sumber protein nabati berupa kacang hijau. Kacang hijau menjadi salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Hal ini karena kacang hijau mempunyai kandungan protein yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Apalagi, ibu hamil juga disarankan mengonsumsi protein sebanyak 61-90 gram per hari yang disesuaikan dengan trimester kehamilan. Lalu apa saja manfaat kacang hijau untuk bumil atau ibu hamil? Simak di bawah ini ya!

Related Posts :

    Kandungan Yang Ada Pada Kacang Hijau

    1. Kalori: 109
    2. Protein: 8,7 gr
    3. Lemak: 0,5 gr
    4. Karbohidrat: 18,3 gr
    5. Serat: 1,5 gr
    6. Folat: 321 mcg
    7. Kalsium: 95 mg
    8. Zat besi: 1,5 mg
    9. Zinc: 2,8 mg
    10. Kalium: 657,8 mg
    11. Total karoten: 120 mcg
    12. Vitamin B1: 0,12 mcg
    13. Vitamin B2: 0,04 mcg
    14. Vitamin C: 3 mg

    Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

    1. Melancarkan saluran pencernaan
      Manfaat pertama dari bubur kacang hijau untuk ibu hamil adalah melancarkan pencernaan. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan serat berupa pektin yang dapat menjaga usus serta mempercepat pergerakan makanan.
      Tidak hanya itu saja, kandungan karbohidrat pada kacang hijau juga lebih mudah dicerna dibandingkan kacang-kacangan lainnya. Maka dari itu, ibu juga bisa mencegah terjadinya sembelit saat hamil dengan mengonsumsi kacang hijau.
    2. Membantu perkembangan bayi
      Tidak hanya kaya zat besi serta protein, di dalam kacang hijau juga terdapat kandungan folat yang dibutuhkan di masa kehamilan. Walaupun bukan menjadi sumber utama, ibu bisa mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai asupan tambahan.
      Perlu diketahui bahwa manfaat asam folat dalam kacang hijau untuk bumil adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Tidak hanya itu saja, folat juga dapat memproduksi sel darah merah serta mencegah terjadinya gangguan otak dan cacat lahir pada bayi.
    3. Menjaga tekanan darah dan mencegah bayi prematur
      Tidak hanya folat, ibu juga membutuhkan asupan zat besi di masa kehamilan. Zat besi bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya anemia serta hipertensi pada ibu hamil.
      Apalagi, wanita hamil juga membutuhkan dua kali lipat kadar zat besi dibandingkan wanita yang tidak hamil. Ini dibutuhkan agar kadar oksigen dalam darah pada bayi tetap terjaga. Oleh karenanya, Anda juga bisa mengomsumsi bubur kacang hijau karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang baik untuk ibu hamil.
    4. Mencegah bayi lahir prematur
      Pada masa kehamilan, wanita terkadang mengalami kekurangan mikronutrien seperti zinc. Ibu perlu berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter apa yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya janin tidak berkembang.
      Kandungan zinc serta zat besi pada kacang hijau juga mempunyai manfaat untuk bumil atau wanita hamil. Dikutip dari WHO, kedua kandungan ini dapat membantu mencegah bayi lahir prematur serta berat badan yang rendah saat lahir.
    5. Menangkal radikal bebas
      Beta karoten juga merupakan salah satu nutrisi di dalam kacang ini yang bermanfaat dan dibutuhkan untuk ibu hamil. Zat ini nantinya akan berubah menjadi vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga menangkal radikal bebas. Sebaiknya, Anda memperhatikan asupan kebutuhan beta karoten atau vitamin A ini di trimester ketiga kehamilan untuk bantu menangka; radikal bebas di dalam tubuh.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 25, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Nadya Humaira
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau curhat mengenai ttg kehamilan

    Waktu itu saya berhubungan dgn cowo, tetapi tidak langsung. Hanya saja ketika cowo mengeluarkan sperma kena tangan dah mengelapnya dengan tisu. Kemudian tangannya mengenai vagina saya. Apakah dapat menyebabkan kehamilan?

    Let It Ovum

  • Oleh : Tika
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

    Kesehatan reproduksi

  • Oleh : Nur Wahyuni
  • 6 hari, 2 jam yang lalu

    Dok apa penyebab nya setelah haid belum sampai 2 minggu haid lagi

  • Oleh : Nur Wahyuni
  • Terlambat haid

  • Oleh : Ani Kumala
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mau tanya bu bidan saya haid Biasany tgl 19 sudah cek HCG 3 kali tp negatif??
    Tetapi saya belum haid juga apakah hasil HCG yg negatif bisa hamil?????

    Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    Tanya Bidan