×

Risiko Pada Janin Apabila Ibu Hamil Terkena Virus Corona

Bagikan Artikel :

Risiko Pada Janin Apabila Ibu Hamil Terkena Virus Corona

Adanya perubahan hormone pada kehamilan membuat daya tahan tubuh ibu hamil menurun sehingga mudah sekali terkena virus dan bakteri. Terlebih lagi saat ini sedang gencarnya pandemic virus corona. Oleh karena itu ibu hamil harus terus waspada dan selalu menerapkan langkah-langkah pencegahan virus corona seperti yang sudah dianjurkan Departemen Kesehatan RI.

Ditambah lagi baru-baru ini ada ibu hamil 6 bulan asal Sidimpuan yang PDP corona meninggal dunia. Ini jelas menegangkan. Tapi apabila ibu hamil yang terkena virus corona apakah akan menularkan pada janinnya? Jawaban singkatnya ada di bawah ya.

Risiko Janin Pada Ibu Hamil Yang Terkena Virus Corona

Berdasarkan data penelitian pada ibu hamil yang positif corona, tidak ditemukan virus corona dalam sampel cairan ketuban dan ASI. Sehingga meski membutuhkan penelitian lebih lanjut, risiko penularan corona dari ibu hamil ke janin melalui kehamilannya masih dianggap rendah.

Menurut Royal College of Obstetricians and Gynaecologists Royal Australian dan New Zealand:

• Perempuan hamil tampaknya tidak berisiko mengalami kondisi yang lebih parah dari COVID-19 daripada populasi umum
• Infeksi COVID-19 pada ibu hamil belum terbukti meningkatkan risiko keguguran
• Tidak ada bukti virus dapat menular dari ibu hamil ke bayinya
• Tidak ada bukti virus akan menyebabkan kelainan pada bayi yang belum lahir
• Operasi caesar atau induksi persalinan tampaknya tidak diperlukan, jika tujuannya mengurangi risiko penularan dari Ibu ke anak
• Beberapa bayi yang lahir dari perempuan dengan gejala COVID-19 di China lahir prematur, tetapi tidak jelas apakah ini disebabkan oleh virus atau keputusan dokter.
• Tidak ada bukti bayi yang baru lahir dan bayi berisiko tinggi mengalami komplikasi
• Tidak ada bukti COVID-19 menular dari ibu ke anak melalui ASI, sehingga menyusui tetap dianjurkan, meskipun perempuan dengan virus tersebut harus ekstra hati-hati dengan kebersihan dan mempertimbangkan memakai masker wajah saat menyusui

Saran Untuk Ibu Hamil

Maka dari itu untuk menekan tertularnya virus corona pada ibu hamil, Bumil dianjurkan untuk melakukan physical distancing dengan cara menghindari keramaian, ruang public dan transportasi umum serta menggunakan masker apabila ke luar rumah. Jika memungkinkan, lebih baik beraktifitas di rumah aja dulu. Jangan lupa untuk tetap rutin cuci tangan, terapkan etika batuk dan bersin serta jaga jarak dengan orang minimal 1 meter.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 6, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hamil

  • Oleh : reagantozier95
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    saya melakukan onani, kemudian saya mandi, ganti baju memakai sepatu lalu berkendara 15 menit kemudian tangan kanan saya jari telunjuk dan tengah menyentuh bagian atas vagina istri saya dan istri saya baru haid dapat 3 hari apakah bisa hamil ?

    Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Telat Haid

  • Oleh : Sri Sariah
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hai dokter.. dok saya mau tanya, saya telat haid sudah 1 minggu.
    2 hari sebelum jadwal menstruasi saya sudah test dan hasilnya negatif.
    Akan tetapi seharusnya saya sudah haid ternyata belum, lalu apakah masih ada harapan untuk saya test lagi setelah 1 minggu telat haid ini berlalu???

  • Oleh : Sri Sariah
  • Berhubungan saat minum pil plasebo

  • Oleh : Istiana Agustin
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi bu, bu sy mau nnya, semalam sy melakukan hbngan intim, tapi saya sdng mengonsumsi pil kb yang plasebo,
    Seharusny semalam sy minum pil plasebo yang kedua,
    Biasanya sy haid stelah mngonsumsi 3pil plasebo,
    Krn sy takut hamil, jd semalam sy minum pil aktif ny, bukan pil plasebony,
    Apakah sy bisa hamil bu, saat minum pil plasebo dan melakukan hbngan intim mski sy sudh minum pil aktif smlm,
    Trus nnti malam sebaikny sy minum lanjut pil plasebo atau pil aktif ?
    Terima kasih bu sblmnya

    gatal gatal pada kaki

  • Oleh : Daniel
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Tanya Bidan