×

Selain Cantik, Buah Ceri Memiliki Banyak Manfaat Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Selain Cantik, Buah Ceri Memiliki Banyak Manfaat Untuk Ibu Hamil

Buah ceri sering digunakan untuk mempercantik hidangan seperti dissert, kue dan makanan lainnya. Sedikit orang yang mengetahui manfaat buah cantik ini. Ternyata buah kecil berwarna merah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, menurut jurnal The Nutrition and Dietetics buah ceri ternyata menyimpan banyak khasiat tidak terduga untuk ibu hamil lho!

Manfaat Ceri Pada Ibu Hamil

  1. Perkembangan otak janin
    Ceri mengandung senyawa antosianin yang memiliki peran sama seperti antioksidan. Kandungan tersebut bermanfaat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya peyumbatan pembuluh darah selama kehamilan. Selain itu, ceri menyimpan senyawa anti inflamasi yang mampu melindungi otak dan sel dalam tubuh baik pada ibu serta janin dari kerusakan.
  2. Mengurangi resiko kecacatan pada janin
    Tidak hanya melindungi tubuh dari kerusakan akibat lingkungan, terpaan virus dan bakteri, vitamin C pada buah ceri juga mengurangi risiko cacat pada janin. Vitamin C memiliki peran cukup penting dalam menjaga kesehatan ibu atau bayi selama masa kehamilan. Anda boleh mengonsumsi buah ceri setiap hari sebagai pengganti camilan.
  3. Mengontrol berat badan saat hamil
    Perubahan bentuk tubuh seorang ibu selama hamil bisa menjadi salah satu faktor yang memicu Anda depresi pasca melahirkan. Jika masalah berat badan cukup mengganggu psikologis, sebaiknya konsumsi buah ceri yang hanya memiliki 5% atau sama dengan 52 kalori, dengan proporsi 0,31 gram lemak, 12,55 gram karbohidrat dan 1,03 gram protein. Kandungan karbohidrat selama kehamilan sangat diperlukan, namun Anda tidak perlu khawatir badan menjadi gemuk karena protein yang tinggi mampu membuat rasa kenyang lebih lama.
  4. Mengatasi sembelit saat hamil
    Salah satu masalah pada masa kehamilan, yakni mengalami sembelit atau susah buang air besar. Buah ceri mengandung serat yang sangat tinggi untuk mengatasi masalah pecernaan. Asupan tersebut mampu membantu meningkatkan kesehatan usus halus. Selain buah ceri, sebaiknya Anda tetap penuhi serat di dalam tubuh jika gangguan pencernaan mulai datang. Imbangi dengan rutin mengonsumsi air putih.
  5. Mengatasi nyeri sendi pada kehamilan
    Semakin bertambahnya usia kandungan maka berat badan akan ikut meningkat. Kondisi inilah yang menjadi penyebab mengapa Anda mengalami pembengkakan pada kaki dan sering merasakan nyeri di bagian persendian.
    Pigmen merah atau antosianin dalam buah ceri bermanfaat meminimalisir pembengkakan dan rasa nyeri selama masa kehamilan.
  6. Mencegah keguguran
    Pada trimester awal, kondisi janin masih tergolong sangat rentan. Bayi begitu mudah terpapar radikal bebas yang menyebabkan kecacatan pada janin hingga keguguran. Vitamin C dan antioksidan di dalam buah ceri berfungsi sebagai anti inflamasi yang membantu tubuh menangkal bakteri dan virus penyebab peradangan pada janin.
  7. Meringankan sakit kepala pada ibu hamil
    Ceri sangat bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala atau migrain yang disebabkan oleh fluktuasi hormon estrogen selama kehamilan. Buah ini mengandung anthocyanin dan bioflavonoid yang bisa membantu menyembuhkan sakit kepala secara alami. Jadi tak perlu pakai obat lagi.
  8. Meningkatkan energy ibu hamil
    Selama kehamilan, beberapa wanita kerap mengeluhkan perasaan mudah lelah. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang lebih kuat dan sehat selama hamil, tambahkan ceri ke dalam mangkuk yoghurt atau susu anda.
  9. Mengatur tekanan dan pembuluh darah
    Kandungan kalium di dalam ceri bisa membantu mengendalikan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, makan ceri secukupnya setiap hari juga bisa membantu memperkuat pembuluh darah Anda. Dengan begitu, darah bisa tersalurkan dengan baik ke janin.
  10. Meredakan batuk dan pilek saat hamil
    Cobalah atasi keluhan batuk pilek tanpa konsumsi obat. Ya, Anda bisa mencari alternatif penyembuhan lain, misalnya saja dengan makan buah ceri. Ceri memiliki kemampuan sebagai ekspektoran yang mampu meredakan batuk, pilek dan asma. Meski begitu, konsumsilah ceri secukupnya saja, sebab terlalu banyak makan ceri bisa menimbulkan gas yang memicu perut kembung,

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 30, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara mengatasi mata lelah?

  • Oleh : Sheila Marwah
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

  • Oleh : Sheila Marwah
  • Benjolan di payudara

  • Oleh : Khoirun Nisa
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bismillah..
    Izin bertanya, saya sedang hamil 9bulan dan baru pertama kali saya di cek di bagian payudara, dan terdapat benjolan di bagian kanan bawah payudara saya, ciri ciri benjolannya agak kenyal, bisa bergeser geser jika di gerakan tidak terasa sakit juga.. Yg mau saya tanyakan apakah saya bisa menyusui anak saya ketika lahir nanti? Dan akan berdampak bagaimana jika saya menyusui anak saya dalam ke adaan seperti itu? Terima kasih dok

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Cara mengatasi PMS

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

    Pusing Dan Sakit Bagian Kepala

  • Oleh : andriani
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat Pagi Bu Dokter ….

    Saya mau tanya, kenapa ya akhir akhir ini saya sering kali merasakan rasa sakit yang begitu hebat dibagian atas, padahal tidak di sertai dengan rasa pusing. Teruskan saya coba untuk memutar bola mata ke bagian atas, dan hasilnya rasa sakit itu terus menyiksa dan begitu sangat terasa. Mohon penjelasannya Dok, terimakasih.

    Tanya Bidan