×

Selain Lezat, Telur Memiliki Banyak Manfaat Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Selain Lezat, Telur Memiliki Banyak Manfaat Untuk Ibu Hamil

Telur adalah makanan pokok yang serbaguna yang bisa diolah menjadi apa saja. Selain lezat telur ini adalah makanan yang memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil lho! Kandungan nutrisi yang ada pada telur adalah lemak, asam folat, selenium, fosfor, zinc, kalsium serta vitamin A, B5, B6, B12, D, E dan K.

Meskipun ibu hamil mengkonsumsi telur setiap haripun aman, asalkan benar-benar dimasak karena telur mentah atau setengah matang mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella yang bisa menyebabkan keracunan.

Nah, memasak dan mempasteurisasi telur akan membunuh bakteri, sehingga akan mengurangi risiko keracunan bakteri salmonella saat hamil. Lalu apa saja manfaat telur bagi ibu hamil? Yuk simak di bawah ini!

Manfaat Telur Rebus untuk Ibu Hamil

  1. Menunjang pertumbuhan janin
    Manfaat telur untuk ibu hamil yang pertama karena kandungan protein sangat penting untuk perkembangan Si Kecil dalam kandungan agar sehat karena setiap sel janin terbuat dari protein. Makan telur dalam jumlah yang cukup dapat membantu pertumbuhan janin. Karena mengandung asam amino esensial yang tidak dapat disintetis oleh tubuh.
    Orang sering mengira bahwa protein hanya terdapat pada putih telur, dan kuning telur dikenal sebagai tempat lemak ditemukan. Namun, perlu diketahui, selain nutrisi tersebut, kuning telur juga mengandung protein hampir setara dengan putih telur, lho! Protein dibutukan untuk pertumbuhan kulit, rambut, otot, dan tulang, dan sel untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.
  2. Perkembangan Otak Janin
    Manfaat telur untuk ibu hamil ini juga untuk kesehatan janin, lho. Telur mengandung kadar kolin yang baik untuk pertumbuhan serta perkembangan otak janin. Karena itu, manfaat telur rebus untuk ibu hamil lainnya adalah melindungi Si Kecil dari cacat tabung saraf.
    Nutrisi pada janin adalah tergantung pada apa yang dikonsumsi ibu selama kehamilan. Oleh sebab itu, Moms perlu memilah-milah makanan yang bernutrisi untuk keperluan janin ya.
  3. Menambah Kalori
    Manfaat telur rebus untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat menambah asupan kalori dalam tubuh. Ibu hamil membutuhkan sekitar 200 hingga 300 kalori ekstra dalam sehari.
    Menurut studi, telur rata-rata menghasilkan 70 kalori, sehingga membantu memenuhi kebutuhan kalori ibu dan bayi. Bayi yang terpenuhi asupan nutrisi saat di dalam kandungan, maka sberisiko kecil untuk mengalami keguguran.
  4. Mengatur Kolesterol
    Makan telur secara teratur akan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat telur untuk ibu hamil ini sangat efektif untuk Bunda yang memiliki tekanan darah tinggi. Salah satu penyebab darah tinggi adalah kolesterol. Dan telur dapat menurunkan kolestrol secara bertahap.
  5. Menambah Zat Besi
    Jika Bunda ingin merasa berenergi selama kehamilan, perlu menjaga asupan zat besi.Zat besi adalah nutrisi yang penting dibutuhkan untuk ibu hamil dan juga janin. Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat darah ekstra untuk Bunda dan bayi selama kehamilan. Jadi penting bagi Bunda untuk makan cukup telur agar tidak merasa lelah. Ditambah lagi, ini membantu mengatur oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh serta janin.
  6. Mencegah diabetes gestasional
    Telur rebus rendah karbohidrat. Ini sangat penting jika Moms telah didiagnosis menderita diabetes gestasional atau telah didiagnosis sebagai pradiabetes. Manfaat telur rebus untuk ibu hamil adalah dapat mengontrol aliran darah dalam tubuh dan menurukan gula darah.
    Apabila Bunda memiliki diabetes selama kehamilan, konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui asupan apa saja yang sebaiknya dihindari, ya. Sebab, jika makanan tidak terkontrol, ini akan menggantu kesehatan ibu dan juga si janin.
  7. Kaya Kandungan Vitamin D
    Manfaat telur rebus untuk ibu hamil selanjutnya yakni dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Melansir dari studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, telur rebus kampung memiliki nutrisi lebih baik dibandingkan telur ayam biasa. Kandungan vitamin D pada telur terkonsentrasi di kuning telur, jadi makan telur utuh dan bukan hanya putih telurnya, ya Moms! Wanita hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin D dibandingkan wanita tidak hamil. Nutrisi ini penting untuk kesehatan, termasuk menjaga kesehatan tulang, mendukung fungsi kekebalan tubuh dan menstrimulasi perkembangan janin.
  8. Mengurangi Stres
    Manfaat telur rebus untuk ibu hamil lainnya yakni mengandung kolin untuk mencegah tingkat stres pada ibu hamil. Wanita yang sedang hamil, memiliki tingkat kecemasan dan stres yang tinggi.
    Telur mengandung kolin dan untuk ibu hamil akan memengaruhi darah dan aktivitas hormon di dalam tubuh. Gen-gen yang mengatur hormon kortisol atau hormon yang menyebabkan stres, depresi, dan kecemasan bisa dilawan dengan zat kolin. Konsumsi telur rebus setiap pagi untuk membuat pikiran Moms lebih tenang selama kehamilan, ya.
  9. Meningkatkan ASI
    Menurut sebuah data, manfaat telur rebus untuk ibu hamil adalah dapat meningkatkan kualitas ASI. Wanita hamil membutuhkan minimal 450 mg kolin. Sementara wanita yang sedang menyusui membutuhkan kolin sekitar 550 mg.
    Kolin terdapat pada telur dan sangat berguna untuk menjaga kualitas ASI. Selain untuk ASI, telur juga meningkatkan kecerdasan otak bayi sejak kandungan.
  10. Kaya Asam Folat
    Telur mengandung asam folat dan yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam folat berperan penting untuk kesehatan jantung, mencegah stroke, membantu perkembangan janin dan menjaga kesehatan pencernaan.
    Yodium sendiri berguna untuk mengontrol kelenjar tiroid yang berfungsi untuk metabolisme tubuh. Kedua kandungan ini sangat diperlukan untuk ibu hamil dalam memenuhi asupan Si Kecil.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Telus

  1. Jangan membeli telur yang memiliki cangkang yang pecah karena rentan terhadap bakteri serta kotoran.
  2. Baiknya beli telur yang organik karena mereka tidak menggunakan antiobiotik atau hormon apapun pada unggas.
  3. Sebelum memasak, lakukan tes kesegaran telur dengan menaruh dalam mangkuk air. Bila mengapung berarti telur tidak segar dan kebalikannya bila tenggelam ke dasar maka telur dianggap segar.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 7, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Nunu Nt
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Maaf saya mau menanyakn setiap selesai haid 10 hari saya mengalami keputihan awal nya bening terus lama kelmaan menjadi bercampur bercak coklat, selanjut nya keluar full coklat yng berbekas di celan Dalam, apakh berbahay bu bidan saya sngt khawatir dan tidak berasa sakit atau pun gatal ssaat keluar

  • Oleh : Nunu Nt
  • Masalah haid tidak teratur

  • Oleh : Dian Anggraini
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu bidan mau bertanya nih..
    Perkenalkan nama saya Dian umur sy 21th. Saya pny mslh mens udh 1thun lalu… Saya juga sudh periksa ke dr.Spog ,wktu sy priksa tdk ada masalah apa² cuma hormon sy kurang baik. Dan saat itu sy diberi obt Regumen trs saya minum smpai hbis skitar bbrp hri langsung mens. Tapi saya bingungny klo sy tdk konsumsi kok saya telat mens lagi ya bu bidan. Ap sy hrus minum obat itu terus? Soalny sy tkut klo sy ketergantungan. Sya udh telat 1bln… Dan saya coba buat minum ramuan dr bhn alami sih soalny pngn aja nggk minum obtny tp bisa mens. Tp saat ini blm ada tanda². Gimn ya bu bidan solusiny

  • Oleh : Dian Anggraini
  • Menghitung usia kehamilan

  • Oleh : Irfan L
  • 7 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Istri saya haid terakhir tgl 2 januari. Kami berhubungan tgl 3 februari. Dalam rentang waktu itu istri saya blum haid. Dia skrng tengah hamil brp usia kehamilanya dok.?
    Usia janinya brp dok.? Terima kasih

  • Oleh : Irfan L
  • Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • Seputar kehamilan

  • Oleh : Puput88
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Saya sedang telat menstruasi 8 hari tapi di tespeck hasil negatif,kalau di usg apakah sudah bisa terlihat

  • Oleh : Puput88
  • Tanya Bidan