×

Selain Untuk kecantikan, Bunga Saffron Juga Baik Untuk Kehamilan Lho!

Bagikan Artikel :

Selain Untuk kecantikan, Bunga Saffron Juga Baik Untuk Kehamilan Lho!

Saat ini banyak sekali kaum wanita mengonsumi bunga saffron untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuhnya. Tapi apabila sedang hamil boleh gak sih minum bunga saffron? Bahaya gak sih terhadap janin yang dikandungnya?

Nah, saffron ini merupakan rempah-remph termahal di dunia, dianggap aman dikonsumsi selama masa kehamilan asalkan mengonsumsinya dalam jumlah kecil. Hal ini karena saffron yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kontraksi rahim, trombosit rendah, pendarahan, hingga keguguran. Jika dikonsumsi dalam batas yang normal, saffron ini memiliki manfaat bagi ibu hamil lho!

Manfaat Saffron untuk Ibu Hamil

  1. Melancarkan pencernaan
    Sifat astringen dalam saffron membantu membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan aliran darah, meningkatkan nafsu makan, dan mendukung pencernaan sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.
  2. Mengendalikan tekaanan Darah
    Hasil penelitian menemukan menemukan bahwa komponen termasuk crocin dan safranal di bunga saffron memiliki sifat yang dapat mengendalikan peningkatan tekanan darah pada ibu hamil. Hal ini akan membuat tekanan darah ibu hamil selalu stabil.
  3. Mengurangi nyeri otot dan kram
    Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meredakan nyeri dan kram. Otot dan tulang Anda saat hamil akan meregang untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh. Tentunya bisa menyebabkan kram dan rasa sakit pada persendian dan perut.
    Nah sifat anti-spasmodik dan anti inflamasi pada bunga saffron dapat bantu meredakan kram yang tengah hamil.
  4. Memenuhi kebutuhan zat besi
    Saat hamil, perempuan harus memastikan asupan zat besi terpenuhi dengan baik agar terhindari dari anemia. Asupan zat besi yang terpenuhi dengan baik mampu mencegah ibu hamil melahirkan bayi dengan berat rendah ataupun terlahir prematur.
    Nah, untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan, Anda dapat mengonsumsi aneka jenis makanan yang mengandung zat besi, termasuk saffron. Saffron merupakan salah satu rempah yang kaya zat besi sehingga dapat membantu meningkatkan kadar haemoglobin dan mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.
  5. Meningkatkan kualitas tidur
    Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membuat tidur lebih nyenyak. Beberapa ibu saat hamil sulit merasa tidur nyenyak, menggunakan bunga saffron dapat dilakukan untuk merasa santai dan tidur dengan nyenyak. Khasiat sedatif dan hipnotis bunga saffron diyakini dapat membantu Adna yang mengalami hal tersebut.
  6. Mengendalikan perubahan suasana hati
    Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan suasana hati. Kecemasan dan emosi merupakan hal umum yang dialami oleh Anda selama masa kehamilan. Bunga saffron dikenal sebagai anti depresi dan dapat meningkatkan suasana hati Anda.
  7. menjaga kesehatan jantung
    Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Dilansir dari webmd, sifat antioksidan dan antiinflamasi bunga saffron dapat membantu menjaga kadar kolesterol di bawah kontrol dan menjaga kesehatan arteri dan pembuluh darah.

Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Bunga Saffron

Ibu yang sedang hamil bisa mengonsumsi bunga saffron selama trimester kedua, ketika Si Kecil dalam perut sudah mulai bergerak. Sekaligus, kehamilan pun sudah stabil pada waktu itu. Itupun jangan dikonsumsi setiap hari. Dan tidak lebih dari 5 helai bunga saffron.
Atau akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi dahulu kepada dokter Anda jika ingin mengonsumsi bunga saffron selama kehamilan dan bila memang sudah diizinkan maka Anda pilihlah bunga saffron berkualitas baik dan bukan yang palsu.

Cara Mengkonsumsi Saffron Saat Hamil

  1. Susu Bunga Saffron
    Cara ini adalah yang palign populer bagi Anda yang tengah hamil untuk mengonsumsi bunga saffron. Cukup menambahkan beberapa helai bunga saffron ke segelas susu atau produk susu lainnya.
  2. Penyedap Rasa
    Bila tak ingin terlalu berasa, Anda pun bisa menggunakan bunga saffron untuk penyedap rasa guna meningkatkan rasa hidangan. Satu atau dua untai bunga saffron bisa ditambahkan ke sup atau sajian nasi atau makanan penutup.

Efek Samping Jika Berlebihan Dalam Mengonsumsi Bunga Saffron

Meski saffron memiliki beragam manfaat untuk perempuan hamil, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung saffron selama kehamilan juga ada efek sampingnya apabila dikonsumsi secara berlebihan.
Salah satu efek samping yang mungkin ditimbulkan adalah menyebabkan kontraksi uterus yang mungkin dapat menyebabkan keguguran. Perempuan hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 10 gram saffron agar terhindar dari keguguran, terutama pada trimester pertama kehamilan.
Selain keguguran, efek samping yang mungkin ditimbulkan di antaranya mual dan muntah, pusing atau hilang keseimbangan, mulut kering, dan sakit kepala. Anda disarankan untuk berkonsultasi segera ke dokter jika mengalami hal-hal tersebut pasca mengonsumsi saffron.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 16, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Terlambt haid di tespek negatif

  • Oleh : Elpi Hadia
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Terlmbt haid lima bulan trus keluar darah haid setelh lima bulan

  • Oleh : Elpi Hadia
  • Telat Haid Dan Hanya Bercak Merah Ketika Haid Datang

  • Oleh : Yuli Ani
  • 6 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

    Tentang Kehamilan

  • Oleh : Yanti Nur Syafitri
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Saya sudah telat haid baru 3 hari..dan apa itu pertanda hamil solnya belum tespek karena tkut hasilnya kecewa

  • Oleh : Yanti Nur Syafitri
  • Obat pencahar untuk ibu hamil

  • Oleh : davegillison
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan

    benjolan

  • Oleh : jessica kheai
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,, saya ibu rumah tangga usia 32 thn. Payudara sebelah kiri ada benjolan yg bs pindah pindah jika ditekan, dan kelenjar getah bening bawah ketiak membesar dan keduanya tdk kunjung hilang kurun waktu 1 thn belakang ini. Tdk terasa sakit at keluhan lainnya. Apa itu tanda2 dr kanker payudara? Terima ksh

    Tanya Bidan