×

Sering Mimpi Buruk Saat Hamil? Ini Lho Penyebabnya!

Bagikan Artikel :

Sering Mimpi Buruk Saat Hamil? Ini Lho Penyebabnya!

Pernah mimpi buruk saat hamil? Atau bahkan sering? Memang sebagian Bunda mengalami mimpi buruk. Mulai dari mimpi dikejar-kejar hewan atau mahkluk aneh, mimpi kecelakaaan, bertemu dengan hantu, makhluk luar angkasa, berenang di laut, hingga terkunci di kamar. Padahal biasanya tidak pernah begitu. Apa sih yang menyebabkan sering mimpi buruk saat hamil? Apa sebenarnya arti mimpi itu, buruk atau baik?

Penyebab Mimpi Buruk Saat Hamil

Mimipi buruk yang dialami ibu hamil ini ada kaitannya dengan perubahan hormon, yang kemudian membuat wanita hamil lebih sering bermimpi. Mimpi buruk yang Bunda alami ini bisa jadi merupakan bentuk perasaan dan pikiran Bunda selama hamil. Wanita hamil, terutama yang baru pertama kali, mungkin merasa bersemangat sekaligus khawatir terhadap kehamilan mereka. Nah, mimpi adalah cara tubuh untuk berkompromi dengan emosi-emosi itu.

Related Posts :

    Selain itu, perubahan fisik seperti kram kaki akan membuat Bunda lebih mudah terbangun saat tidur, sehingga Bunda akan lebih ingat baru saja bermimpi apa. Bisa juga karena wanita hamil lebih sering istirahat atau tidur, maka peluang bermimpi juga menjadi lebih banyak.

    Mimpi-mimpi ini umumnya terasa lebih nyata, aneh, dan lebih detail dibandingkan saat tidak hamil. Mimpi tersebut paling nyata dirasakan di usia kehamilan 7 bulan, tetapi kemudian lebih samar di usia 8-9 bulan. Diduga karena pergerakan janin yang semakin terbatas, sehingga gerakan janin juga menjadi berkurang saat tidur.

    Cara Mencegah Mimpi Buruk

    Mimpi buruk tentu bisa mengganggu aktivitas Bunda. selain itu, mimpi buruk juga bisa membuat Bunda menjadi murung bahkan jadi mudah sakit. Oleh karena itu yuk cegah mimpi buruk ini dengan beberapa tips seperti :

    1. Bercengkerama dengna penuh kehangatan bersama suami Bunda sebelum tidur. Hal ini akan menumbuhkan rasa kenyamanan, keamanan dan rasa dilindungi. Sehingga akan meminimalisir mimpi buruk Bunda
    2. Mandi air hangat sebagai relaksasi. Salah satu penyebab mimpi buruk itu adalah stress dan kelelahan, sehingga terbawa ke dalam mimpi dan menjadi mimpi buruk. Yuk relaksasikan otot dan fikiran Bunda dengna mandi atau berendam air hangat.
    3. Minum the manis hangat pun bisa menjadi pencegahan mimpi buruk lho. Bunda bisa minum the manis hangat sebelum tidur agar tidak mimpi buruk.
    4. Keadaan pikiran Bunda banyak berhubungan dengan jenis mimpi mingkin Bunda miliki. Jika Anda tetap positif dan bahagia, itu akan menjauhkan perasaan dan pikiran negatif dari pikiran Bunda yang pada akhirnya akan mencegah terjadinya mimpi buruk di malam hari.
    5. Berdoa, melakukan ritual dalam agama ini dipercaya paling ampuh untuk menhindari mimpi buruk saat hamil. Nah untuk para Bunda jangan lupa berdoa sebelum tidur ya!
    6. Mendengarkan music clasik juga bisa menjadi alternative, tapi ingat volume nya di atur ya biar tetap bisa bikin nyaman dan ngantuk.
    7. Keadaan pikiran Bunda banyak berhubungan dengan jenis mimpi mingkin Bunda miliki. Jika Anda tetap positif dan bahagia, itu akan menjauhkan perasaan dan pikiran negatif dari pikiran Bunda yang pada akhirnya akan mencegah terjadinya mimpi buruk di malam hari.

    Jangan Khawatir Soal Mimpi Buruk Saat Hamil

    Sebenarnya tidak ada yang perlu Bunda khawatirkan tentang mimpi-mimpi itu. Bahkan mimpi saat hamil yang buruk atau aneh bisa dianggap sebagai tanda bahwa Bunda peduli pada kesehatan bayi. Apapun mimpi yang sering Bunda alami, Bunda perlu ingat bahwa itu hanya mimpi yang sekadar menggambarkan pikiran bawah sadar. Ini bukan pertanda akan datangnya peristiwa buruk.

    Jika dianggap menakutkan, Bunda dapat mencatat dan menceritakannya pada pasangan, atau sesama wanita hamil lain yang mungkin mengalami hal serupa. Bunda juga dapat berkonsultasi ke dokter atau psikolog, jika mimpi buruk tidak kunjung berhenti setelah bayi lahir.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 14, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 5 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • kontributor Curhat Bidan

  • Oleh : ade
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    benjolan

  • Oleh : jessica kheai
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,, saya ibu rumah tangga usia 32 thn. Payudara sebelah kiri ada benjolan yg bs pindah pindah jika ditekan, dan kelenjar getah bening bawah ketiak membesar dan keduanya tdk kunjung hilang kurun waktu 1 thn belakang ini. Tdk terasa sakit at keluhan lainnya. Apa itu tanda2 dr kanker payudara? Terima ksh

    Pendarahan

  • Oleh : githa
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

    Benjolan di area miss v

  • Oleh : Erind Dwi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hallo, dok.
    Perkenalkan nama saya Erin, saya berusia 20 tahun, pelajar.
    Saya mau tanya dok, kenapa ya di area miss v saya ada benjolan sebelah kiri arah bawah yang kira-kira sebesar 1 butir kacang tanah, tapi saya tidak merasakan keluhan apapun dok, jika saya mengalami bisul di area miss v saya maka itu terasa sakit, tapi ini saya tidak merasakan apapun dok. Jika diraba agak terasa keras seperti bisul. Dan saya tidak pernah melakukan hubungan intim dok.
    Mohon bantuannya dok agar rasa cemas saya bisa sedikit terobati.
    Terimakasih, dokter.

    Tanya Bidan