×

Ternyata Ibu Hamil Dianjurkan Makan Buah Rambutan Lho!

Bagikan Artikel :

Ternyata Ibu Hamil Dianjurkan Makan Buah Rambutan Lho!

Sudah mulai musim rambutan nih Bun, hayoh siapa yang ga ngiler kalo liat dijalanan banyak yang jual buah rambutan. Tahu gak Bun bahwa buah rambutan itu banyak sekali manfaatnya untuk kehamilan. Bahkan ibu hamil di anjurkan untuk makan buah rambutan karena kandugan gizi nya yang sangat bagus. Tapi sayang, ada mitos mengatakan bahwa ibu hamil jangan makan buah rambutan karena bisa bikin janin kepanasan. Jangan dipikirkan ya Bun, karena mitos itu tidak benar.

Related Posts :

    Manfaat Makan Rambutan Saat Hamil

    1. Mendukung kesehatan sistem pencernaan
      Rambutan dapat menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil karena kandungan serat dan air. Serat yang terkandung berperan untuk menyerap air sehingga tekstur feses jadi lunak dan mudah dibuang dari tubuh.
      Ini mengurangi risiko ibu hamil mengalami sembelit.
    2. Meningkatkan persediaan darah
      Saat hamil, persediaan darah akan meningkat karena janin membutuhkan pasokan darah. Untuk membuat sel-sel darah, tubuh membutuhkan mineral zat besi.
      Nah, buah rambutan mengandung zat besi. Sayangnya, penyerapan zat besi oleh tubuh kadang tidak berjalan secara maksimal. Untungnya, buah ini juga mengandung vitamin C yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi jadi lebih baik.
      Makan rambutan saat hamil, membantu memenuhi asupan zat besi yang diperlukan. Bila nutrisi zat besi ibu hamil tercukupi, risiko anemia selama masa kehamilan juga akan berkurang.
    3. Memperkuat sistem imun
      Selain membantu penyerapan zat besi, vitamin C dan antioksidan pada buah rambutan juga meningkatkan sistem imun. Itu artinya, ibu hamil akan jauh lebih kebal dari beberapa penyakit, seperti flu atau pilek.
    4. Membantu pembentukan tulang janin
      Makan rambutan saat hamil juga membantu memenuhi asupan kalsium. Mineral ini diperlukan sang ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulangnya, sekaligus membantu pembentukan tulang janin di dalam kandungan.

    Ibu Hamil Boleh Makan Rambutan, Asal …

    Meskipun manfaat rambutan sangat melimpah, asupan buah rambutan untuk ibu hamil juga harus diperhatikan.
    Alangkah lebih baik, jika ibu hamil konsultasi lebih dulu pada dokter sebelum menambahkan buah rambutan sebagai camilan.
    Ibu hamil yang makan rambutan secara berlebihan, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungannya.
    Sebuah studi menunjukkan bahwa kadar kalium yang rendah pada 4 bulan pertama kehamilan berkaitan dengan rendahnya risiko diabetes gestasional dan preeklampsia (komplikasi hipertensi pada ibu hamil) yang mungkin dialami ibu hamil.
    Nah, kandungan kalium pada buah rambutan dinilai yang cukup tinggi, yaitu, 104,2 mg per porsi (100 gram). Jika buah rambutan dikonsumsi dalam jumlah banyak, risiko diabetes dan preeklampsia mungkin bisa meningkat.

    Batasi Makan Buah Rambutan Pada Ibu Hamil Jika…

    1. Diabetes gestasional
      Ibu hamil sangat rentan dengan diabetes gestasional. Itu sebabnya ibu hamil perlu memerhatikan asupan makanan yang mengandung gula, salah satunya rambutan.
      Buah rambutan yang sangat matang, memiliki kandungan gula yang cukup banyak.
      Jika ibu hamil memiliki kadar gula yang tidak stabil atau diabetes gestasional, sebaiknya hindari makan buah rambutan. Bukan hanya kesehatan ibu, kondisi tersebut ini bisa memengaruhi keselamatan janin.
    2. Hipertensi
      Produksi darah yang lebih banyak bisa selama masa kehamilan membuat ibu hamil rentan dengan tekanan darah tinggi (hipertensi).
      Bagi ibu hamil dengan hipertensi, konsumsi buah rambutan harus sangat dijaga atau sebaiknya dihindari. Mengapa? Natrium yang terkandung dalam buah ini terhitung sangat tinggi, yaitu 16 mg per 100 gram.
      Kadar natrium yang terlalu tinggi bisa membuat tekanan darah jadi lebih tinggi. Ini bisa menyebabkan bayi lahir prematur, janin gagal tumbuh, dan komplikasi kehamilan lainnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 6, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Daging lebih di bibir vagina

  • Oleh : Annisa Rahmania
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok sebelumnya saya ingin bertanya. Saya belum menikah dan saya belum pernah berhubungan intim, Vagina saya sering gatal trs keluar keputihan terkadang bening, berwarna putih, kadang berbau dan kadang tidak berbau. Dan muncul daging di bibir vagina,
    Itu kenapa ya dok?

    cara mengetahui lebih dini mengenai kehamilan anggur

  • Oleh : Ratu
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Peggy Shintya
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Hallo dok, perkenalkan nama saya peggy.usia saya 22 tahun.saya mengalami menstruasi yang tidak lancar.saya tidak menstruasi paling lama selama 6 bulan. sekarang sayang sudah tidak menstruasi selama 4 bulan.saya ingin menanyakan apa itu bahaya atau tidak?dan apa yang saya harus lakukan.sedang kan saya lihat dan baca info di media internet selalu yang sudah menikah.sedangkan saya belum menikah.terima kasih

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Telat datang bulan

  • Oleh : richamayati
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Tanya Bidan