×

Tinggi Badan Bertambah Saat Hamil Dan Gejala Aneh Lainnya, Amankah?

Bagikan Artikel :

Tinggi Badan Bertambah Saat Hamil Dan Gejala Aneh Lainnya, Amankah?

Bila Anda sedang dalam masa awal kehamilan maka hormone-hormon di dalam tubuh dapat berubah sehingga membuat munculnya hal-hal atau gejala diluar normal. Ada ibu hamil yang mengalami dan ada juga yang tidak. Bahkan ada ibu hamil yang mengalami keanehan yang tidak biasanya dialami oleh ibu hamil yang lainnya. Misanlnya bertambahnya tinggi badan. Untuk lebih lengkapnya Bidan Citra sebutkan dan jelaskan di bawah ya!

  1. Kaki tumbuh hingga 10 MM
    Hal ini disebabkan oleh peregangan dari ligament (otot) dan akhirnya kaki akan kehilangan arah dan yang paling aneh pada gejala kehamilan ini adalah gejala ini dapat bertahan hingga bayi lahir.
  2. Volume dari sel-sel di otak dapat berkurang 4&
    Meski demikian, kemampuna otak akan kembali seperti semula beberapa bulan setelah bayi lhir. Yang membuat ibu hamil terkadang terkesan menjadi pelupa dan berpikir sedikit lebih lama dibandingkan sewajarnya.
  3. Rambut lebih lebat dan berhenti rontok
    Yang membuat kesan rambut tebal dan kembali seperti semula pada masa setelah kelahiran bayi. Anda juga bisa memperhatikan bahwa terjadi pertumbuhan rambut yang semakin banyak di pipi, jidat di atas mulut serta kaki.
  4. Penciuman menjadi lebih sensitit
    Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormone estrogen. Banyak penelitian yang menghubungkan semakin sensitifnya penciuman dengan morning sickness. Tapi ada juga ibu hamil yang mengalami penciuman sensitive hingga usia kehamilan 9 bulan.
  5. Merasakan rasa besi di lidah
    Biasanya bau-bau besi di lidah dirasakan pada trimester pertama kehamilan dimana kadar estrogen paling tinggi.
  6. Sering kentut
    Ini disebabkan oleh relaksasi hormone progesterone dan relaksing yang terjadi pada semua otot juga pada otot-otot saluran pencernaan.
  7. Kecerobohan
    Misalnya tersandung, hal ini wajar dialami ibu hamil karena retensi (bertahannya) air di dalam tubuh serta persendian yang lebih longggar.
  8. Suara lebih besar
    Saat hamil, anda mungkin akan mengalami perubahan suara menjadi lebih serak, bahkan terdengar lebih besar. Jangan kaget, hal ini sering terjadi kok pada ibu hamil, penyebabnya tidak lain adalah karena perubahan hormon yang menyebabkan bengkaknya pita suara dan akhirnya mengubah suaramu.
    Ketika kamu mengalaminya, tetap tenang ya, perubahan suara ini tidak menetap, kok. Suaramu yang dulu akan kembali, segera setelah kamu melahirkan.

Nah, bila Anda mengalami satu atau beberapa gejala kehamilan yang serupa seperti di aas, itu sangatlah wajar dan janganlah takut. Sebab, beberapa wanita juga mengalaminya, meskipun tidak banyak.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 19, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Akibat di obat

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bun selamat malam dan maaf menganggu waktunya semoga degan iklhas hati menerima curhatan saya, sedikit mau curhat ini bun dulu waktu kandungan umur 4 bulan di obat rencana mau di gugurin ternyata tidak berhasil setelah itu keluar darah kental dari V dan saya sangat kecewa bun sekarang anak saya lahir dengan bobot yang normal seperti biasa biasa apakah obatnya tidak bermasalah terimakasih☹️

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • Ruam pada kulit bayi

  • Oleh : Iphunk Charger
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

  • Oleh : Iphunk Charger
  • Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 6 bulan yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • Tanya Bidan