Tips Agar Tetap Bugar Dan Cantik Saat Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Selain membawa kebahagiaan, masa kehamilan yang dialami wanita terutama bagi mereka yang baru pertama kali menjadi ibu hamil juga pasti mengalami ketakutan tersendiri. Salah satunya mungkin ibu hamil akan berpikir jika ketakutan tidak hanya terjadi karena perubahan hormonal, namun juga ketakutan akan terjadinya komplikasi, hingga memikirkan rasa sakit saat menjelang persalinan kelak.

    Selain itu, ketakutan lainnya adalah tentang perubahan penampilan. Memang saat hamil, perubahan penampilan menjadi salah satu faktor penting sebab perubahan pertama yang terlihat adalah pada fisik, yakni perut yang membesar, kenaikan berat badan yang semakin membuat ibu terlihat besar, serta perubahan pada kulit.

    Karena beberapa alasan tersebut, tidak heran dari sebagian besar ibu hamil malah jadi tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Untuk itu, sangat penting dalam membangun citra dalam diri dan menumbuhkan rasa percaya diri lebih untuk menganggap kehamilan adalah kondisi yang lebih menyenangkan dan upayakan untuk tetap sehat selama kehamilan. 

    Dalam masa kehamilan, ibu masih sangat bisa untuk menampilkan lebih dari sisi feminin, sebagai sosok seorang ibu bagi anak dan suaminya. Untuk membuat penampilan ibu tetap menarik, cantik dan bugar saat kehamilan masih bisa kok dengan cara mudah. Nah, tidak perlu pusing, berikut ini kami hadirkan beberapa Tips Agar Tetap Bugar Dan Cantik Saat Hamil, diantaranya :

    • Boleh tetap menggunakan kosmetik dan produk kecantikan asal pilih produk AMAN.

    Saat memasuki kehamilan, ibu hamil biasanya akan mulai dibatasi dengan penggunaan kosmetik karena banyak dari produk kosmetik yang tidak boleh (tidak aman) untuk ibu hamil. Selain itu, kosmetik berbahaya juga berdampak pada bayi yang sedang dikandung. Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena Anda bisa tetap tampil cantik dengan menggunakan kosmetik dan produk kecantikan alami atau produk kecantikan khusus untuk ibu hamil. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan / bidan untuk mengetahui produk kecantikan mana yang aman untuk ibu hamil.

    • Memilih pakaian khusus untuk ibu hamil dan nyaman saat dipakai.

    Sekarang ini banyak sekali ragam busana untuk ibu hamil. Anda sebagai ibu hamil, bisa memilih pakaian yang Anda suka, tapi sebaiknya pilih jenis pakaian yang membuat Anda nyaman saat memakainya.

    Ibu mungkin bisa memakai pakaian jenis rajut untuk membuat penampilan tetap terlihat cantik. Selain itu, ibu masih bisa menambahkan beberapa aksesoris lain yang bisa dicocokan dengan pakaian yang Anda kenakan. Berpenampilan cantik untuk ibu hamil tidak sulit bukan?

    • Mempertimbangkan gaya rambut untuk penampilan.

    Pada wanita yang mulai memasuki masa hamil, mereka akan menghadapi perubahan hormon dalam tubuh yang akan membuat rambut juga tampil cantik dan berkilau. Sebaiknya ibu jangan terlalu banyak mengucir rambut ke belakang untuk tidak repot mengurusinya. Sebaiknya jangan juga memutuskan untuk memotong rambut panjang Anda bunda. Bunda masih bisa kok merawat rambut dan mempercantiknya dengan pergi ke salon rambut. Pastikan untuk meminta pihak salon membuat rambut Anda lebih cantik dan terlihat cocok untuk ibu hamil.

    • Berolahraga teratur.

    Siapa bilang kondisi hamil menghambat pergerakan untuk berolahraga? Tidak bunda, ibu hamil masih bisa kok berolahraga bahkan olahraga juga penting bagi ibu hamil.

    Ibu hamil bisa berolahraga teratur sebanyak 2 kali dalam seminggu. Jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil adalah olahraga yang tidak membutuhkan tenaga banyak seperti berjalan-jalan santai, senam yoga, dan berenang. Olahraga berat tidak dianjurkan. Selain itu, dengan memperbanyak konsumsi air miuum akan membantu tubuh ibu hamil terhindar dari dehidrasi dan menyebabkan kulit kering. Dengan berolahraga serta menyeimbangkannya dengan konsumsi air putih yang sesuai, akan membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi serta terhindar dari kondisi kulit kering yang memuat ibu terlihat kusam.

    • Mulailah mengkonsumsi makanan untuk diet namun tetap seimbang.

    Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi dan nutrisi seimbang seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau yang segar ke dalam menu makanan sehari-hari terutama pada masa kehamilan. Dalam buah dan sayur, mengandung banyak Vitamin dan Mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang secara alami akan membuat penampilan ibu lebih sehat dan bugar tentunya.

    Ibu hamil juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung banyak lemak. Jika ingin mengkonsumsi daging, pilih daging yang tidak ada lemaknya. Ibu juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein tinggi. Karena kafein ini bisa menganggu Anda ketika akan istirahat. Terlebih lagi kafein sangat tidak baik untuk kesehatan pada bayi dalam kandungan.

    Semoga bermanfaat, nantikan informasi seputar kehamilan lainnya hanya pada website Curhat Bidan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 16, 2017
    Diskusi Dari:
    Bunga Handayani

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Dijawab Oleh : Bunga Handayani
    Diskusi Dari:
    Tania

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Dijawab Oleh : Tania
    Diskusi Dari:
    Gigin Gumay

    Selamat pagi
    Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

    Dijawab Oleh : Gigin Gumay
    Diskusi Dari:
    Gek Anik

    selamat siang,
    saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
    terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
    apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
    mohon di bantu infonya,,
    terima kasih

    Dijawab Oleh : Gek Anik
    Diskusi Dari:
    frenni franita

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Dijawab Oleh : frenni franita