×

Tips Agar Tetap Bugar Dan Cantik Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Selain membawa kebahagiaan, masa kehamilan yang dialami wanita terutama bagi mereka yang baru pertama kali menjadi ibu hamil juga pasti mengalami ketakutan tersendiri. Salah satunya mungkin ibu hamil akan berpikir jika ketakutan tidak hanya terjadi karena perubahan hormonal, namun juga ketakutan akan terjadinya komplikasi, hingga memikirkan rasa sakit saat menjelang persalinan kelak.

Selain itu, ketakutan lainnya adalah tentang perubahan penampilan. Memang saat hamil, perubahan penampilan menjadi salah satu faktor penting sebab perubahan pertama yang terlihat adalah pada fisik, yakni perut yang membesar, kenaikan berat badan yang semakin membuat ibu terlihat besar, serta perubahan pada kulit.

Karena beberapa alasan tersebut, tidak heran dari sebagian besar ibu hamil malah jadi tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Untuk itu, sangat penting dalam membangun citra dalam diri dan menumbuhkan rasa percaya diri lebih untuk menganggap kehamilan adalah kondisi yang lebih menyenangkan dan upayakan untuk tetap sehat selama kehamilan. 

Related Posts :

    Dalam masa kehamilan, ibu masih sangat bisa untuk menampilkan lebih dari sisi feminin, sebagai sosok seorang ibu bagi anak dan suaminya. Untuk membuat penampilan ibu tetap menarik, cantik dan bugar saat kehamilan masih bisa kok dengan cara mudah. Nah, tidak perlu pusing, berikut ini kami hadirkan beberapa Tips Agar Tetap Bugar Dan Cantik Saat Hamil, diantaranya :

    • Boleh tetap menggunakan kosmetik dan produk kecantikan asal pilih produk AMAN.

    Saat memasuki kehamilan, ibu hamil biasanya akan mulai dibatasi dengan penggunaan kosmetik karena banyak dari produk kosmetik yang tidak boleh (tidak aman) untuk ibu hamil. Selain itu, kosmetik berbahaya juga berdampak pada bayi yang sedang dikandung. Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena Anda bisa tetap tampil cantik dengan menggunakan kosmetik dan produk kecantikan alami atau produk kecantikan khusus untuk ibu hamil. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan / bidan untuk mengetahui produk kecantikan mana yang aman untuk ibu hamil.

    • Memilih pakaian khusus untuk ibu hamil dan nyaman saat dipakai.

    Sekarang ini banyak sekali ragam busana untuk ibu hamil. Anda sebagai ibu hamil, bisa memilih pakaian yang Anda suka, tapi sebaiknya pilih jenis pakaian yang membuat Anda nyaman saat memakainya.

    Ibu mungkin bisa memakai pakaian jenis rajut untuk membuat penampilan tetap terlihat cantik. Selain itu, ibu masih bisa menambahkan beberapa aksesoris lain yang bisa dicocokan dengan pakaian yang Anda kenakan. Berpenampilan cantik untuk ibu hamil tidak sulit bukan?

    • Mempertimbangkan gaya rambut untuk penampilan.

    Pada wanita yang mulai memasuki masa hamil, mereka akan menghadapi perubahan hormon dalam tubuh yang akan membuat rambut juga tampil cantik dan berkilau. Sebaiknya ibu jangan terlalu banyak mengucir rambut ke belakang untuk tidak repot mengurusinya. Sebaiknya jangan juga memutuskan untuk memotong rambut panjang Anda bunda. Bunda masih bisa kok merawat rambut dan mempercantiknya dengan pergi ke salon rambut. Pastikan untuk meminta pihak salon membuat rambut Anda lebih cantik dan terlihat cocok untuk ibu hamil.

    • Berolahraga teratur.

    Siapa bilang kondisi hamil menghambat pergerakan untuk berolahraga? Tidak bunda, ibu hamil masih bisa kok berolahraga bahkan olahraga juga penting bagi ibu hamil.

    Ibu hamil bisa berolahraga teratur sebanyak 2 kali dalam seminggu. Jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil adalah olahraga yang tidak membutuhkan tenaga banyak seperti berjalan-jalan santai, senam yoga, dan berenang. Olahraga berat tidak dianjurkan. Selain itu, dengan memperbanyak konsumsi air miuum akan membantu tubuh ibu hamil terhindar dari dehidrasi dan menyebabkan kulit kering. Dengan berolahraga serta menyeimbangkannya dengan konsumsi air putih yang sesuai, akan membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi serta terhindar dari kondisi kulit kering yang memuat ibu terlihat kusam.

    • Mulailah mengkonsumsi makanan untuk diet namun tetap seimbang.

    Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi dan nutrisi seimbang seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau yang segar ke dalam menu makanan sehari-hari terutama pada masa kehamilan. Dalam buah dan sayur, mengandung banyak Vitamin dan Mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang secara alami akan membuat penampilan ibu lebih sehat dan bugar tentunya.

    Ibu hamil juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung banyak lemak. Jika ingin mengkonsumsi daging, pilih daging yang tidak ada lemaknya. Ibu juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein tinggi. Karena kafein ini bisa menganggu Anda ketika akan istirahat. Terlebih lagi kafein sangat tidak baik untuk kesehatan pada bayi dalam kandungan.

    Semoga bermanfaat, nantikan informasi seputar kehamilan lainnya hanya pada website Curhat Bidan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 16, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid

  • Oleh : Nur Halimah
  • 2 minggu, 5 hari yang lalu

    Halo bu, saya seorang remaja umur 21 tahun belum menikah. Saya telat haid sekitar 3 bulan dan baru2 ini merasa badan lemas dan agak mual. Apa itu wajar?

  • Oleh : Nur Halimah
  • Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Cara Membujuk Anak Mau Minum Obat

  • Oleh : Dayat Ya Hidayat
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

  • Oleh : Dayat Ya Hidayat
  • Benjolan di leher

  • Oleh : Rika Astria
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu saya mau tanya saya adabenjolan d leher,mengecil dan mmbesar yg di atas nya bulat danpanjang k bawah dan bergeser,tidak terasa nyeri kurang lbih sudah 2 mnggu

  • Oleh : Rika Astria
  • Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Tanya Bidan