×

Tips Atasi Kegerahan Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Tips Atasi Kegerahan Saat Hamil

Cuaca memang suka sulit diprediksi. Tapi akhir-akhir ini sering sekali mendapatkan cuaca yang panas sehingga merasa overheating, terlebih pada ibu hamil. Hal ini karena bumil mengalami peningkatan metabolism seiring pertumbuhan janin.

Jika dibiarkan, kepanasan atau kegerahan bisa membuat Anda mengalami lemas, pusing, hingga pingsan. Kondisi terik matahari yang menyengat juga dapat menyebabkan ibu hamil dehidrasi. Nah untuk menghindari kondisi tersebut Bidan Citra punya beberapa tips nya.

Related Posts :

    Beberapa Tips Mengatasi Kegerahan Ibu Hamil

    1. Makan crackers atau buah segar sebagai cemilan
    2. Meditasi dan buah tubuh senyaman mungkin dengan cahaya redup dan bayangkan Anda berada di tempat yang sangat nyaman.
    3. Makan sedikit-sedikit tapi sering.
    4. Kenakan pakaian yang longgar, tipis dan mudah menyerap keringat, seperti kaus berbahan katun, selama hamil.
    5. Jika ingin berpergian ke luar rumah, sediakan selalu di dalam tas: kipas/kipas angin bertenaga baterai dan semprotan air untuk menyegarkan wajah.
    6. Perbanyak minum air putih untuk membuat tubuh terhidrasi dan menjaga kulit tetap lembap. Selain itu, banyak minum air putih juga dapat mencegah ibu merasa lemas atau kurang berenergi.
    7. Jika ingin berolahraga atau berpergian ke luar rumah, sebaiknya pada sore hari ketika matahari tidak terlalu terik. Dan jika ibu sudah merasa pusing akibat terlalu lama terpapar sinar matahari, segera istirahatkan tubuh dengan berbaring di tempat yang teduh atau ruangan ber-AC.
    8. Hindari melakukan aktivitas yang berat di luar ruangan ketika udara sedang panas. Usahakan berbaring sejenak setelah melakukan aktivitas yang melelahkan,
    9. Latihan pernapasan pada kelas yoga dapat membuat tubuh ibu hamil terasa dingin. Selain itu, ibu juga bisa sekalian latihan pernapasan untuk persiapan melahirkan.
    10. Selain yoga, olahraga yang juga ampuh untuk mengusir rasa gerah adalah berenang. Tidak hanya membuat tubuh terasa dingin, berenang dapat membantu menjaga agar berat badan ibu hamil tetap ideal.
    11. Makan makanan yang dapat menyegarkan tubuh, seperti buah-buahan yang mengandung banyak air (melon, semangka, berry), timun, jus buah, es krim, sop buah dingin, yoghurt dingin dan lain-lain.
    12. Mandi dengan air dingin pada siang hari dapat menyegarkan dan membuat tubuh terasa nyaman.
    13. Pakai bedak tabur yang dapat menyerap keringat dan menyegarkan kulitmu yang lembap. Bedak tabur juga bisa mencegah timbulnya biang keringat saat ibu kepanasan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 11, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Normalkan Merasakan Tegang Di Perut Dalam Kehamilan

  • Oleh : Silvia Rizkiana Sari
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama saya hamil, apakah ini berbahaya atau tidak ya bu? Ditunggu jawabannya.

    Memperlancar haid

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    apa pengaruh dari ibu hamil yang sering buang-buang air (maaf) mencret?

  • Oleh : Via
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

    Darah keluar setelah hubungan suami istri

  • Oleh : Donny Kusuma jr
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Istri saya telah selesai masa haid d hari ke 10, d hari pertama setelah selesai haid kmi melakukan hubungan suami istri, dan setelah berhubungan istri saya mengeluarkan darah. Darah apakah itu dok?

  • Oleh : Donny Kusuma jr
  • Tanya Bidan