×

Tips Cara Ibu Untuk Mengetahui Kehamilan yang Sehat

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Memiliki janin dalam kandungan yang tumbuh kembang sesuai usia kehamilan memang menjadi sebuah idaman bagi setiap wanita hamil. Selama masa kehamilan hingga menjelang hari persalinan, menjaga kondisi kesehatan ibu dan juga janin akan sangat penting. Karena kondisi ini erat hubungannya dengan menjaga berat badan ibu selama hamil, selain itu mendapatkan juga kondisi yang seimbang untuk asupan nutrisi dan olahraga yang teratur khsusus bagi ibu hamil.
Tanda Kehamilan yang Sehat

Tips Cara Ibu Mengetahui Kehamilan yang Sehat dapat dimulai dari mengenal tanda tanda awal kehamilan yang sehat tentunya. Kondisi ibu dan juga janin selama trisemester awal hingga trisemester akhir, serta keluhan yang tidak membahayakan bagi ibu khususnya janin.

Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips cara ibu untuk mengetahui seperti apa kehamilan yang sehat, mulai dari tanda kehamilan yang sehat, perkembangan dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan.

  1. Morning Sickness
    Ibu yang mengalami mual dan muntah diawal kehamilannya, dan akan berhenti dengan sendirinya yakni saat memasuki trisemster kedua kehamilan. Hal ini juga dikatakan normal dan umum terjadi. Namun tetap perhatikan juga gejala dari mual dan muntah dipagi hari ini, karena ada 10 Bahaya Morning Sickness Bagi Ibu Hamil
  2. Kondisi Tubuh dan Ukuran Buah Dada
    Untuk kehamilan yang normal, kondisi dimana terjadinya perubahan buah dada yang terlihat semakin kencang dan juga membesar. Kondisi seperti ini menunjukan akan kesiapan tubuh dalam memproduksi ASI .
  3. Kadar Hormon dengan Jumlah yang Cukup
    Bagi sebagian wanita yang mengalami kadar hormon progesterogen dan juga estrogen tidak stabil dimasa kehamilannya atau kedua hormon tersebut terbilang sangat rendah didalam tubuh ibu hamil, dan ini nantinya akan beresiko mengalami keguguran yang jauh lebih tinggi.
  4. Terjadi Perubahan Perut yang Semakin Membesar
    Tanda kehamilan yang sehat selanjutnya yaitu terjadi perubahan perut yang terus semakin membesar sesuai dengan usia kehamilannya. Dokter atau bidan kandungan akan memeriksa perut ibu sesuai dengan kesehatan ibu dan janin.
  5. Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah
    Kondisi kehamilan yang sehat juga bisa ditentunkan dari kadar darah dan gula darah selama masa kehamilan. Adanya peningkatan tekanan darah ataupun kadar gula bisa dikategorikan normal apabila kondisi tersebut tidak mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

    Sedangkan bagi ibu hamil yang mengalami perubahan akan tekanan darah atau kadar gula darah yang cukup drastis, maka hal ini bisa memicu untuk terjadinya preeklamasia yang bisa membuat resiko kelahiran prematur

    Related Posts :
    • Kondisi Plasenta dan Rahim
      Selama janin berada didalam kandungan, maka janin akan sangat bergantung pada kesehatan rahim ibu. Maka dengan itu plasenta yang juga melekat pada dinding rahim harus tetap terpenuhi sehingga bisa menekan resiko terjadinya pelepasan palsenta yang mana mengarah pada keguguran
    • Pertumbuhan Janin Dalam Kandungan
      Dimasa kehamilan maka ibu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mengenai kesehatan kehamilannya yang biasanya dengan menggunakan alat kesehatan, seperti salah satunya dengan menggunakan USG. Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui tanda tanda kekurangan oksigen didalam rahim yang bisa berakibat fatal pada janin, apalagi bila fungsi plasenta terganggu dan juga ibu yang mengalami masalah kesehatan.
    • Pergerakan Janin dalam Perut
      Selain anda melakukan pemeriksaan rutin, kehamilan yang sehat juga bisa ditandai dengan pergerakan janin yang biasanya diperiksa oleh dokter. Untuk pergerakan janin pada minggu ke 6 sampai minggu ke 10, ketika periode kehamilan yang sudah dapat dirasakan oleh ibu hamil dan juga bisa dikatakan sebagai kehamilan yang sehat dimana bayi sudah mendapatkan asupan oksigen dengan jumlah yang cukup.

    Demikian mengenai Tips Cara Ibu Untuk Mengetahui Kehamilan yang Sehat. Mengetahui dan mengenal kehamilan yang sehat tentu sangat penting untuk tetap kita perhatikan. Selain itu perhatikan pula perkembangan serta pertumbuhan janin selama dikehamilan. Dan apabila ibu hamil mengalami kondisi serta keluhan atau gangguan selama kehamilan sebaiknya ibu segera melakukan konsultasi kepada dokter kandungan atau bidan sehingga bisa membantu guna mencegah kemungkinan bahaya untuk janin dan ibu hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  6. Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 14, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pemberian Vitamin Pada Bayi

  7. Oleh : Indriana Puspa Aliansa
  8. 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

    Ejakulasi

  9. Oleh : Surya Putra gani
  10. 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, ijin bertanya, apakah tetap bisa terjadi kehamilan, jika setelah pria ejakulasi, tetap digerakkan M.P nya/tetap terus di maju mundurkan?
    Terimakasih,

  11. Oleh : Surya Putra gani
  12. Ukuran payudara

  13. Oleh : Norma Widyaningrum
  14. 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ibu bidan sy mau tnya, sejak sy sd kelas 6 mulai tumbuh payudara, payudara sy yg sebelah kanan dan sblh kiri beda ukuran nya, lbh bsr yg kiri. Smp sj menikah dan menyusui uk. Payudara masih sama, slesaj menyusui kmbli lg uk. Nya seperti semula, lbh kcil dr yg sblh kanan dan puting payudara sy yg sblh kiri juga kcil. Bgaimana menurut ibu bidan soal uk payudara ? Ukuran payudara kanan lbh besar dr yg sblah kiri ? Apa sebab nya bs demikian ?
    Terima kasih

    Saya mau nanya

  15. Oleh : Deshinta Dodyanti
  16. 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Asalamualaikkum

    Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  17. Oleh : Hilman Suhilman
  18. 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Tanya Bidan