×

Tips Cara Menjaga Kondisi Kehamilan Agar Aman Dan Nyaman

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Kenyamanan selama kehamilan memang diperlukan selama kehamilan, akan tetapi tetap saja kenyamanan yang tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Cara menjaga kondisi agar aman dan nyaman selama kehamilan bisa dilakukan mulai dari kesiapan secara kesehatan, dalam persiapan kehamilan untuk menghindari kemungkinan adanya gangguan kehamilan yang disebabkan oleh kebiasaan atau gaya hidup ibu hamil yang tidak sehat sedangkan selebihnya berasal dari dukungan yang bsia membuat mental wanita hamil siap dari awal kehamilan hingga proses melahirkan.

Cara Menjaga Kondisi Kehamilan Agar Aman Dan Nyaman

Dan untuk lebih jelasnya mengenai cara agar kondisi aman dan nyaman selama hamil, berikut ini diantaranya:



  1. Mendapatkan Dukungan Dari Keluarga Tercinta
    Cara ibu hamil untuk mendapatkan kondisi yang aman dan nyaman selama hamil yang pertama berasal dari keluarga. Keluarga merupakan salah satu pendukung yang pertama kali akan merawat, menjaga dan melindungi serta membuat anda merasa nyaman selama kehamilan ataupun setelah melahirkan.

  2. Pada Saat Pemeriksaan Kandungan Ajak Suami
    Melakukan pemeriksaan selama kehamilan merupakan hal yang wajiba ibu hamil lakukan, dan alangkah baiknya dila kegiatan tersebut didampingi dengan suami anda yang tentunya akan membuat anda merasa aman dan nyaman. Dan juga pemeriksaan akan membantu anda untuk menjaga kehamilan dan terhindarnya masalah kesehatan lainya selama kehamilan dan juga menjelang persalinan.
  3. Merawat Diri Selama Hamil
    Merawat diri selama hamil bisa dilakukan dengan membiasakan memberikan nutrisi terbaik selama kehamilan, selain akan bermanfaat sekali bagi bayi dalam kandungan untuk masa pertumbuhan janin, memberikan nutrisi yang baik juga akan membantu anda terhindar dari kelelahan selama hamil. Perbanyaklah makan buah dan sayuran, atau juga bisa mengkonsumsi Buah yang Baik bagi Ibu Hamil Menjelang Persalinan dan jika diperlukan tambahkan multivitamin yang bisa anda konsumsi namun tetap harus sesuai anjuran bidan atau dokter kandungan anda. Dan tidak lupa untuk tetap mencukupi waktu istirhata anda.
  4. Menikmati Gerakan Nikmat yang Sehat
    Beberapa gerakan sehat yang bisa membantu anda dalam meningkatkan energi kedalam tubuh anda, selain itu gerakan sehat seperti berolahraga ringan juga aman membantu anda dalam menjaga kondisi kesehatan, memiliki tubuh yang sehat membantu anda juga untuk tetap merasa nyaman. Nikmati saja gerakan ringan yang bermanfaat seperti anda melakukan jalan kaki dipagi hari, hal ini akan membuat pipi bersinar dan membuat ketengan dalam pikiran anda.
  5. Tertawa
    Selain akan membuang pikiran pikiran negatif anda, dengan tertawa juga akan memberikan manfaat bagi kesehatan anda. harus diketahui bahwasannya kecemasan dan juga kekhawatiran selama kehamilan akan berdampak buruk pada kesehatan, dan tertawa disini akan lebih menekankan rasa nyaman dalam menjaga kehamilan dan membuang pikiran cemas dan depresi saat kehamilan.
  6. Menikmati Hobi Selama Kehamilan.
    Melalukan kegiatan yang sama selama kehamilan tentunya akan membuat anda merasa bosan, sesekali anda dianjurkan untuk melakukan hobi anda. Suatu hal yang harus anda ketahui melakukan hobi selama kehamilan tentunya harus yang aman bagi ibu dan juga janin. Misalnya dengan mendengarkan musik kesukaan anda, berkebun, nonton. Hindari hobi atau kegiatan yang menguras energi apalagi yang membuat anda kelelahan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 19, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    Rahang Sakit

  • Oleh : Riza
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

    payudara

  • Oleh : Puput Adenia
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    assalamualaikum dok saya mau tanya, umur saya 17thn mau 18thn besok Januari tapi puting susu saya gak menonjol gitu gak bentuk gitu lah dok. apakah nanti itu masih bisa membentuk ya dok? dan umumnya puting susu itu membentuk pada umur berapa dok?

  • Oleh : Puput Adenia
  • Tanya Bidan