×

Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Bagikan Artikel :

Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam KandunganBidan Online,- Hadirnya si buah hati di tengah-tengah keluarga kecil anda tentunya akan membuat anda dan pasangan merasa sangat bahagia. Terlebih lagi jika memiliki anak yang pintar dan cerdas tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk para orang tua. Perkembangan otak janin faktanya di bentuk sejak kehamilan trimester pertama. Proses pembelahan sel dan perkembangan otak nyatanya telah di mulai sejak janin dalam kanduangan dan perlu anda tahu perkembangan yang optimal pada janin dalam kandungan dapat membuat bayi sehat juga cerdas.

Orang tua mana saja pasti bangga jika memiliki anak cerdas dengan IQ tinggi. Banyak para ibu hamil yang berharap jika kelak anaknya bisa menjadi anak cerdas dan pintar. Namun banyak para ibu hamil yang justru berpikiran jika anak cerdas dan pintar hanya dapat di bentuk setelah anak lahir. Anggapan tersebut tentunya tidak benar nyatanya kecerdasan anak dapat di bentuk sejak dalam kandungan.

Perkembangan otak pada anak sudah mulai terjadi sejak anak dalam kandungan. Otak memerlukan kebutuhan oksigen yang lebih banyak juga asupan nutrisi jika di bandingkan dengan organ lainnya. Pada masa kehamilan sangat penting memenuhi asupan nutrisi bukan hanya agar bayi lebih sehat namun juga dapat membuat bayi lebih cerdas. Ada beberapa tips ibu hamil agar bayi cerdas sejak dalam kandungan yang bisa di lakukan.

Memenuhi asupan nutrisi
Asupan nutrisi memang sangat dibutuhkan para ibu hamil untuk menunjang kesehatan ibu dan janin. Namun tidak hanya itu nyatanya asupan nutrisi pada ibu hamil juga sangat baik untuk perkembangan otak janin. Nutrisi untuk otak bisa ibu hamil dapatkan dari vitamin otak yang di resepkan oleh dokter kandungan anda ataupun dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan DHA juga omega 3 seperti pada ikan sarden, salmon, juga tuna. Memenuhi asupan DHA dan Omega 3 pada saat hamil tidak hanya dapat membuat anak lebih cerdas namun juga dapat melindungi ibu hamil dari serangan berbagai penyakit.

Konsumsi makanan bergizi tinggi
Banyak para pakar kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari bagi ibu hamil. Tentu saja bukan tanpa alasan berbagai makanan beragam dan bergizi yan di konsumsi ibu hamil dapat memenuhi asupan nutrisi harian bagi ibu dan janin. Makanan yang mengandung protein tinggi salah satunya daging. Juga ibu hamil juga sangat di sarankan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang akan kandungan vitamin terutama kandungan vitamin A, B, juga C. Jangan lupa juga selalu memebuhi asupan nutrisi lainnya yang sangat berperan penting dalam perkembangan otak janin seperti omega 3, asam folat, DHA, juga zat besi.

Hindari makanan instan
Tahukah bunda jika makanan instan sangat berdampka buruk bagi perkembangan otak janin. Makanan instan banyak mengandung bahan pengawet, pewarna, juga pemanis yang apabila di konsumsi ibu hamil akan berdampak bagi kesehatan ibu dan janin. Sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan segar yang alami untuk menunjang perkembangan otak janin bekerja lebih optimal.

Musik klasik
Tidak hanya dari faktor asupan makanana saja, nyata agar janin lebih cerdas sejak dalam kandungan bisa di lakukan melalui berbagai rasangan. Mendengarkan musik klasik ataupun mendengarkan lantunan ayat al-Quran dapat merangsang perkembangan otak janin dalam kandungan. Meskipun sampai saat ini belum ada kepastian jika musik klasik dapat membuat janin lebih cerdas namun sudah banyak para ibu hamil yang melakukannya. Bahkan tidak sedikit juga yang berhasil mendapatkan anak yang cerdas dan sehat. Maka tidak ada salahnya bukan mencoba yang terbaik untuk buah hati anda.

Komunikasi
Ajak janin dalam kandungan untuk berkomunikasi. Terbukti percakapan ringan darisang ibu yang di lakukan secara rutin setiap pagi dan sore dapat merangsang perkembangan otak janin semakin optimal. Janin diatas 4 bulan nyatanya sudah bisa menangkap sinyal percakapan. Sambil melakukan percakapan ringan yang menyenangkan ibu hamil pun dapat melakukan rangsangan lainnya yaitu mengelus perut secara perlahan. Hal tersebut tentunya sangat membantu merangsang pembentukan sel otak janin dalam kandungan.

Berdoa
Tidak hanya dengan berbagai cara diatas lainnya. Nyatanya berdoa juga menjadi hal wajib ibu hamil lakukan. Dengan berdoa kepada tuhan memohon agar janin dalam kandungan tumbuh menjadi anak pintar dan sehat. Hal tersebut juga dapat membuat atmosfer postif pada ibu hamil dan menjadi sugesti terbaik bagi ibu hami.

Itulah beberapa tips agar bayi cerdas sejak dalam kandungan yang bisa anda lakukan. Tambahan lainnya banyak membaca juga refresing dapat membuat rangsangan otak janin dalam kandungan bekerja lebih optimal.

Baca juga ratikel lainnya:

Related Posts :

    Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil
    Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil
    Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Atau Janin Putih Bersih
    5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
    6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 14, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keluar darah di vagina

  • Oleh : Mia Ilmiyah agus pratiwi
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu saya tadi habis cuci baju keluar darah bu sedikit . Apa faktor kecapean atau gimana ya.

    Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Mengenai PD

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Habis buka youtube gak sengaja sih kak ada curhatan ibu ibu yang sama kayak saya alami, selama menyusui kalau telat menyusui kadang mrongkol sering bermasalah kak, kemaren kok ada dikasih obat boleh minta pendapatnya.

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • Sakit di daerah perut kiri bawah

  • Oleh : Febri Putri
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu bidan , beberapa waktu lalu aku merasakan sakit perut dibawah sblh kiri Sampek kekaki dan beberapa hari ini sakitnya kumat lagi dan keputihan berwarna kuning , tolong di jawab yaa dok ??

    Tanda awal kehamilan

  • Oleh : I made oka putra Wirawan
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi
    Saya mau tanya..tanda tanda awal kehamilan seperti apa.?
    Istri saya awal haid tgl 5januari 2020..siklus bisa 28 dan 30hari..pas tgl 16januari 2020 saya cek pakai alat ovulasi tetnyata positif..dan kami melakukan hub suami istri…
    Dari tgl 23 januari perut sebelah kiri bawah mulai kram2 sampai saat ini..kadang2 kram sampai ke punggung dan bagian tengah perut bawah..serta susah BAB dan sering buang gas..
    Tapi sampai sekarang belum ada nyeri d payudara..
    Apa mungkin istri saya hamil.?

    Terima kasih..

    Tanya Bidan