×

Tips Memilih Nutrisi Yang Tepat Selama Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Kebutuhan nutrisi penting bagi setiap orang, termasuk ibu hamil. Selain menjaga kesehatan ibu, nutrisi juga berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin, harus sesuai dengan usia kandungan ibu hamil. Sumber makanan yang baik diantaranya dengan kandungan asam folat yang amat sangat penting di awal-awal kehamilan. Jika kehamilan memasuki trimester kedua, makanan bernutrisi yang penting adalah makanan dengan kandungan zat besi. Dan terakhir, jika kehamilan sudah mencapai trimester ketiga, yang harus terpenuhi adalah kebutuhan nutrisi karbohidrat dan vitamin yang dapat mendukung proses persalinan kelak.

Nah kali ini, Curhat Bidan akan berbagi sedikit informasi yang semoga dapat membantu Anda tentang nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil tentang Tips Memilih Nutrisi Yang Tepat Selama Masa Kehamilan.



Sedikit informasi tentang kehamilan dan nutrisi ibu hamil, bahwa usia kehamilan dikatakan sebagai tolak ukur dokter kandungan untuk mengetahui bagaimana kondisi janin dalam pertumbuhannya. Dengan usia kehamilan, juga dapat terprediksi kapan janin siap lahir.

  1. Kebutuhan nutrisi pada usia kehamilan trimester pertama.

Di kehamilan trimester pertama, kehamilan organ janin baru saja terbentuk. Setelah terjadinya pembuahan, peredaran darah juga mulai berkembang. Nah, peredaran darah ibu hamil ke janin ini sekaligus mengangkut nutrisi dan oksigen. Terlebih lagi, pertumbuhan dan perkembangan janin sangat tergantung dari asupan nutrisi yang didapat ibu. Dan nutrisi yang tepat saat tersebut adalah kebutuhan asam folat.

Manfaat dari memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil mencegah bayi mengalami kecacatan pada tabung saraf yang seringkali bermasalah saat awal-awal kehamilan. Selain itu, terpenuhinya kebutuhan asam folat saat hamil juga mencegah janin mengalami berat badan rendah saat lahir, mencegah adanya celah bibir dan langit-langit (bibir sumbing), mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

Untuk mengetahui seberapa tepat jumlah dari nutrisi asam folat yang ibu hamil butuhkan, 400 mcg untuk ibu yang merencanakan kehamilan, 600 mcg untuk usia kehamilan trimester kedua.

  • Kebutuhan nutrisi pada usia kehamilan trimester kedua.

Saat tiba usia kehamilan trimester kedua morning sickness pada ibu hamul akan berkurang. Perut yang semakin membesar, juga menyebabkan ibu hamil mengalami beberapa keluhan kehamilan. Tidak hanya itu, akibat dari tumbuh kembang janin di dalam kandungan yang semakin pesat, penyempurnaan organ penting harus didukung dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi kehamilan. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Pemenuhan zat nutrisi ibu hamil pada trimester kedua, dijelaskan diatas adalah zat besi. Zat besi, berperan penting dalam pertumbuhan janin. Kebutuhan nutrisi zat besi selama kehamilan, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu, juga mencegah terjadinya anemia yang terkadang dialami oleh ibu hamil. Zat besi juga berperan untuk membantu menyediakan kebutuhan Oksigen dan sel untuk energi dan pertumbuahan.

  • Kebutuhan nutrisi pada usia kehamilan trimester akhir.

Selain kesehatan fisik, ibu hamil juga harus memperhatikan kesehatan psikis saat menjelang persalinan nanti. Ibu hamil yang baru pertama kali melahirkan, bisa saja mengalami kondisi tekanan psikis akibat ketakutan tersendiri, dan hal lainnya.

Persiapan ibu hamil selain psikis juga yang harus diperhatikan adalah energi. Ibu hamil juga akan merasakan lelah yang sangat sering intensitasnya dikarenakan kondisi kandungan yang semakin membesar. Solusinya adalah konsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat dan Protein seimbang.

Keluhan yang biasa dialami ibu hamil saat usia kehamilan trimester ketiga adalah Sembelit. Maka dari itu, cara mengatasinya adalah dengan konsumsi makanan seperti sayur dan buah yang mengandung banyak serat.

Pada trimester ketiga, kondisi janin sudah terbentuk sempurna. Dan biasanya, jnain akan lahir pada usia kehamilan dalam 40 minggu, dan bisa lebih. Asupan nutrisi yang baik sangat diperlukan untuk menyeimbangkan serta menyempurnakan tumbuh kembang janin.

Related Posts :

    Semoga bermanfaat, salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 2 tahun yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    Apakah yang terjadi dalam tubuh saya?

  • Oleh : Eli Widya
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bu bidan, hpht saya 17 januari, pada 18 feb keluar lendir seperti ovulasi, tanggal 20-24 saya flek coklat sedikit. Tanggal 25 saya HB setelah HB keluar darah segar lumayan banyak, tapi tidak sebanyak mens biasa nya,hal itu terjadi 3 hari. Tanggal 2 Maret saya HB lagi, dan keluar darah lagi, tapi lebih sedikit dari tanggal 25.,akhir akhir ini saya sering pusing, menggigil,tidak nafsu makan, dan terkadang mual muntah.kenapa ya bu? Apa saya hamil?

    Menghitung usia kehamilan

  • Oleh : Irfan L
  • 8 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Istri saya haid terakhir tgl 2 januari. Kami berhubungan tgl 3 februari. Dalam rentang waktu itu istri saya blum haid. Dia skrng tengah hamil brp usia kehamilanya dok.?
    Usia janinya brp dok.? Terima kasih

  • Oleh : Irfan L
  • Melakukan hubungan suami istri di luar masa subur

  • Oleh : Vita Ratnasari
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

    Keputihan

  • Oleh : Lina Desiyanti
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu saya ko keputihannya kaya kecampur darah ya,kentel lagi cairannya

    Tanya Bidan