×

Tips Mencegah Serangan Penyakit Di Musim Hujan Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Saat musim hujan datang, terkadang sebagian besar orang-orang akan rentan terkena penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah. Pun begitu pada ibu hamil. Ibi hamil juga rentan terkena penyakit pada musim hujan dikarenakan kondisi daya tahan tubuh menurun.

Related Posts :

    Bedanya, pada ibu hamil kondisi tersebut tidak boleh diabaikan. Sebab, penurunan daya tahan tubuh pada ibu, akan menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga ibu hamil harus berupaya setidaknya untuk mencegah serangan penyakit di musim hujan dengan beberapa langkah yang tepat. Contoh masalah kesehatan pada ibu hamil yang terkadang terjadi saat musim hujan, diantaranya mual dan muntah, flu, infeksi dada dan Bronchiolitis.

    Penyakit yang muncul akibat perubahan cuaca di musim hujan yang umum terjadi tidak lain adalah flu. Flu pada ibu hamil, menyebabkan ibu mengalami pilek, penurunan nafsu makan, badan menggigil dan batuk. Perlu ibu hamil waspadai bahwa flu, bersumber dari infeksi virus pada jaringan lunak di hidung. Selain Flu, gangguan kesehatan lainnya yang dapat terjadi pada ibu hamil adalah merasakan nyeri di otot, mual dan muntah, kram perut, dan lesu. Pada kasus gangguan kesehatan yang lebih parah, yaitu mengalami Bronchiolitis, dapat menyebabkan ibu hamil mengalami sesak napas di bagian dada, dan juga timbul rasa nyeri. Untuk itu, sebelum kondisi tersebut terjadi, Anda sebagai ibu hamil perlu mengetahui beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi tersebut.

    Berikut ini adalah Tips Mencegah Serangan Penyakit Di Musim Hujan Untuk Ibu Hamil yang tidak ada salahnya untuk dilakukan.

    1. Sedia payung, jika akan keluar rumah di musim hujan.

    Persiapan yang dilakukan ibu hamil saat musim hujan, sediakan payung saat merencanakan bepergian. Payung bisa melindungi Anda dari hujan. Namun, jika kondisinya Anda lupa membawa payung dan sudah kehujanan, jika telah sampai tempat tujuan sebaiknya segera mandi dan keramas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi air hujan yang tidak bersih di tubuh, karena air hujan tercemar kandungan polusi yang dapat berpengaruh pada daya tahan tubuh.

    2. Lemon hangat dan madu.

     Akibat flu yang terjadi saat musim hujan pada ibu hamil, akhirnya malah membuat kesehatan ibu menurun dan gampang lesu. Nah, untuk menghindarinya, tidak ada salahnya jika ibu mengkonsumsi minuman hangat yang sehat, yaitu yang terdiri dari lemon hangat dan madu sehingga dengan manfaat dari keduanya dapat meredakan sakit di tenggorokan akibat flu.

    3. Menjaga kebersihan dan kesehatan tangan.

    Bahaya air hujan pada ibu hamil diantaranya adalah penyebaran kuman dan bakteri sehingga menimbulkan masalah kesehatan pencernaan yaitu Diare. Untuk menghindari ini, ibu bisa memulai dengan memastikan mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktifitas. Dengan membiasakan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, dapat membantu Anda terhindar dari resiko penyakit infeksi virus dan bakteri.

    4. Istirahat yang cukup.

    Dalam kondisi hamil, biasanya ibu akan merasakan mudah lelah. Hal ini wajar saja, dan sebaiknya luangkan sedikit waktu pada siang hari untuk beristirahat. Ibu hamil yang terlalu lelah dikhawatirkan akan menyebabkan dirinya tertekan dan malah meningkatkan resiko gangguan kesehatan di musim hujan. Dengan beristirahat maksimal 30 menit di siang hari, akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Jiak ibu hamil adalah seorang pekerja kantoran, Anda bisa mengambil waktu 10-15 menit saja untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda. Buatlah tubuh senyaman mungkin saat sedang beristirahat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 18, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penyebab Terjadinya Pendarahan

  • Oleh : Riana
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil usia kandungan 27 minggu, dengan usia kandungan saya yang masih muda saya menghawatirkan terjadinya pendarahan. yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya pendarahan ? Terimakasih

    Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • Testpack positif apakah saya hamil

  • Oleh : Vita Putri Anggraeni
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok
    Saya vita, ingin bertanya sudah satu bulan ini saya belum haid kemudian saya testpack dan ternyata positif apakah benar saya hamil

    Mohon dijawab ya dok
    Terima kasih

  • Oleh : Vita Putri Anggraeni
  • Sekret vagina yeast Cell positif

  • Oleh : Eka Rosla
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu maav saya mau tanya.. kemarin saya periksa pengecatan gram keputihan hasilnya : epitel squamos :5-10/lpk leukosit :>100/lbp, dominasi MN kuman: batang, gram negatif clue Cell :negatif yeast Cell :positif.. ini maksudnya bagaimana ya Bu.. mohon penjelasan dan solusinya

    .

  • Oleh : Yola
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assallamuallaikum bu bidan … Umur saya 24 tahun . Saya ingin bertanya kalau jari telunjuk masuk ke vagina karena kecolok gitu sampe menyebabkan keluar darah sedikit apakah itu bisa di katakan bahwa saya sudah tidak perawan lagi bu bidan karena keluar darah sedikit .?? saat ini status saya belum menikah . Dan blm pernah berhubungan badan apalagi sampai penis masuk ke vagina. Tapi akhir2 ini saya jadi sering merasakan kentut lewat vagina . Itu kenapa yah bu bidan ? Apa tandanya saya sudah tidak perawan lg krn kentut nya bisa keluar lewat vagina. Tolong di jawab ya bu bidan Terimakasih

  • Oleh : Yola
  • Tanya Bidan