×

Tips Mencegah Serangan Penyakit Di Musim Hujan Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Saat musim hujan datang, terkadang sebagian besar orang-orang akan rentan terkena penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah. Pun begitu pada ibu hamil. Ibi hamil juga rentan terkena penyakit pada musim hujan dikarenakan kondisi daya tahan tubuh menurun.

Bedanya, pada ibu hamil kondisi tersebut tidak boleh diabaikan. Sebab, penurunan daya tahan tubuh pada ibu, akan menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga ibu hamil harus berupaya setidaknya untuk mencegah serangan penyakit di musim hujan dengan beberapa langkah yang tepat. Contoh masalah kesehatan pada ibu hamil yang terkadang terjadi saat musim hujan, diantaranya mual dan muntah, flu, infeksi dada dan Bronchiolitis.

Penyakit yang muncul akibat perubahan cuaca di musim hujan yang umum terjadi tidak lain adalah flu. Flu pada ibu hamil, menyebabkan ibu mengalami pilek, penurunan nafsu makan, badan menggigil dan batuk. Perlu ibu hamil waspadai bahwa flu, bersumber dari infeksi virus pada jaringan lunak di hidung. Selain Flu, gangguan kesehatan lainnya yang dapat terjadi pada ibu hamil adalah merasakan nyeri di otot, mual dan muntah, kram perut, dan lesu. Pada kasus gangguan kesehatan yang lebih parah, yaitu mengalami Bronchiolitis, dapat menyebabkan ibu hamil mengalami sesak napas di bagian dada, dan juga timbul rasa nyeri. Untuk itu, sebelum kondisi tersebut terjadi, Anda sebagai ibu hamil perlu mengetahui beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi tersebut.

Berikut ini adalah Tips Mencegah Serangan Penyakit Di Musim Hujan Untuk Ibu Hamil yang tidak ada salahnya untuk dilakukan.

1. Sedia payung, jika akan keluar rumah di musim hujan.

Persiapan yang dilakukan ibu hamil saat musim hujan, sediakan payung saat merencanakan bepergian. Payung bisa melindungi Anda dari hujan. Namun, jika kondisinya Anda lupa membawa payung dan sudah kehujanan, jika telah sampai tempat tujuan sebaiknya segera mandi dan keramas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi air hujan yang tidak bersih di tubuh, karena air hujan tercemar kandungan polusi yang dapat berpengaruh pada daya tahan tubuh.

Related Posts :

    2. Lemon hangat dan madu.

     Akibat flu yang terjadi saat musim hujan pada ibu hamil, akhirnya malah membuat kesehatan ibu menurun dan gampang lesu. Nah, untuk menghindarinya, tidak ada salahnya jika ibu mengkonsumsi minuman hangat yang sehat, yaitu yang terdiri dari lemon hangat dan madu sehingga dengan manfaat dari keduanya dapat meredakan sakit di tenggorokan akibat flu.

    3. Menjaga kebersihan dan kesehatan tangan.

    Bahaya air hujan pada ibu hamil diantaranya adalah penyebaran kuman dan bakteri sehingga menimbulkan masalah kesehatan pencernaan yaitu Diare. Untuk menghindari ini, ibu bisa memulai dengan memastikan mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktifitas. Dengan membiasakan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, dapat membantu Anda terhindar dari resiko penyakit infeksi virus dan bakteri.

    4. Istirahat yang cukup.

    Dalam kondisi hamil, biasanya ibu akan merasakan mudah lelah. Hal ini wajar saja, dan sebaiknya luangkan sedikit waktu pada siang hari untuk beristirahat. Ibu hamil yang terlalu lelah dikhawatirkan akan menyebabkan dirinya tertekan dan malah meningkatkan resiko gangguan kesehatan di musim hujan. Dengan beristirahat maksimal 30 menit di siang hari, akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Jiak ibu hamil adalah seorang pekerja kantoran, Anda bisa mengambil waktu 10-15 menit saja untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda. Buatlah tubuh senyaman mungkin saat sedang beristirahat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 18, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • kebidanan

  • Oleh : Rosita
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya

    Testpack garis 2 tetapi samar

  • Oleh : Ira Wati
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, saya mau nanya, saya sudah melakukan testpack garisnya ada 2 tapi yg 1 samar 1 nya jelas, itu artinya apa ya bu? Kalau memang artinya saya positif hamil, kira” kapan saya harus periksa ke bidan atau USG ke dokter kandungan? Terima kasih.

    kesehatan

  • Oleh : arif sumirat
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    apakah efek negatif onani setiap hari? mohon jawaban nya bidan

    Konsultasi

  • Oleh : Nofi Ariyanti
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum ibu bidan, jika haid saya tanggal nya tdk teratur, dan ketika cek sperma suami sy ternyata oligoasthenoteratozoospermia (oat), apakah sy dan suami masih bisa memiliki momongan dg cara promil alami??

    Tanya Bidan