×

Tips Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Keluhan ibu hamil itu unik dan beragam ya bun? Sudah pernah mengalaminya? Jika belum Anda harus bersiap-siap karena yang namanya keluhan pasti tidak akan membuat nyaman dan bisa-bisa membuat kondisi kesehatan dan kehamilan memburuk.

Salah satu keluhan yang sangat umum terjadi pada ibu hamil tidak lain adalah malas makan akibat kehilangan nafsu makannya. Apa sih yang menyebabkan ibu hamil bisa mengalami kehilangan nafsu makan? Padahal yang kita tahu, ibu hamil ini kalau makan justru minta makanan yang aneh-aneh efek dari ngidam yang dialaminya.

Ada beberapa penyebab yang mempengaruhi ibu hamil kehilangan nafsu makannya. Diantaranya adalah HcG, ketegangan yang dialami ibu hamil, faktor tumbuh bayi dalam kandungan, ibu hamil menjadi lebih pemilih dalam makanan, gangguan enzim, faktor psikis dan gangguan metabolisme glikogen hati.


Baca : Penyebab Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil

Jika sudah seperti ini bagaimana ibu hamil bisa mendapatkan gizi dan nutrisi untuk bayi di dalam kandungannya jika makan saja tidak berselera. Tapi jangan khawatir, karena kami disini akan membantu Anda dan memberikan tips sederhana tentang bagaimana cara menangani hilangnya nafsu makan pada ibu hamil. Ini dia selengkapnya :

1. Usahakan ibu mendapatkan air minum yang cukup.

Pastikan agar ibu hamil mendapat kebutuhan asupan cairan di dalam tubuhnya dengan cukup. Sebab ini penting, karena dengan mencukupi kebutuhan cairan bunda, nafsu makan akan terjaga dengan baik dan tidak akan meraskan malas saat sudah waktunya makan tiba.

2. Konsumsi makanan secukupnya, dan tidak berlebihan.

Bunda ingat, walaupun makanan bergizi memang sangat dibutuhkan untuk memperkuat kondisi ibu dan juga bayi di dalam kandungannya, makan tetap dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan. Sebab jika makan terlalu kenyang, bunda akan merasakan mual dan bisa berakhir dengan muntah. Untuk itu, direkomendasikan para ahli kesehatan ibu hamil sebaiknya mengatur pola makan menjadi enam kali sehari namun dalam porsi yang kecil.

3. Menghindari konsumsi makanan berbau tajam dan menyengat.

Related Posts :

    Kehilangan nafsu makan salah satu penyebab umumnya adalah bunda yang tidak suka dengan bau/aroma makanan yang tajam dan menyengat. Untuk itu sebaiknya jauhkan dan hindari mengkonsumsi makanan tersebut termasuk makanan pedas, makanan berlemak dan berbau amis.

    Direkomendasikan agar ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan sehat kayak gizi dan nutrisi untuk membantu kehamilan tetap terjaga, dan janin di dalam kandungan tetap berkembang secara normal sampai tiba kelahirannya.

    Semoga Tips Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Pada Ibu Hamil yang terbit hari ini dalam website Curhat Bidan dapat bermanfaat untuk para pengunjung setia website kami ini. Salam sejahtera dan sehat selalu bunda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 23, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara Menjaga Kesehatan ibu dan janin selama hamil

  • Oleh : beau8469306441
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya Nandini dan saat ini saya tengah hamil memasuki minggu ke 6. Bagi seorang ibu yang menginginkan kehamilannya tetap sehat, terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada janin. Apa yang seharusnya saya konsumsi. Mohon jawabannya.

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Benjolan Bawah Dagu

  • Oleh : Rennym
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    kesuburan

  • Oleh : Nenden Mustika
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Ibu saya ingin bertanya,,saya ingin sekali mempunyai momongan,apakah menstruasi saya di katakan normal kalau bulan
    januari menst tgl 10
    Febuari menst tgl 10
    Maret menst tgl 11 karena selama sebelum menikah dan sudah menikah jadwal menst saya tanggal tdk pernah berubah ubah,,terimakasih banyak atas jawabannya..

    Tanya Bidan