×

Tips Menjaga Kualitas Tidur Selama Kehamilan

Bagikan Artikel :

Tips Bidan,- Bunda, saat kehamilan gangguan tidur adalah salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi dan bahkan dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Kesulitan tidur pada ibu hamil ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya perubahan hormon dan fisik, rasa mual yang menyerang ibu hamil bahkan saat tertidur, seringnya buang air kecil, nyeri ulu hati dan sebagainya.

Karena hal demikianlah, banyak dari ibu hamil tidak mendapatkan kualitas tidur seperti biasanya. Padahal, tidur adalah kebutuhan yang sangat baik untuk ibu hamil. Jika ibu hamil sedang dalam situasi yang sama, tidak perlu khawatir. Kami akan berbagi seputar Tips Menjaga Kualitas Tidur Selama Kehamilan.

  • Memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Asupan makanan dan minuman seperti kopi, teh, dan cokelat yang meiliki kandungan kafein yang cukup tinggi, senyawa tersebut justru mampu meningkatkan kesiagaan dan kemampuan otak untuk fokus dan berkonsentrasi. Dengan kata lain, saat tubuh seseorang termasuk ibu hamil menerima banyak kafein, hal ini justru menyebabkan mereka kesulitan untuk masuk pada fase tidur nyenyak.

Untuk itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi, terutama pada sore hari dan malam hari. Pilihlah asupan itu dengan baik dan pastikan itu tidak mengandung kandungan kafein yang tinggi. Tips lainnya agar ibu hamil lebih mudah terlelap adalah disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang produksi hormon melatonin pada tubuh, yaitu buah ceri, kacang almond, oats, dan susu.

  • Tetap aktif berolahraga walaupun sedang hamil.

Berolahraga membuat tubuh terasa segar dan bugar karena proses metabolisme dalam tubuh berjalan lebih lancar. Ibu hamil juga disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin agar membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh.

Selain baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan, peredaran darah yang lancar juga membuat Ibu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas karena berolahraga dapat mengurangi risiko terjadinya kram kaki yang sering mengganggu tidur Ibu di malam hari. Namun ingat, pilihlah olahraga yang aman untuk ibu hamil.

  • Menenangkan pikiran dan hindari hal-hal yang bisa membuat stress.

Seiring bertambahnya usia kandungan ibu, akan ada banyak kekhawatiran jelang proses persalinan yang dapat menganggu pikiran ibu, benar? Apalagi jika momen kehamilan kali ini merupakan pengalaman pertama. Walaupun terbilang wajar, namun jangan biarkan kekhawatiran tersebut berlangsung lebih lama ya bunda. Sebab jika tidak ditangani dengan baik, hal ini justru memicu stress sehingga Ibu kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk menenangkan pikiran dari stress yang melanda, Ibu dianjurkan untuk mengungkapkan keluh kesah dan kekhawatiran yang dirasakan kepada suami dan orang-orang terdekat. Hal ini dapat membantu Ibu terhindar dari perasaan terbebani seorang diri. Dengan begitu kondisi psikologis Ibu akan lebih tenang dan stabil sehingga Ibu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

  • Atur posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil.

Seiring berjalannya usia kehamilan, semakin membesarnya pula ukuran perut ibu hamil. Ibu hamil pun perlu untuk menyesuaikan posisi tidur supaya tubuh merasa nyaman saat berbaring, namun tetap tidak membahayakan janin. Dalam hal ini, tidur dengan posisi miring ke kiri jadi rekomendasi yang disarankan para ahli, terutama sejak kehamilan Ibu menginjak trimester kedua. Dengan posisi tidur miring ke kiri akan membantu aliran darah di tubuh Ibu tetap lancar selama tidur, Selain itu, manfaatnya juga dapat mencegah Ibu dari risiko kram dan kesemutan yang mengganggu. Posisi tidur miring ke kiri juga ini juga membuat nutrisi ke plasenta dan janin terdistribusi dengan baik sehingga pertumbuhan janin lebih optimal. Namun, jika tubuh Ibu mulai merasa pegal karena terlalu lama miring ke kiri, Ibu diperbolehkan mengganti posisi tidur menjadi miring ke kanan.

Itu dia, tips-tips yang bisa ibu hamil terapkan mulai saat ini agar mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas. Semoga bermanfaat ya bunda, salam!

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 21, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Organ Kewanitaan

  • Oleh : Luluk Atul Alia
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat malam dok
    Mau tanya, akhir akhir ini aku keputihan bercampur lendir being gitu dok, bau agak menyengat tp tdk berubah warna tetap kental seperti susu, tp maaf sebelumnya dok, lubang vagina tempat untuk memasuki penis itu punyaku kenapa berwarna pucat ya dok? Tolong penjelasannya

    Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Letak janin

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang.. Maaf mau tanya,saya hamil 18 week,terus di bagian kolom letak janin,di isi TEGANG,itu maksudnya gmna yah ..

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • Bayi diberi MPASI sebelum 6 bulan

  • Oleh : Hani fahrunnisa
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Tanya Bidan