Tips Menjaga Kualitas Tidur Selama Kehamilan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tips Bidan,- Bunda, saat kehamilan gangguan tidur adalah salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi dan bahkan dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Kesulitan tidur pada ibu hamil ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya perubahan hormon dan fisik, rasa mual yang menyerang ibu hamil bahkan saat tertidur, seringnya buang air kecil, nyeri ulu hati dan sebagainya.

    Karena hal demikianlah, banyak dari ibu hamil tidak mendapatkan kualitas tidur seperti biasanya. Padahal, tidur adalah kebutuhan yang sangat baik untuk ibu hamil. Jika ibu hamil sedang dalam situasi yang sama, tidak perlu khawatir. Kami akan berbagi seputar Tips Menjaga Kualitas Tidur Selama Kehamilan.

    • Memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

    Asupan makanan dan minuman seperti kopi, teh, dan cokelat yang meiliki kandungan kafein yang cukup tinggi, senyawa tersebut justru mampu meningkatkan kesiagaan dan kemampuan otak untuk fokus dan berkonsentrasi. Dengan kata lain, saat tubuh seseorang termasuk ibu hamil menerima banyak kafein, hal ini justru menyebabkan mereka kesulitan untuk masuk pada fase tidur nyenyak.

    Untuk itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi, terutama pada sore hari dan malam hari. Pilihlah asupan itu dengan baik dan pastikan itu tidak mengandung kandungan kafein yang tinggi. Tips lainnya agar ibu hamil lebih mudah terlelap adalah disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang produksi hormon melatonin pada tubuh, yaitu buah ceri, kacang almond, oats, dan susu.

    • Tetap aktif berolahraga walaupun sedang hamil.

    Berolahraga membuat tubuh terasa segar dan bugar karena proses metabolisme dalam tubuh berjalan lebih lancar. Ibu hamil juga disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin agar membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh.

    Selain baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan, peredaran darah yang lancar juga membuat Ibu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas karena berolahraga dapat mengurangi risiko terjadinya kram kaki yang sering mengganggu tidur Ibu di malam hari. Namun ingat, pilihlah olahraga yang aman untuk ibu hamil.

    • Menenangkan pikiran dan hindari hal-hal yang bisa membuat stress.

    Seiring bertambahnya usia kandungan ibu, akan ada banyak kekhawatiran jelang proses persalinan yang dapat menganggu pikiran ibu, benar? Apalagi jika momen kehamilan kali ini merupakan pengalaman pertama. Walaupun terbilang wajar, namun jangan biarkan kekhawatiran tersebut berlangsung lebih lama ya bunda. Sebab jika tidak ditangani dengan baik, hal ini justru memicu stress sehingga Ibu kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas.

    Untuk menenangkan pikiran dari stress yang melanda, Ibu dianjurkan untuk mengungkapkan keluh kesah dan kekhawatiran yang dirasakan kepada suami dan orang-orang terdekat. Hal ini dapat membantu Ibu terhindar dari perasaan terbebani seorang diri. Dengan begitu kondisi psikologis Ibu akan lebih tenang dan stabil sehingga Ibu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

    • Atur posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil.

    Seiring berjalannya usia kehamilan, semakin membesarnya pula ukuran perut ibu hamil. Ibu hamil pun perlu untuk menyesuaikan posisi tidur supaya tubuh merasa nyaman saat berbaring, namun tetap tidak membahayakan janin. Dalam hal ini, tidur dengan posisi miring ke kiri jadi rekomendasi yang disarankan para ahli, terutama sejak kehamilan Ibu menginjak trimester kedua. Dengan posisi tidur miring ke kiri akan membantu aliran darah di tubuh Ibu tetap lancar selama tidur, Selain itu, manfaatnya juga dapat mencegah Ibu dari risiko kram dan kesemutan yang mengganggu. Posisi tidur miring ke kiri juga ini juga membuat nutrisi ke plasenta dan janin terdistribusi dengan baik sehingga pertumbuhan janin lebih optimal. Namun, jika tubuh Ibu mulai merasa pegal karena terlalu lama miring ke kiri, Ibu diperbolehkan mengganti posisi tidur menjadi miring ke kanan.

    Itu dia, tips-tips yang bisa ibu hamil terapkan mulai saat ini agar mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas. Semoga bermanfaat ya bunda, salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - January 21, 2017
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    saya mau tanya ni bu bidan, sudah lebih dari satu bulan ini saya tidak menstruasi, apakah ini awal mula tanda-tanda kehamilan ?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Cherma

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Dijawab Oleh : Cherma
    Diskusi Dari:
    wastini

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya istri saya mengalami haid yang tidak lancar setelah melahirkan namun di awal nipas haid istri saya lancar-lancar saja. Dan setelah itu selama 3 bulan istri saya tidak haid juga mohon penjelasannya apakah ini normal?

    Dijawab Oleh : wastini
    Diskusi Dari:
    They Xantana Noeza

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

    Perlu Jawaban