Tips Sehat Menjaga Kehamilan Anak Kembar

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tidak sedikit para orang tua menginginkan bayi kembar. Alasannya, karena melahirkan bayi kembar terasa lebih lucu untuk dilihat. Namun, bagi orang tua yang kini tengah mengandung bayi kembar, sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatan diri dan kandungan. Bayi yang sehat saat lahir tentunya dipengaruhi oleh aktivitas serta kesehatan saat mengandung. Oleh karena itu, yuk kita kenali beberapa tips sehat menjaga kehamilan anak kembar.

    Tips Sehat Menjaga Kehamilan Anak Kembar


    Kurangi aktivitas berat atau berbahaya
    Sebenarnya ini berlaku bukan cuma buat ibu hamil anak kembar aja. Tapi berlaku untuk semua ibu hamil. Karena, pada masa-masa trimester awal merupakan awal pembentukan janin beserta organ-organ lain. Oleh karena itu, segala aktivitas yang bisa menyebabkan trauma atau keguguran sebaiknya dihindari.

    Hindari konsumsi obat
    Ini penting sekali, apalagi obat dari warung. Itu sangat berbahaya, sebaiknya Anda tinggalkan kebiasaan buruk itu selama kehamilan. Meski, hal itu tidak selamanya membuat seseorang keguguran, namun minum obat sembarangan bisa berisiko tinggi janin dalam kandungan mengalami cacat. Maka dari itu, jika Anda merasa tidak enak badan atau sakit, alangkah baiknya konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan.

    Cukupi asupan nutrisi
    Bagi ibu yang tengah mengandung bayi kembar, asupan nutrisi yang lengkap dan tercukupi sangat penting bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan, maka dari itu ibu mesti banyak makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Jika tidak, takutnya nanti akan menyebabkan terjadinya kekurangan nutrisi yang berdampak terganggunya pertumbuhan bayi, seperti: bobot tubuh bayi saat lahir rendah, dll.

    Selain itu, bagi seorang yang memiliki postur tubuh kecil berisiko memiliki bayi kecil. Hal ini bisa meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom gangguan napas, hipotermia atau kehilangan panas. Oleh karena itu, ibu dengan postur tubuh kecil harus lebih ekstra dalam pemenuhan gizi, serta mengurangi aktivitas berat agar asupan dan penggunaan energi dapat memenuhi untuk kedua bayi kembar Anda.

    Senam ibu hamil
    Saat hamil bisa bermanfaat untuk mempermudah rotasi bayi dalam kandungan serta mempermudah saat proses kelahiran nantinya. Maka dari itu, bagi ibu hamil perlu bertanya pada bidan atau dokter seputar senam hamil serta frekuensi untuk senamnya.

    Terjadi pertambahan bobot tubuh besar
    Semakin berkembangnya janin bisa membuat kandngan semakin membesar, hal ini tentunya bisa membuat bobot tubuh Anda juga bertambah semakin besar. Karena tidak heran jika bobot bayi kembar akan lebih besar dibandingkan dengan ibu hamil dengan janin tunggal. Bertambahnya bobot pada ibu menunjukkan bahwa perkembangan bayi terjaga dengan asumsi bahwa pertumbuhan tiap bayi dalam kandungan sama dengan bayi pada kehamilan tunggal normal.

    Lakukan terapi jika terjadi mual dan muntah
    Mual dan muntah atau morning sickness sering terjadi pada trimester awal kehamilan dan ibu hamil kembar memiliki risiko lebih tinggi terkena gejala morning sicknes serta terkadang tingkat kejadian mual dan muntah lebih tinggi dan lebih parah dibandingkan dengan ibu hamil bayi tunggal. Hal ini dipengaruhi oleh adanya hormon Chorionic gonadotropin (hCG). Semakin tinggi hCG, maka efek terjadinya mual dan muntah semakin tinggi. Hormon ini hanya didapatkan pada wanita hamil dan jumlahnya akan lebih tinggi pada ibu dengan kehamilan ganda atau hamil anggur.

    Oleh karena hal itulah, gejala mual muntah pada ibu hamil kembar tidak boleh dibiarkan karena bisa terjadi kekurangan nutrisi. Maka dari itu, ibu perlu melakukan terapi jika mual dan muntah terjadi secara terus menerus hingga menyebabkan tubuh lemah.

    Nah, bagi ibu hamil yang telah terdeteksi kembar, disarankan untuk memenuhi kecukupun gizi mereka, jangan sampai Anda kekurangan nutrisi karena bisa berdampak buruk bagi si janin. Semoga info ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 10, 2016
    Diskusi Dari:
    Jasmine Putri Mustofah

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Dijawab Oleh : Jasmine Putri Mustofah
    Diskusi Dari:
    Chika ELlo

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Dijawab Oleh : Chika ELlo
    Diskusi Dari:
    Tania

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Dijawab Oleh : Tania
    Diskusi Dari:
    ursulakimmel80

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

    Dijawab Oleh : ursulakimmel80
    Diskusi Dari:
    danilobecnel

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Dijawab Oleh : danilobecnel