Tips Sehat Tetap Menyusui Saat Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Kehamilan yang terjadi pada saat ibu masih menyusui tidak menjadi masalah kok Bunda. Yang terpenting adalah Bunda harus memantau terus asupan gizi dan nutrisi yang ibu konsumsi, juga tetap memenuhi kebutuhan air putih yang cukup bahkan setelah sang buah hati lahir nanti.

    Tubuh manusia memiliki sifat alami untuk mengerti bagaimana mencukupi kebutuhanya, termasuk saat ibu dalam kondisi hamil dan menyusui. Di saat yan gebrsamaan, tubuh bisa memberikan nutrisi kepada bayi yang berada di dalam kandungan, juga memproduksi ASI untuk anak yang sedang disusui. Sebagai ibu hamil, Anda hanya perlu menuruti bagaimana kebutuhan tubuh, seperti saat merasakan lapar, Bunda harus makan, dan minum saat merasa haus untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

    Faktanya, selama menyusui, kondisi ini dapat memicu kontraksi ringan di rahim. Namun kondisi ini bukanlah masalah besar selama Bunda tidak memiliki resiko melahirkan prematur. Selain itu, jika ibu memang memiliki resiko tersebut, ebagian besar kemungkinan dari dokter, mereka akan menyarankan untuk Bunda tidak memberi ASI selama kehamilan. Saran yang sama juga berlaku pada ibu yang pernah mengalami keguguran dan perdarahan saat hamil.

    Menghentikan pemberian ASI, jika

    Selama kehamilan, salah satu masalah kesehatan yang tidak membuat nyaman ibu adalah payudara yang sakit. Dan hal ini akan menghambat ibu yang juga sedang menyusui. Pikirkan kembali tentang menghentikan pemberian ASI pada anak. Jangan sampai, anak kekurangan nutrisi dari ASI, terlebih jika mereka masih dalam usia dibawah satu tahun.

    Namun, ada kemungkinan jika anak akan berhenti dengan sendirinya saat menyusui pada ibu yang sedang hamil. Terutama jika usia kehamilan telah mencapai 4 sampai 5 bulan. Dimasa-masa tersebut, akibat perubahan hormon kehamilan, akhirnya menyebabkan kinerja hormon pembuat ASI berubah menjadi kolostrum. Rasa ASI pun akan sedikit berbeda, dan membuat anak tidak menyukainya lagi.

    Bagi ibu hamil, menyusui saat dalam kondisi kehamilan akan terlihat sangat melelahkan. Namun, pilihan tetap ditangan Anda. Bagaimanapun tetap menyusui saat hamil adalah pilihan ibu sendiri, tapi jangan sampai ada salah satu pihak yang dikorbankan.

    Untuk itu juga harus mengetahui bagimana Tips Sehat Tetap Menyusui Saat Hamil.

    1. Dengan mengkonsumsi asupan gizi yang cukup.

    Bunda harus memenuhi kebutuhan asupan bayi yang sedang dalam masa menyusui, juga bayi yang berada di dalam kandungan. Maka dari itu, Bunda harus mendapatkan tiga kali lipat lebih banyak asupan gizi untuk memenuhi kebutuhan ketiganya. Apalagi jika anak yang masih menyusui, termasuk usia dibawah satu tahun yang masih memerlukan ASI, karena biasanya saat hamil secara perlahan kualitas ASI akan berkurang seiring dengan perubahannya akibat hormon kehamilan. Maka dari itu, disarankan untuk Bunda tetap memenuhi kebutuhan kandungan gizi dengan mengkonsumsi jenis makanan yang kaya kandungan Karbohidrat, Protein, Vitamin dan Mineral.

    2. Mengurangi aktivitas menggendong bayi saat hamil.

    Bagaimanapun memang walaupun Bunda masih memiliki anak yang masih kecil untuk digendong, sebaiknya kurangi. Karena kondisi ini bisa melelahkan ibu dan mencegah kandungan tertekan.

    3. Lebih banyak konsumsi makanan berserat.

    Ibu juga sangat perlu untuk meningkatkan asupan makanan berserat untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh, serta meningkatkan produksi ASI ketika menyusui saat hamil. Dengan memenuhi kebutuhan makanan berserat juga mencegah ibu dari gangguan sembelit.

    4. Cukupi kebutuhan air minum.

    Asupan cairan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan ketiga individu, yaitu Bunda sendiri, janin di dalam kandungan dan anak yang sedang disusui agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil yang sedang menyusui membawa dampak buruk bayi janin dan produksi ASI.

    5. Periksakan kehamilan secara rutin.

    Untuk memastikan bagaimana kondisi Bunda dan jann yang berada di dalam kandungan, sebaiknya periksakan rutin bagaimana kondisi ibu hamil.

    Tetap jaga kesehatan, dan penuhi kebutuhan gizi Bunda dan sang buah hati, salam.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 25, 2017
    Diskusi Dari:
    Mbak aty

    Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada yeast cell atau tidak

    Dijawab Oleh : Mbak aty
    Diskusi Dari:
    Luluk mukarromah

    halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

    terima kasih

    Dijawab Oleh : Luluk mukarromah
    Diskusi Dari:
    Indri Ekawaty

    Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

    Dijawab Oleh : Indri Ekawaty
    Diskusi Dari:
    Mohammad ikhsan

    Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

    Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani