×

Tips Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat Dan Selamat

Bagikan Artikel :

Impian setiap ibu hamil untuk melahirkan anak yang sehat dan selamat saat resmi menjadi ibu kelak. Maka dari itu, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh untuk menjaga kesehatan diri sendiri juga janin di dalam kandungan. Jika tidak, sudah banyak terjadi dalam beberapa kasus kehamilan yang menyebabkan penyakit yang diderita Bunda berpengaruh terhadap kesehatan janinnya.

Saat-saat komplikasi dalam kehamilan sebenarnya dapat terdeteksi lebih awal, dan diambil langkah-langkah preventif. Menurut dokter, komplikasi yang bisa terjadi pada ibu hamil tergantung pada jenis komplikasinya itu sendiri. Misalnya dalam blighted ovum, biasanya sudah bisa terdeteksi sejak usia kehamilan 8 minggu.

Preventif disini dimaksudkan sebagai suatu upaya atau langkah dari apa yang harus diambil agar janin dalam rahim dapat berkembang dengan baik dan dapat tumbuh menjadi anak yang sehat.

Dan berikut ini adalah beberapa Tips Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat Dan Selamat serta menghindari komplikasi kehamilan pada janin.


1. Menjaga kebersihan diri sendiri.

Dengan menjaga kebersihan Bunda, terutama organ intim agar terhindari dari keluhan keputihan. Selama ini keputihan hanya dianggap sebagai kondisi yang wajar-wajar saja sehingga tidak banyak wanita yang mewaspadai jika keputihan dengan ciri abnormal (lendir banyak, putih, berbau dan gatal) adalah ciri keputihan yang berbahaya. Keputihan tersebut terjadi akibat infeksi, dan kondisi ini bisa saja menyebabkan penularan infeksi pada janin di dalam kandungan. Maka dari itu, segera tanggap untuk mengobati keputihan dengan ciri-ciri yang tidak normal.

2. Lakukan cek prahamil.

Sebelum Anda benar-benar merencanakan kehamilan dan program-program kehamilan yang siap Anda jalani, ada baiknya terlebih dahulu untuk mengikuti langkah-langkah pemeriksaan dalam pengecekan kesehatan seperti test gula darah, TORCH dan penyakit lainnya. Mengapa hal ini dilakukan? Tujuannya tentu saja untuk mendeteksi kemungkinan-kemungkinan adanya kelainan dan penyakit yang telah bersarang di dalam tubuh ibu hamil. Dengan begitu, semuanya dapat terdeteksi lebih awal, dan penanganan cepat dilakukan sebelum akhirnya melaksanakan program kehamilan tanpa kuatir apapun.

3. Menerapkan pola hidup sehat.

Ibu hamil biasanya melewati fase ngidam. Ngidam yang dialami oleh hampir semua wanita hamil bisa jadi malah menyebabkan Bunda tidak memperhatikan asupan makanan karena keinginan Bunda mengkonsumsi makanan beragam dan tidak semua jenis makanan sehat yang diinginkan. Untuk itu, cobalah agar Bunda mengatur pola makan dengan baik dan sebisa mungkin tetap cukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Dan jangan lupa didukung dengan rajin berolahraga.

4. Melakukan cek rutin saat hamil.

Pengecekan rutin saat hamil sebaiknya dilakukan sejak dini dan berkala, guna mengetahui apakah Bunda mengandung janin yang sehat dan baik dalam perkembangannya. Atau apakah rahim Bunda cukup kuat, dan lain-lain. Segera tentukan jadwal untuk cek rutin dengan dokter kandungan atau Bidan yang Anda percayai.

Yang tetap perlu diingat Bunda, jalani kehamilan dengan santai, tenang, aman dan nyaman. Tidak perlu selalu was-was untuk kejaidan apapun, juga jangan mudah terpegaruh mitos-mitos seputar kehamilan yang beredar karena tidak semua mitos tentang kehamilan benar. Kuncinya, selalu berkonsultasikan dengan para ahli seperti dokter kandungan atau bidan.

Itu saja, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Nantikan informasi lainnya seputar kehamilan dan tips-tips ibu hamil hanya di Curhat Bidan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 7, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    apakah benar kontraksi palsu?

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

    Melakukan hubungan suami istri di luar masa subur

  • Oleh : Vita Ratnasari
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

    Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

  • Oleh : Milda
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Menghitung usia kehamilan

  • Oleh : Irfan L
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Istri saya haid terakhir tgl 2 januari. Kami berhubungan tgl 3 februari. Dalam rentang waktu itu istri saya blum haid. Dia skrng tengah hamil brp usia kehamilanya dok.?
    Usia janinya brp dok.? Terima kasih

  • Oleh : Irfan L
  • Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Tanya Bidan