Tips Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat Dan Selamat

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Impian setiap ibu hamil untuk melahirkan anak yang sehat dan selamat saat resmi menjadi ibu kelak. Maka dari itu, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh untuk menjaga kesehatan diri sendiri juga janin di dalam kandungan. Jika tidak, sudah banyak terjadi dalam beberapa kasus kehamilan yang menyebabkan penyakit yang diderita Bunda berpengaruh terhadap kesehatan janinnya.

    Saat-saat komplikasi dalam kehamilan sebenarnya dapat terdeteksi lebih awal, dan diambil langkah-langkah preventif. Menurut dokter, komplikasi yang bisa terjadi pada ibu hamil tergantung pada jenis komplikasinya itu sendiri. Misalnya dalam blighted ovum, biasanya sudah bisa terdeteksi sejak usia kehamilan 8 minggu.

    Preventif disini dimaksudkan sebagai suatu upaya atau langkah dari apa yang harus diambil agar janin dalam rahim dapat berkembang dengan baik dan dapat tumbuh menjadi anak yang sehat.

    Dan berikut ini adalah beberapa Tips Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat Dan Selamat serta menghindari komplikasi kehamilan pada janin.


    1. Menjaga kebersihan diri sendiri.

    Dengan menjaga kebersihan Bunda, terutama organ intim agar terhindari dari keluhan keputihan. Selama ini keputihan hanya dianggap sebagai kondisi yang wajar-wajar saja sehingga tidak banyak wanita yang mewaspadai jika keputihan dengan ciri abnormal (lendir banyak, putih, berbau dan gatal) adalah ciri keputihan yang berbahaya. Keputihan tersebut terjadi akibat infeksi, dan kondisi ini bisa saja menyebabkan penularan infeksi pada janin di dalam kandungan. Maka dari itu, segera tanggap untuk mengobati keputihan dengan ciri-ciri yang tidak normal.

    2. Lakukan cek prahamil.

    Sebelum Anda benar-benar merencanakan kehamilan dan program-program kehamilan yang siap Anda jalani, ada baiknya terlebih dahulu untuk mengikuti langkah-langkah pemeriksaan dalam pengecekan kesehatan seperti test gula darah, TORCH dan penyakit lainnya. Mengapa hal ini dilakukan? Tujuannya tentu saja untuk mendeteksi kemungkinan-kemungkinan adanya kelainan dan penyakit yang telah bersarang di dalam tubuh ibu hamil. Dengan begitu, semuanya dapat terdeteksi lebih awal, dan penanganan cepat dilakukan sebelum akhirnya melaksanakan program kehamilan tanpa kuatir apapun.

    3. Menerapkan pola hidup sehat.

    Ibu hamil biasanya melewati fase ngidam. Ngidam yang dialami oleh hampir semua wanita hamil bisa jadi malah menyebabkan Bunda tidak memperhatikan asupan makanan karena keinginan Bunda mengkonsumsi makanan beragam dan tidak semua jenis makanan sehat yang diinginkan. Untuk itu, cobalah agar Bunda mengatur pola makan dengan baik dan sebisa mungkin tetap cukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Dan jangan lupa didukung dengan rajin berolahraga.

    4. Melakukan cek rutin saat hamil.

    Pengecekan rutin saat hamil sebaiknya dilakukan sejak dini dan berkala, guna mengetahui apakah Bunda mengandung janin yang sehat dan baik dalam perkembangannya. Atau apakah rahim Bunda cukup kuat, dan lain-lain. Segera tentukan jadwal untuk cek rutin dengan dokter kandungan atau Bidan yang Anda percayai.

    Yang tetap perlu diingat Bunda, jalani kehamilan dengan santai, tenang, aman dan nyaman. Tidak perlu selalu was-was untuk kejaidan apapun, juga jangan mudah terpegaruh mitos-mitos seputar kehamilan yang beredar karena tidak semua mitos tentang kehamilan benar. Kuncinya, selalu berkonsultasikan dengan para ahli seperti dokter kandungan atau bidan.

    Itu saja, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Nantikan informasi lainnya seputar kehamilan dan tips-tips ibu hamil hanya di Curhat Bidan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - April 7, 2017

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    Sitihumairoh

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Sitihumairoh
    Diskusi Dari:
    katjawilfred9

    Apa evidence base dari persiapan persalinan??

    Dijawab Oleh : katjawilfred9
    Diskusi Dari:
    Claudia harapankita

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Dijawab Oleh : Claudia harapankita