×

Tumbuh Daging Di Atas Kulit Saat Hamil ? Jangan-Jangan Itu Skin Tag!

Bagikan Artikel :

Tumbuh Daging Di Atas Kulit Saat Hamil ? Jangan-Jangan Itu Skin Tag!

Bunda lagi hamil? Muncul beberapa daging di kulit ?Nah bisa jadi itu skin tag bun! Ibu hamil memang mudah terkena skin tag karena meningkatnya kadar hormone saat kehamilan. Sebenarnya sih skin tag dapat muncul kapan saja dan sebagian besar kasus disebabkan karena keturunan atau faktor genetik.

Apa Itu Skin Tag ?

Skin tag merupakan daging tumbuh yang terbentuk dari pembuluh darah dan kolagen di lapisan luar kulit. Umumnya skin tag mempunyai ukuran yang kecil, yaitu antara 1-2 milimeter hingga 5 cm.
Skin tag dapat terjadi pada wajah, leher, dada bagian atas, dan di bawah payudara selama akhir kehamilan. . Skin tag bisa berwarna serupa dengan warna kulit Bumil atau lebih gelap.

Dibagian Mana Skin Tag Bermunculan ?

Skin tag bisa muncul di bagian tubuh mana pun, namun lebih sering ditemukan di wajah, leher, ketiak, dan lipatan payudara. Meskipun cukup mengganggu, skin tag merupakan hal yang umum terjadi saat hamil dan sebetulnya tidak berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Cara Mengatasi Skin Tag Secara Alami saat Hamil

  1. Mengoleskan tea tree oil
    Tea tree oil cukup aman digunakan pada kulit. Sebelum mengoleskan minyak ini, bunda harus membersihkan dulu bagian tubuh yang terdapat skin tag.
    Setelah itu, gunakan cotton bud untuk mengoleskan minyak ini ke skin tag, sambil lakukan pijatan lembut. Lalu tutup skin tag dengan plester, dan diamkan semalaman. Lakukan perawatan yang sama keesokan harinya hingga skin tag mengecil dan terlepas.
  2. Menggunakan cuka apel
    Caranya adalah dengan mencelupkan selembar kapas ke cuka apel, lalu meletakkannya di atas skin tag. Setelah itu, bungkus skin tag dengan perban selama 15-30 menit. Buka balutan cuka apel tersebut dan bilas kulit hingga bersih. Lakukan setiap hari selama beberapa minggu, hingga skin tag lepas.
  3. Tindakan medis
    Jika skin tag dirasa sudah sangat mengganggu kenyamanan, Bumil bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mengatasinya. Dokter dapat memberikan salep atau melakukan tindakan medis, seperti kauterisasi atau operasi kecil, untuk menghilangkan skin tag, dibekukan dengan nitrogen cair, atau dibakar dengan jarum listrik.

Skin Tag Kehamilan Bisa Hilang Dengan Sendirinya

Sebenarnya, skin tag saat hamil akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Oleh karena itu, dokter biasanya akan menyarankan Bumil untuk menunggu sampai setelah melahirkan, sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan skin tag. Jadi bunda tidak perlu khawatir dan cemas ya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 26, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    mual, eneg saat makan, kehilangan nafsu makan saat hamil

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, saya mau tanya apa ibu hamil yang mual-mual dan eneg saat makan itu wajar? Saya juga kehilangan nafsu makan jadinya, solusinya gimana ya?

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Jari Dan Persendian

  • Oleh : Mbak aty
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya kan sering membunyikan bagian jari dan juga persendian saya saat sedang pegal. Apakah hal ini berbahaya dok bagi kesehatan?

    Cara Mengatasi Ruam Merah pada Kulit Bayi

  • Oleh : Didin Bajarudin
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

  • Oleh : Didin Bajarudin
  • Tanya Bidan