×

Tumbuh Daging Di Atas Kulit Saat Hamil ? Jangan-Jangan Itu Skin Tag!

Bagikan Artikel :

Tumbuh Daging Di Atas Kulit Saat Hamil ? Jangan-Jangan Itu Skin Tag!

Bunda lagi hamil? Muncul beberapa daging di kulit ?Nah bisa jadi itu skin tag bun! Ibu hamil memang mudah terkena skin tag karena meningkatnya kadar hormone saat kehamilan. Sebenarnya sih skin tag dapat muncul kapan saja dan sebagian besar kasus disebabkan karena keturunan atau faktor genetik.

Related Posts :

    Apa Itu Skin Tag ?

    Skin tag merupakan daging tumbuh yang terbentuk dari pembuluh darah dan kolagen di lapisan luar kulit. Umumnya skin tag mempunyai ukuran yang kecil, yaitu antara 1-2 milimeter hingga 5 cm.
    Skin tag dapat terjadi pada wajah, leher, dada bagian atas, dan di bawah payudara selama akhir kehamilan. . Skin tag bisa berwarna serupa dengan warna kulit Bumil atau lebih gelap.

    Dibagian Mana Skin Tag Bermunculan ?

    Skin tag bisa muncul di bagian tubuh mana pun, namun lebih sering ditemukan di wajah, leher, ketiak, dan lipatan payudara. Meskipun cukup mengganggu, skin tag merupakan hal yang umum terjadi saat hamil dan sebetulnya tidak berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

    Cara Mengatasi Skin Tag Secara Alami saat Hamil

    1. Mengoleskan tea tree oil
      Tea tree oil cukup aman digunakan pada kulit. Sebelum mengoleskan minyak ini, bunda harus membersihkan dulu bagian tubuh yang terdapat skin tag.
      Setelah itu, gunakan cotton bud untuk mengoleskan minyak ini ke skin tag, sambil lakukan pijatan lembut. Lalu tutup skin tag dengan plester, dan diamkan semalaman. Lakukan perawatan yang sama keesokan harinya hingga skin tag mengecil dan terlepas.
    2. Menggunakan cuka apel
      Caranya adalah dengan mencelupkan selembar kapas ke cuka apel, lalu meletakkannya di atas skin tag. Setelah itu, bungkus skin tag dengan perban selama 15-30 menit. Buka balutan cuka apel tersebut dan bilas kulit hingga bersih. Lakukan setiap hari selama beberapa minggu, hingga skin tag lepas.
    3. Tindakan medis
      Jika skin tag dirasa sudah sangat mengganggu kenyamanan, Bumil bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mengatasinya. Dokter dapat memberikan salep atau melakukan tindakan medis, seperti kauterisasi atau operasi kecil, untuk menghilangkan skin tag, dibekukan dengan nitrogen cair, atau dibakar dengan jarum listrik.

    Skin Tag Kehamilan Bisa Hilang Dengan Sendirinya

    Sebenarnya, skin tag saat hamil akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Oleh karena itu, dokter biasanya akan menyarankan Bumil untuk menunggu sampai setelah melahirkan, sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan skin tag. Jadi bunda tidak perlu khawatir dan cemas ya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 26, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

    Saya bulan april kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Sharah Desna
  • 1 minggu yang lalu

    Di bulan ke 5 saya mengajukan berenti kb kepada bu bidan, dan udah berjalan mau 3bulan saya masih belum haid, itu gmana caranya yah biar bisa cepet haid, karna ingin nambh anak lagi

  • Oleh : Sharah Desna
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Selvi Anggereni
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mau nanya, tiap bulan saya selalu haid. Tapi durasi waktuna suka beda2. Sperti bulan 8,9,10 29 hari, kemudian bulan 11 menjadi 35 hari. Setelah itu bulan 12 menjadi 27 hari, dan bulan berikutnya 26 hari. Sudah hampir setahun saya menikah dan belum hamil juga. Apakah ini tanda2 bahwa saya kena PCO, dan haid saya termasuk haid yg tidak teratur..? Terima kasih sebelumnya

    kesehatan

  • Oleh : arif sumirat
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    apakah efek negatif onani setiap hari? mohon jawaban nya bidan

    Pusar

  • Oleh : Qurata Aini
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dan sekarang pusar saya juga terasa sakit beserta bau tak sedap …. Padahal dalam seharri saya 2 kali mandi dan rajin mmbersihkannya…bagaimna solusinya

    Tanya Bidan