×

Yang Harus Ibu Hamil Lakukan Saat BAB Berdarah

Bagikan Artikel :

Yang Harus Ibu Hamil Lakukan Saat BAB Berdarah

Saat hamil akan terjadi beberapa perubahan. Perubahan itu ada yang normal dan ada pula yang tidak normal. Yang tidak normal ini bisa jadi sesuatu yang membahayakan salah satunya BAB berdarah. Jika Anda mengalami hal ini maka harus segera mendapatkan penanganan. Penyebab paling umum BAB berdarah saat hamil adalah wasir, fisura ani, dan sembelit. Darah yang keluar biasanya berwarna cerah dan jumlahnya pun hanya sedikit.

Penyebab BAB Berdarah

  1. Wasir merupakan penyebab BAB berdarah saat hamil yang paling umum, terutama pada trimester akhir kehamilan dan beberapa minggu setelah persalinan. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di bagian anus melebar dan tampak membengkak, sehingga menyerupai benjolan di anus.
    Pembuluh darah yang bengkak tersebut dapat robek dan menimbulkan perdarahan, bila dilalui tinja yang keras atau mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Selain itu, mengelap anus dengan tisu yang kasar juga dapat memicu perdarahan di pembuluh darah yang bengkak.
  2. fisura ani adalah Kondisi yang terjadi ketika dinding anus mengalami robekan.. Fisura ani dapat menimbulkan keluhan nyeri pada anus. Hampir serupa dengan wasir, kondisi ini biasanya dipicu oleh tinja yang keras akibat konstipasi, yaitu kondisi yang cukup sering dialami oleh ibu hamil.

Cara Mengatasi BAB Berdarah saat Hamil

  1. Konsumsi makanan kaya serat, seperti sereal dan roti dari biji-bijian utuh serta sayur dan buah.
  2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh, dengan mengonsumsi setidaknya 8–10 gelas setiap harinya.
  3. Jangan menunda ketika merasakan dorongan untuk BAB dan hindari mengejan terlalu kuat saat BAB.
  4. Setelah BAB, biasakan membersihkan dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus.
  5. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.
  6. Lakukan olahraga secara teratur dan pilihlah jenis olahraga, seperti berjalan, yoga, atau berenang, sesuai dengan kondisi kesehatan dan kehamilan Anda.
  7. Tidurlah dengan posisi menyamping untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di anus.
  8. Konsumsi suplemen untuk ibu hamil sesuai anjuran dokter. Beberapa jenis vitamin prenatal mengandung zat besi yang dapat menimbulkan efek samping konstipasi.
  9. Lakukan latihan Kegel secara rutin untuk memperkuat otot anus dan otot sekitar vagina yang dapat membantu pemulihan setelah melahirkan.
  10. Gunakan kompres dingin untuk meredakan gejala wasir yang dapat memicu BAB berdarah saat hamil.
  11. Konsultasikan dengan dokter mengenai keamanan penggunaan salep atau obat wasir.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 1, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : lusia
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Soal kandungan

  • Oleh : Silvia Listi
  • 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok , mau nanyaa dong
    Saat ini kan saya telat haid baru 1 hari tapi tadi pagi di tespek hasilnya belum kelihatan . Apakah saya harus nunggu telat haid selama 1 minggu dulu ?

    Tolong balas ya dok , soalnya ini program anak pertama jadi kurang paham 🙏

  • Oleh : Silvia Listi
  • Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 8 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Haid lebih dari 7 hari

  • Oleh : Salsabila Apriani
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya haid biasa nya cuman 7 hari tapi bulan ini saya tidak biasa nya haid lebih dari 7 hari saya ingin bertanya apakah haid yang lama bisa menyebabkan penyakit? Mohon jawaban nya terimkasih

  • Oleh : Salsabila Apriani
  • Tanya Bidan