×

Yang Harus Ibu Hamil Lakukan Saat BAB Berdarah

Bagikan Artikel :

Yang Harus Ibu Hamil Lakukan Saat BAB Berdarah

Saat hamil akan terjadi beberapa perubahan. Perubahan itu ada yang normal dan ada pula yang tidak normal. Yang tidak normal ini bisa jadi sesuatu yang membahayakan salah satunya BAB berdarah. Jika Anda mengalami hal ini maka harus segera mendapatkan penanganan. Penyebab paling umum BAB berdarah saat hamil adalah wasir, fisura ani, dan sembelit. Darah yang keluar biasanya berwarna cerah dan jumlahnya pun hanya sedikit.

Related Posts :

    Penyebab BAB Berdarah

    1. Wasir merupakan penyebab BAB berdarah saat hamil yang paling umum, terutama pada trimester akhir kehamilan dan beberapa minggu setelah persalinan. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di bagian anus melebar dan tampak membengkak, sehingga menyerupai benjolan di anus.
      Pembuluh darah yang bengkak tersebut dapat robek dan menimbulkan perdarahan, bila dilalui tinja yang keras atau mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Selain itu, mengelap anus dengan tisu yang kasar juga dapat memicu perdarahan di pembuluh darah yang bengkak.
    2. fisura ani adalah Kondisi yang terjadi ketika dinding anus mengalami robekan.. Fisura ani dapat menimbulkan keluhan nyeri pada anus. Hampir serupa dengan wasir, kondisi ini biasanya dipicu oleh tinja yang keras akibat konstipasi, yaitu kondisi yang cukup sering dialami oleh ibu hamil.

    Cara Mengatasi BAB Berdarah saat Hamil

    1. Konsumsi makanan kaya serat, seperti sereal dan roti dari biji-bijian utuh serta sayur dan buah.
    2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh, dengan mengonsumsi setidaknya 8–10 gelas setiap harinya.
    3. Jangan menunda ketika merasakan dorongan untuk BAB dan hindari mengejan terlalu kuat saat BAB.
    4. Setelah BAB, biasakan membersihkan dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus.
    5. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.
    6. Lakukan olahraga secara teratur dan pilihlah jenis olahraga, seperti berjalan, yoga, atau berenang, sesuai dengan kondisi kesehatan dan kehamilan Anda.
    7. Tidurlah dengan posisi menyamping untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di anus.
    8. Konsumsi suplemen untuk ibu hamil sesuai anjuran dokter. Beberapa jenis vitamin prenatal mengandung zat besi yang dapat menimbulkan efek samping konstipasi.
    9. Lakukan latihan Kegel secara rutin untuk memperkuat otot anus dan otot sekitar vagina yang dapat membantu pemulihan setelah melahirkan.
    10. Gunakan kompres dingin untuk meredakan gejala wasir yang dapat memicu BAB berdarah saat hamil.
    11. Konsultasikan dengan dokter mengenai keamanan penggunaan salep atau obat wasir.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 1, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Lendir saat berhubungan

  • Oleh : Majid Jid
  • 1 tahun yang lalu

    Halo dok, mau bertanya. Lendir apakah yg dikeluarkan miss v saat berhubungan. Dengan ciri kental dan licin. Awalnya menganggap sperma yg sudah keluar. Tetapi rasanya sperma belum dikeluarkan. Dan masih awal berhubungan

  • Oleh : Majid Jid
  • sering mual muntah di pagi hari

  • Oleh : chairia
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Malam Dok…!
    Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
    Terima kasih atas jawabannya dok…!

    Keputihan

  • Oleh : Habibah Aini
  • 1 tahun yang lalu

    Bu Bidan, saya Habibah. Saya umur 21th.
    Saya sudah meninkah selama 7 bulan.. Tapi belum di kasih momongan. Nah, saya keputihan sudah lama, sejak waktu sekolah dulu. Keputihan saya setiap hari Bu Bidan, dan saya juga pernah usg rahim. Hasilnya baik baik saja tidak ada kista. Alhamdulillah sehat. Tapi kok saya keputihan terus gimana ya Bu solusinya.. Tapi seandainya saya habis kencing lalu saya lap sampai kering keputihan tidak pernah keluar, kalau keluar pun pasti cuma sedikit, namun seandainya saya pakai celana ketat atau habis kencing tidak saya lap sampai kering pasti keluar keputihan lumayan sihhh Bu. Mohon respons nya. Terimakasih

  • Oleh : Habibah Aini
  • Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Vagina

  • Oleh : opit nobita
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, belakangan ini saya sering sekali mengalami seperti keputihan.. Dari vagina saya itu keluar cairan encer putih seperti susu.. Maaf dok saya penasaran kira* itu apa ya? Saya sudah menikah sekitar 9bulanan dan skrg sedang menjalani promil sendiri

    Terima kasih dok

    Tanya Bidan