Akibat Dari Kekurangan Asam Folat Pada Ibu Hamil Dan Janin

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Hai Bunda! Selamat datang kembali pada situs Curhat Bidan kami. Kali ini kami akan membahas sedikit mengenai manfaat penting dari asam folat untuk kesehatan ibu hamil, juga Dampak Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat Pada Janin. Berikut selengkapnya.

    Asam folat, merupakan Vitamin yang larut dalam air. Terdiri dari Folic acid, Folate, Folacin, Vitamin B9, Vitamin BC, Pteroyl-L-glutamic acid, Pteroyl-L-glutamate, Pteroylmonoglutamic acid, asam folat memiliki manfaat yang beragam. Seperti Vitamin B9, memiliki peranan pentung untuk beragam fungsi tubuh. Diantaranya sebagai sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine. Artinya Vitamin ini sangat penting dalam period pembelahan juga pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa terutama memerlukan asupan Asam Folat untuk memproduksi lebih pada sel darah merah dan mencegah anemia.

    Untuk memenuhi kandungan Asam Folat yang dibutuhkan, beberapa makanan sudah menyediakannya. Berbagai jenis sayuran, buah dan daging diantaranya memiliki kandugan Asam Folat didalamnya. Diantaranya Bayam, Kubis, Brokoli, Pisang, Jeruk, Alpukat, Pepaya, Kentang, Kacang-kacangan, Biji-bijian, Sereal, juga Hati Ayam dan Hati Sapi. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan Asam Folat yang cukup sehingga terhindar dari penyakit yang bisa terjadi akibat kekurangan Asam Folat.

    Pada ibu hamil, beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat ibu hamil kekurangan Asam Folat, juga dampaknya pada janin, diantaranya :

    Sariawan. Sariawan tidak hanya terjadi pada mereka yang kekurangan Vitamin C, tetapi mereka yang kekurangan asupan Asam Folat juga Vitamin B9 juga beresiko mengalami Sariawan. Jika terjadi pada ibu hamil, Sariawan akan menghambat aktifitas makan dan minum yang menjadi sumber nutrisi baik untuk membangun kesehatan pada ibu hamil juga janin.

    Diare. Diare ternyata juga bisa terjadi akibat ibu hamil kekurangan Asam Folat. Mengapa bisa terjadi? Penyebabnya adalah karena jika kandungan Asam Folat pada ibu hamil terjadi, secara alami dapat menyebabkan sakit maag dan gangguan di dalam usus yang akan memicu terjadinya Diare.

    Anemia. Jika kandungan Asam Folat terpenuhi, salah satu kelebihannya adalah mencegah Anemia. Jadi jika kekurangan Asam Folat, maka secara otomatis dapat memicu terjadinya Anemia. Anemia pada ibu hamil cukup membahayakan karena dapat membuat tubuh kekurangan sel darah merah dan membuat tubuh menjadi lemah, lesu dan pusing.

    Spina bifida. Merupakan sebuah kondisi dimana terjadi masalah kesehatan yang menyerang pada tulang sumsum belakang dan akan berpengaruh pada bayi, jika terjadi pada ibu hamil. Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan perlindungan pada bayi saat didalam perut tidak maksimal. Selain itu, akibat lainnya adalah ibu hamil dapat melahirkan dengan kecacatan bayi secara fisik dan mental. Sudah jelas jika kondisi seperti ini tidak boleh hanya dibiarkan begitu saja.

    Anencephaly. Anencephaly pada istilah medis disebut sebagai ‘kelainan’. Kelainan disini digambarkan sebagai posisi dari otak janin yang tidak terbentuk sempurna akibat sang ibu kekurangan asupan Asam Folat ketika hamil. Selain jaringan otak yang tidak akan berkembang sempurna, bentuk pada tengkorak janin juga akan mengalami perkembangan yang tidak maksimal. Sehingga ketika bayi lahir kelak dapat menyebabkan bayi mengalami pembesaran kepala karena terisi dengan cairan yang terdapat di dalam tubuh sebelumnya. Maka tidak heran jika para ahli sangat menganjurkan untuk ibu tidak mengurangi dan harus mendapatkan asupan Asam Folat yang cukup.

    Nah Bunda, setelah mengetahui selengkapnya mengenai Akibat Dari Kekurangan Asam Folat Pada Ibu Hamil Dan Janin, diharapkan untuk lebih memperhatikan lagi nutrisi dan gizi yang dikonsumsi pada saat hamil ya. Jangan sampai kekurangan suatu apapun, dan yang terpenting tetap jalani pola hidup sehat agar ibu sehat, janin juga berkembang dengan baik dan terlahir dengan normal nantinya.

    Semoga bermanfaat, salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 10, 2016
    Diskusi Dari:
    Iphunk Charger

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    yongstephensen3

    Pantangan makanan setelah sunat

    Dijawab Oleh : yongstephensen3
    Diskusi Dari:
    Pipit Winartii

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Dijawab Oleh : Pipit Winartii
    Diskusi Dari:
    wildalaughlin5

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Dijawab Oleh : wildalaughlin5
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : uye (wanita)