×

Akibat Dari Kekurangan Asam Folat Pada Ibu Hamil Dan Janin

Bagikan Artikel :

Hai Bunda! Selamat datang kembali pada situs Curhat Bidan kami. Kali ini kami akan membahas sedikit mengenai manfaat penting dari asam folat untuk kesehatan ibu hamil, juga Dampak Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat Pada Janin. Berikut selengkapnya.

Asam folat, merupakan Vitamin yang larut dalam air. Terdiri dari Folic acid, Folate, Folacin, Vitamin B9, Vitamin BC, Pteroyl-L-glutamic acid, Pteroyl-L-glutamate, Pteroylmonoglutamic acid, asam folat memiliki manfaat yang beragam. Seperti Vitamin B9, memiliki peranan pentung untuk beragam fungsi tubuh. Diantaranya sebagai sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine. Artinya Vitamin ini sangat penting dalam period pembelahan juga pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa terutama memerlukan asupan Asam Folat untuk memproduksi lebih pada sel darah merah dan mencegah anemia.

Untuk memenuhi kandungan Asam Folat yang dibutuhkan, beberapa makanan sudah menyediakannya. Berbagai jenis sayuran, buah dan daging diantaranya memiliki kandugan Asam Folat didalamnya. Diantaranya Bayam, Kubis, Brokoli, Pisang, Jeruk, Alpukat, Pepaya, Kentang, Kacang-kacangan, Biji-bijian, Sereal, juga Hati Ayam dan Hati Sapi. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan Asam Folat yang cukup sehingga terhindar dari penyakit yang bisa terjadi akibat kekurangan Asam Folat.

Pada ibu hamil, beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat ibu hamil kekurangan Asam Folat, juga dampaknya pada janin, diantaranya :

Sariawan. Sariawan tidak hanya terjadi pada mereka yang kekurangan Vitamin C, tetapi mereka yang kekurangan asupan Asam Folat juga Vitamin B9 juga beresiko mengalami Sariawan. Jika terjadi pada ibu hamil, Sariawan akan menghambat aktifitas makan dan minum yang menjadi sumber nutrisi baik untuk membangun kesehatan pada ibu hamil juga janin.

Diare. Diare ternyata juga bisa terjadi akibat ibu hamil kekurangan Asam Folat. Mengapa bisa terjadi? Penyebabnya adalah karena jika kandungan Asam Folat pada ibu hamil terjadi, secara alami dapat menyebabkan sakit maag dan gangguan di dalam usus yang akan memicu terjadinya Diare.

Anemia. Jika kandungan Asam Folat terpenuhi, salah satu kelebihannya adalah mencegah Anemia. Jadi jika kekurangan Asam Folat, maka secara otomatis dapat memicu terjadinya Anemia. Anemia pada ibu hamil cukup membahayakan karena dapat membuat tubuh kekurangan sel darah merah dan membuat tubuh menjadi lemah, lesu dan pusing.

Spina bifida. Merupakan sebuah kondisi dimana terjadi masalah kesehatan yang menyerang pada tulang sumsum belakang dan akan berpengaruh pada bayi, jika terjadi pada ibu hamil. Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan perlindungan pada bayi saat didalam perut tidak maksimal. Selain itu, akibat lainnya adalah ibu hamil dapat melahirkan dengan kecacatan bayi secara fisik dan mental. Sudah jelas jika kondisi seperti ini tidak boleh hanya dibiarkan begitu saja.

Anencephaly. Anencephaly pada istilah medis disebut sebagai ‘kelainan’. Kelainan disini digambarkan sebagai posisi dari otak janin yang tidak terbentuk sempurna akibat sang ibu kekurangan asupan Asam Folat ketika hamil. Selain jaringan otak yang tidak akan berkembang sempurna, bentuk pada tengkorak janin juga akan mengalami perkembangan yang tidak maksimal. Sehingga ketika bayi lahir kelak dapat menyebabkan bayi mengalami pembesaran kepala karena terisi dengan cairan yang terdapat di dalam tubuh sebelumnya. Maka tidak heran jika para ahli sangat menganjurkan untuk ibu tidak mengurangi dan harus mendapatkan asupan Asam Folat yang cukup.

Nah Bunda, setelah mengetahui selengkapnya mengenai Akibat Dari Kekurangan Asam Folat Pada Ibu Hamil Dan Janin, diharapkan untuk lebih memperhatikan lagi nutrisi dan gizi yang dikonsumsi pada saat hamil ya. Jangan sampai kekurangan suatu apapun, dan yang terpenting tetap jalani pola hidup sehat agar ibu sehat, janin juga berkembang dengan baik dan terlahir dengan normal nantinya.

Semoga bermanfaat, salam!

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 10, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang pra subur

  • Oleh : Ahmad Dun
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Kpd bidan yg terhormat:
    Setelah menstruasi/ sudah suci, trus brhubungan badan.. Apakah bisa terjadi hamil?

    sudah lebih dari satu bulan tidak menstruasi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    saya mau tanya ni bu bidan, sudah lebih dari satu bulan ini saya tidak menstruasi, apakah ini awal mula tanda-tanda kehamilan ?

    Menstruasi Setelah Melakukan Hubungan Suami Istri

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • Cara Menjaga Kehamilan Tetap Sehat Bagi Wanita Karir

  • Oleh : Ocha Setiani
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Tanya Bidan