×

Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai

Bagikan Artikel :

Menjaga kehamilan agar tetap sehat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap calon ibu. Memeriksakan kandungan secara rutin ke bidan atau dokter kandungan Anda merupakan cara yang tepat untuk mengontrol kondisi kandungan, meskipun ibu merasa dalam kondisi yang fit. Karena, ada banyak hal yang bisa mengganggu kondisi kandungan yang mungkin saja tidak ibu ketahui. Ada banyak gangguan kehamilan yang bisa timbul, salah satunya adalah cacat kandungan.

Cacat kandungan merupakan suatu kondisi dimana adanya ketidaknormalan dalam struktur ataupun fungsi tubuh pada bayi. Hal ini biasanya diketahui setelah bayi lahir. Kondisi ini memang jarang terjadi, namun ketika terjadi akibatnya bisa menyebabkan bayi memiliki kecacatan fisik ataupun mental. Beberapa kecacatan tersebut bisa saja bersifat fatal bagi bayi, bahkan pada beberapa kasus bisa menyebabkan kematian.

Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai oleh Ibu Hamil

Terdapat beberapa faktor penyebab cacat kandungan yang harus diwaspadai untuk menghindari kemungkinan bayi mengalami ketidaknormalan, diantaranya :

  • Masalah Genetik

    Permasalahan ini timbul ketika satu atau beberapa gen tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Selain itu, hal ini juga bisa diakibatkan karena adanya bagian gen yang hilang.

  • Permasalahan pada Kromosom

    Masalah pada kromosom ini disebabkan karena adanya bagian kromoson yang hilang, sehingga kromosom tersebut tidak dapat bekerja dengan sempurna.

  • Masalah pada Lingkungan

    Faktor penyebab cacat kandungan yang harus diwaspadai yang terakhir yaitu adanya permasalah pada lingkungan ibu yang sedang hamil. Misalya ibu hami terserang penyakit rubella atau German measles dan penggunaan obat-obatan terlarang dan mengonsumsi minuman beralkohol selama masa kehamilan.

Selain dengan menghindari faktor penyebab cacat kandungan tersebut, ibu hamil juga harus mengetehui dan menghindari faktor yang bisa menimbulkan risiko ibu hamil mengalami cacat kandungan. Faktor risiko tersebut diantaranya adalah :

  1. Kegemukan

    Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu kondisi pada ibu hamil yang bisa menimbulkan berbagai masalah, termasuk cacat kandungan. Menjaga berat badan dan pola hidup selama masa kehamilan bisa membantu mengurangi risiko cacat kandungan.

  2. Obat-obatan Tertentu

    Beberapa jeis obat-obatan tidak akan dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika memang ibu mengalami masalah padakesehatan dan diharuskan mengonsumsi obat, perhatikanlah bahan aktifnya dan dosis yang boleh dikonsumsio leh ibu hamil. Setelah itu, konsultasikan dengan dokter apakah obat tersebut aman untuk ibu hamil.

  3. Toxoplasmosis

    Kotoran kucing mengandung bakteri yang jika menginfeksi ibu hamil bisa menmbulkan cacat kandungan. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi wanita hamil untuk menghindari bahay ini dengan tidak bersentuhan dengan kucing selama masa kehamilan.

  4. Panas

    Panas merupakan musuh bagi janin dalam kandungan. Panas yang berlebih bisa terasa hingga ke dalam kandungan Anda. Maka dari itu, sebaiknya hindari mandi dengan air panas, sauna, dan panas terik matahari selama masa kehamilan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 3, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

  • Oleh : ade
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil darinya ?

    Tanya dok

  • Oleh : Novita Sari
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    Ass dok
    Izin bertanya, saya telah melakukan kesalahan yg lalu. Saat itu saya berhubungan intim. Tetapi darah yg keluar hnya sedikit bsa dibilang saya sudah pecah perawan. Dan baru dengan satu laki laki itu saja, apakah saya masih bsa keluar darah saat berhubungan lagi?

  • Oleh : Novita Sari
  • Jarak Kopi Dan Obat

  • Oleh : Novita dwi
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Keluar darah di vagina

  • Oleh : Mia Ilmiyah agus pratiwi
  • 2 tahun yang lalu

    Bu saya tadi habis cuci baju keluar darah bu sedikit . Apa faktor kecapean atau gimana ya.

    Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    Tanya Bidan