Normalkah Kaki Bayi Berbentuk Huruf O ?

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Curhat Bidan – Pernahkan bunda memperhatikan bentuk kaki bayi bunda ? Kaki bayi yang mungil dan kecil cenderung berbentuk huruf O. Kondisi ini sering menjadi perhatian para orang tua dan terkadang membuat mereka panik. Sebenaranya sangat normal jika kaki bayi berbentuk huruf O. Begitu juga ketika ia berdiri, jari-jari kakinya menghadap ke depan dan kedua mata kaki saling bersentuhan.

    Penyebab Kaki Bayi Berbentuk Huruf O

    Secara fisiologis kaki bayi pada saat lahir memang berbentuk huruf O. Hal ini dikarenakan pada saat berada dalam rahim ibu, bayi berada dalam posisi meringkuk. Dimana kedua kakinya tertarik sedikit ke atas dengan telapak kaki yang saling berhadapan. Posisi ini merupakan bagian adaptasi janin pada rahim ibu yang sempit agar terasa nyaman, dan posisi ini akan bertahan sampai bayi dilahirkan.

    Sesekali bunda harus membiarkan bayi bertelanjang kaki, agar kaki bayi bisa bergerak bebas untuk mendorongnya melenturkan dan meregangkan otot kaki. Sebaiknya bunda juga jangan membiasakan membedong bayi. Jika bayi dibedong terlalu kuat dan dilakukan dalam jangka waktu lama, maka pergerakan kaki bayi menjadi terkekang, sehingga bayi menjadi lebih pasif.

    Seiring bertambahnya usia lama kelamaan kaki bayi akan lurus dengan sendirinya pada saat berusia 1-2 tahun. Orang tua biasanya baru menyadari kaki anak bengkok saat mulai belajar berdiri dan berjalan. Pada masa perkembangan ini bunda sebaiknya perhatikan dengan baik perkembangan kaki si kecil. Jika lebih dari 2 tahun kakinya belum lurus, maka bisa jadi mengindikasikan adanya kelainan. Pada beberapa kasus kaki bayi yang berbentuk huruf O bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin D atau kondisi yang disebut dengan penyakit blount (kelainan pertumbuhan tulang), atau bisa juga disebabkan oleh faktor genetik.

    Sebaiknya bunda periksakan ke dokter jika setelah usia 2 tahun merasa kaki bayi yang bengkok tidak ada perubahan atau bertambah bengkok. Tes darah bisa dilakukan untuk mendeteksi kekurangan vitamin D dan penyinaran dengan sinar X untuk mendeteksi penyakit blount. Oleh karena itu, sebaiknya bunda memberikan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup terutama vitamin D pada bayi dan rajin memeriksa kondisi bayi. Pengobatan untuk kaki berbentuk huruf O jarang dibutuhkan, tapi pembedahan bisa dilakukan untuk  memperbaiki lengkungan pada kaki. Kebanyakan ahli ortopedi saat ini tidak menyarankan penggunaan alat penunjang kaki (brace) karena bisa menyebabkan masalah pertumbuhan fisik.

    Sekian artikel curhat bidan kali ini, semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - May 2, 2017
    Diskusi Dari:
    Mocil Ngocol

    Cara mengatasi disentri dok

    Dijawab Oleh : Mocil Ngocol
    Diskusi Dari:
    Uchi Susilawati

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Dijawab Oleh : Uchi Susilawati
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Princess mikha

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

    Dijawab Oleh : Princess mikha
    Diskusi Dari:
    Novita dwi

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Dijawab Oleh : Novita dwi