Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Persalinan Secara Caesar

Bidan Online -, Melahirkan merupakan salah satu jenis hal yang memang di tunggu tunggu bagi setiap pasangan. Semua pasangan pasti ingin melakukan proses persalinan yang ideal yang di inginkan. Sebenarnya, ada beberapa jenis persalinan yang bisa berlangsung ini seperti jenis persalinan secara normal, di dalam ari, dan bahkan secara caesar. Ke tiga cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Setelah kemarin kita membahas tentang bahaya dan manfaat persalinan yang di lakukan di dalam air, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar, di antaranya adalah :


Kelebihan Persalinan Secara Caesar

  • Menentukan Waktu Sendiri

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika kita melakukan persalinan dengan operasi sesar ini, kita bisa menentukan tanggal dengan sendirinya tanpa merasakan kontraksi berjam jam yang sering di rasakan oleh para ibu hamil lainnya yang melakukan persalinan secara normal.

  • Trauma Lebih Kecil

Salah satu keuntungan lainnya yang di rasakan adalah trauma yang lebih kecil. Biasanya mereka yang melakukan persalinan secara caesar ini lebih kecil memiliki rasa takut atau trauma di bandingkan mereka yang melakukan proses persalinan secara normal, karena proses persalinan ini di sebutkan tidak begitu sakit.

  • Kehamilan Bisa Di Cegah

Berbeda dengan wanita yang melakukan persalinan secara normal yang bisa hamil begitu saja, wanita yang melakukan proses persalinan ini justru di larang atau tidak di anjurkan hamil paling tidak 3 tahun setelah melakukan operasi. Hal ini di sarankan karena banyak hal yang bisa terjadi saat anda hamil kembali.

  • Resiko Bayi Terkena Infeksi Lebih Rendah

Bayi yang di keluarkan secara caesar ini keluar dari bagian perut, sehingga dapat mencegah anak terkena infeksi penyakit menular pada sang ibu yang biasanya menular dari bagian vagina.

Kekurangan Operasi Caesar

  • Resiko Komplikasi

Akibat pembedahan yang di lakukan, anda akan bisa merasakan penyakit komplikasi yang terjadi akibat dari pembedahan yang di lakukan ini. Hal ini perlu di waspadai dan bahkan merupakan jenis hal yang bisa membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh.

  • Bayi Bisa Terkena Hipertensi Paru

Penyakit yang satu ini bisa muncul dan datang kepada mereka para bayi yang di lahirkan secara caesar. Hal ini menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan yang jika di biarkan akan menimbulkan hal hal yang berbahaya bagi tubuh anda ini.

  • Resiko Operasi Caesar Kembali

Biasanya, bagi mereka yang melahirkan secara caesar saat awal persalinan, hal ini bisa menimbulkan dan menyebabkan proses persalinan berikutnya pun bisa terkena operasi caesar pula. Banyak para orang tua yang merasakan akan hal yang satu ini. Mereka yang sejak anak pertama melahirkan secara caesar, maka anak berikutnya pun akan meeasakan operasi caesar pula.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar. Hal ini merupakan jenis hal yang memang banyak di rasakan oleh mereka para orang tua yang melakukan persalinan dengan cara ini. Memang ada banyak kelebihan yang bisa di dapatkan, namun ada juga kekurangan yang bisa kita rasakan ketika kita melakukan proses persalinan dengan cara yang satu ini.

Citra Dewi Amd.Keb - September 2, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Malam Dok…!
Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
Terima kasih atas jawabannya dok…!

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Risky nur

Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

Dijawab Oleh : Risky nur
Diskusi Dari:
Anonymous

Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

Dijawab Oleh :