Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Persalinan Secara Caesar

Bidan Online -, Melahirkan merupakan salah satu jenis hal yang memang di tunggu tunggu bagi setiap pasangan. Semua pasangan pasti ingin melakukan proses persalinan yang ideal yang di inginkan. Sebenarnya, ada beberapa jenis persalinan yang bisa berlangsung ini seperti jenis persalinan secara normal, di dalam ari, dan bahkan secara caesar. Ke tiga cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Setelah kemarin kita membahas tentang bahaya dan manfaat persalinan yang di lakukan di dalam air, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar, di antaranya adalah :


Kelebihan Persalinan Secara Caesar

  • Menentukan Waktu Sendiri

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika kita melakukan persalinan dengan operasi sesar ini, kita bisa menentukan tanggal dengan sendirinya tanpa merasakan kontraksi berjam jam yang sering di rasakan oleh para ibu hamil lainnya yang melakukan persalinan secara normal.

  • Trauma Lebih Kecil

Salah satu keuntungan lainnya yang di rasakan adalah trauma yang lebih kecil. Biasanya mereka yang melakukan persalinan secara caesar ini lebih kecil memiliki rasa takut atau trauma di bandingkan mereka yang melakukan proses persalinan secara normal, karena proses persalinan ini di sebutkan tidak begitu sakit.

  • Kehamilan Bisa Di Cegah

Berbeda dengan wanita yang melakukan persalinan secara normal yang bisa hamil begitu saja, wanita yang melakukan proses persalinan ini justru di larang atau tidak di anjurkan hamil paling tidak 3 tahun setelah melakukan operasi. Hal ini di sarankan karena banyak hal yang bisa terjadi saat anda hamil kembali.

  • Resiko Bayi Terkena Infeksi Lebih Rendah

Bayi yang di keluarkan secara caesar ini keluar dari bagian perut, sehingga dapat mencegah anak terkena infeksi penyakit menular pada sang ibu yang biasanya menular dari bagian vagina.

Kekurangan Operasi Caesar

  • Resiko Komplikasi

Akibat pembedahan yang di lakukan, anda akan bisa merasakan penyakit komplikasi yang terjadi akibat dari pembedahan yang di lakukan ini. Hal ini perlu di waspadai dan bahkan merupakan jenis hal yang bisa membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh.

  • Bayi Bisa Terkena Hipertensi Paru

Penyakit yang satu ini bisa muncul dan datang kepada mereka para bayi yang di lahirkan secara caesar. Hal ini menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan yang jika di biarkan akan menimbulkan hal hal yang berbahaya bagi tubuh anda ini.

  • Resiko Operasi Caesar Kembali

Biasanya, bagi mereka yang melahirkan secara caesar saat awal persalinan, hal ini bisa menimbulkan dan menyebabkan proses persalinan berikutnya pun bisa terkena operasi caesar pula. Banyak para orang tua yang merasakan akan hal yang satu ini. Mereka yang sejak anak pertama melahirkan secara caesar, maka anak berikutnya pun akan meeasakan operasi caesar pula.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan persalinan secara caesar. Hal ini merupakan jenis hal yang memang banyak di rasakan oleh mereka para orang tua yang melakukan persalinan dengan cara ini. Memang ada banyak kelebihan yang bisa di dapatkan, namun ada juga kekurangan yang bisa kita rasakan ketika kita melakukan proses persalinan dengan cara yang satu ini.

Citra Dewi Amd.Keb - September 2, 2016
Diskusi Dari:
puji

Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

Dijawab Oleh : puji

Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

Dijawab Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
Diskusi Dari:
Wiwin Kusmawati

Selamat siang bu bidan… nama saya Rara Farahtain usia saya sekarang 17 tahun. Akhir-akhir ini saya sering mengalami keputihan yang sepertinya tidak normal. Karena jumlah keputihannya yang banyak dan mengeluarkan bau serta gatal pada vagina. Saya khawatir karena kondisi ini, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal yang bisa saya lakukan sendiri sebelum saya periksa ke dokter? Terimkasih bu bidan, saya tunggu jawabannya…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
ade

Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

Dijawab Oleh : ade
Diskusi Dari:
Iphunk Charger

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

Perlu Jawaban