Kemandulan Bukan Hanya Ada Pada Wanita Saja, Pria Juga Berpeluang Mengalami Kemandulan

Kemandulan Bukan Hanya Ada Pada Wanita Saja, Pria Juga Berpeluang Mengalami Kemandulan

Keluarga akan terasa kurang hangat tanpa kehadiran buah hati. Tapi ada kalanya suatu pasangan sulit mendapatkan kehamilan atau biasanya disebut mandul. Kesulitan mendapatkan kehamilan bukan disebabkan oleh wanita saja, pria juga bisa menjadi penyebabnya.  Kemandulan (infertilitas) adalah ketidakmampuan pasangan yang aktif secara seksual   tanpa menggunakan metode kontrasepsi dan biasanya kehamilan diukur dalam waktu satu tahun.

Jika hal ini terjadi maka perlu adanya pemeriksaan kesuburan baik pria maupun wanita. Untuk menentukan kesuburan pada pria, bukan hanya dianalisa oleh banyaknya air mani yang keluar saat ejakulais, tetapi membutuhkan beberapa faktor seperti konsentrasi sperma, pH (antara 7 dan 8), jumlah total spermatozoa ejakulasi (lebih dari 40 juta/ml) dll.

Ciri-ciri Ketidaksuburan pada Pria

1. Perubahan Gairah Seksual

Adanya perubahan pada tingkat kesuburan pria sering ditentukan oleh kadar hormon. Gangguan keseimbangan hormon bisa menjadi salah satu penyebab rendahnya produksi sperma. Produksi sperma disebut rendah bila dalam 1 mililiter semen terdapat kurang dari 15 juta sperma dan bila dalam 1 kali ejakulasi terdapat kurang dari 39 juta sperma. Gangguan keseimbangan hormon ini juga akan menyebabkan terjadinya perubahan gairah seksual

2. Ereksi Bermasalah

Ereksi adalah kondisi penis tegang akibat efek psikologis seputar seks. Adanya masalah dalam kemampuan ereksi bisa menjadi tanda pria mandul. Gangguan ini dapat disebabkan oleh masalah psikologis (kecemasan, rasa percaya diri yang rendah) maupun penyakit lain (diabetes mellitus, darah tinggi).

3. Testis Bengkak atau Terasa Sakit

Kondisi di mana testis atau buah zakar terasa sakit dan bengkak akibat infeksi atau penyakit lainnya. Beragam infeksi dapat menyebabkan keluhan nyeri dan bengkak pada testis, seperti infeksi bakteri E.coli ataupun akibat bakteri penyebab penyakit menular seksual seperti sifilis dan klamidia.

4. Gangguan Ejakulasi

Ejakulasi adalah keluarnya air mani dari penis. Bila terjadi gangguan pada proses ini, sperma tidak dapat didistribusikan dengan lancar saat berhubungan seks, sehingga kemandulan bisa terjadi.

5. Verikokel

Verikokel atau pelebaran pembuluh darah vena. Pelebaran inilah yang menyebabkan seseorang mengalami kemandulan. Belum diketahui secara pasti penyebab dari verikokel. Biasanya akibat adanya varises pada testis yang menganggu kesuburan pria.

6. Pertumbuhan payudara tidak normal (ginekomastia)

Beberapa pria memiliki payudara yang besar. Keadaan ini dapat disebabkan oleh hiperestrogen. Kelebihan kadar hormon wanita dalam tubuh pria ini dapat mengganggu produksi sperma sehingga berujung pada ketidaksuburan atau kemandulan.

7. Volume Sperma

Jumlah sperma yang keluar dari penis seorang pria akan mempengaruhi pembuahan pada wanita. Padahal jika anda mengalami hal ini maka potensi anda untuk memiliki momongan dalam waktu dekat pun akan sulit tercapai.

8. Infeksi Prostat

Infeksi prostat pun bisa mempengaruhi seorang pria menjadi mandul atau tidak. Infeksi ini biasanya terjadi akibat masuknya bakteri ke dalam kandung kemih, jika anda memang sudah merasakan hal ini sudah sebaiknya diperiksakan ke dokter. Karena infeksi prostat dapat menyebabkan kemandulan secara sementara maupun kemandulan secara permanen.

Diagnosis Uji Kesuburan Pria

a. Tes darah untuk menguji apakah terdapat gangguan hormon ataupun infeksi.
b. Pemeriksaan fisik pada penis,  skrotum dan prostat
c. Pengambilan semen untuk menguji jumlah dan kualitas sperma

Penanganan dan Pencegahan Kondisi Mandul Pada Pria

a. Menghindari mandi atau berendam dalam air panas terlalu lama, sebab suhu tinggi dapat membunuh sel sperma.
b. Mengonsumsi obat peningkat produksi sperma jika dianjurkan oleh dokter
c. Penambahan hormon diperlukan apabila mandul disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon
d. Menjaga berat badan ideal
e. Menggunakan pakaian dalam yang longgar
f. Menghindari merokok dan membatasi konsumsi alkohol

Penyebab Kemandulan pada Pria

1. Gaya hidup yang kurang baik
2. Ketidakseimbangan hormon
3. Kecelakaan sehingga struktur organ reproduksi terluka atau cacat.
4. Genetik
5. Konsumsi alkohol, rokok, atau obat-obatan
6. Stres
7. Efek samping obat yang dikonsumsi
8. Lingkungan yang penuh polusi
9. Dampak kemoterapi dan radiasi Varikokel atau varises pada organ intim pria
10. Pernah mengalami gangguan prostat, testikel, atau masalah seksual
11. Pernah menjalani operasi paha, testikel, penis, atau skrotum
12. Kriptokismus, kondisi bawaan sejak lahir dimana testis tidak berada dikantungnya karena gagal turun
13. Penyakit tiroid Penyakit diabetes Penyakit sirosis hati

Citra Dewi Amd.Keb - July 17, 2018
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sherly davies

Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

Dijawab Oleh : Sherly davies
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat pagi,

saya hidayat,
istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

karena saya saat ini sedang keluar kota
dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

mohon jawabannya Ibu Bidan

salam,
hidayat

Dijawab Oleh :