Kenali 8 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Datang Bulan

Curhatbidan.com – Pada umumnya, bagi yang sudah pernah melahirkan, mungkin sudah tahu dan bisa mengenali beberapa tanda-tanda kehamilan. Namun, bagi pasangan muda yang baru saja menikah penting untuk mengenali tanda-tanda awal kehamilan. Karena, apabila calon ibu telah mengetahui adanya ciri-ciri kehamilan, tentunya akan mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk kesehatan ibu dan janin. Begitupun sebaliknya, apabila calon ibu dan pasangan tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, dikhawatirkan akan melakukan hal-hal yang dilarang ketika hamil dan berpotensi membahayakan janin. Tidak hanya itu, calon ibu yang mengenali gejala awal kehamilan sejak dini akan lebih memperhatikan asupan dan kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk ibu dan sang buah hati. Oleh karena itu, Mari kita kenali 8 tanda awal kehamilan selain telat datang bulan.

Kenali 8 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Menstruasi

  • Kram perut

Pada umumnya saat awal kehamilan calon ibu akan mengalami kram atau kencang pada perut. Kram ini disebabkan oleh terhentinya produksi hormon progesteron dari corpus luteal setelah hadirnya plasenta. Kram perut juga dapat disebabkan karena otot rahim yang meregang akibat hadirnya janin. Kondisi seperti ini hanya akan berlangsung ringan. Namun, apabila terjadi kram perut yang disertai dengan pendarahan, maka sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

  • Bercak darah ringan (flek/spoting)

Bercak darah ini biasanya berwarna merah muda atau coklat. Hal ini terjadi disebabkan oleh adanya proses implantasi sel ovum yang telah dibuahi oleh sel sperma yang menempel ke dinding rahim.

  • Perubahan pada organ intim

Adanya perubahan pada bibir organ intim atau area kewanitaan menjadi ciri-ciri awal kehamilan selanjutnya. Perubahan tersebut diantaranya pada warnanya yang semula merah muda berubah menjadi lebih pucat atau gelap. Pada awal kehamilan biasanya juga akan keluar cairan dari organ intim calon ibu yang mirip dengan keputihan. Hal ini merupakan cairan yang dihasilkan dari pembuahan yang berasal dari cervical mucus.

  • Mual dan muntah (morning sicknes)

Biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur dan disertai dengan gejala pusing atau tidak enak badan, dan diserta ngidam. Hal ini terjadi karena hormon estrogen yang meningkat menyebabkan peningkatan asam lambung. Mual dan muntah juga dapat disebabkan karena hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang mulai dihasilkan oleh plasenta. Tidak hanya itu, mual muntah juga dapat dipicu oleh adanya perubahan metabolisme pada organ intim pada saat awal kehamilan serta dapat pula disebabkan karena adanya faktor psikis calon ibu yang mulai labil. Terjadinya mual dan muntah juga pada umumnya akan mereda seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun pada beberapa kasus ada calon ibu yang terus merasakan mual muntah sampai bayi yang dikandungnya lahir.

  • Mudah cape

Hadirnya janin akan menyebabkan peningkatan pasokan aliran darah menuju ke janin dan tentunya ibu harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Pada fase asal penyesuaian, calon ibu biasanya akan sering merasakan mudah cape. Maka dari itu, apabila kehamilan diketahui sejak dini maka tentunya calon ibu harus memperbanyak asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan calon ibu sendiri serta perkembangan janinnya.

  • Payudara lebih sensitif

Biasanya, aerola (daerah sekitar puting susu) pada calon ibu akan terlihat menghitam, ukuran payudara membesar serta terasa lebih berat dan biasanya juga pada area payudara terasa agak sakit. Tanda awal kehamilan ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh wanita hamil.

  • Sering buang air kecil

Tanda ini disebabkan karena pada awal kehamilan tubuh akan beradaptasi dengan hadirnya janin, seperti volume dalam darah meningkat dan ginjal akan bekerja lebih kerasa dari biasanya sehingga wanita hamil akan sering mengalami buang air kecil. Selain itu, gejala ini juga dipicu oleh peningkatan hormon HCG serta hadirnya janin yang mendesak kandung kemih.

  • Sensitif terhadap bau

Calon ibu biasanya tidak menyukai aroma-aroma yang agak menyengat walaupun aroma itu sebelumnya disukai oleh wanita tersebut. Rasa eneg pada saat hamil juga akan menyebabkan mual dan muntah.

Jadi itulah 8 tanda awal kehamilan selain telat datang bulan. Apabila, Anda merasakan beberapa tanda kehamilan diatas, sebaiknya segeralah untuk pergi ke dokter kandungan untuk memastikannya. Jika saja memang Anda tengah mengandung, sebaiknya diawal kehamilan ini Anda memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur, banyak minum air putih, menghindari rokok dan menghindari berbagai aktivitas yang terlalu berat.

Citra Dewi Amd.Keb - May 25, 2016
Diskusi Dari:
Ratna Fitria Febriani

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
emilia

Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

Dijawab Oleh : emilia
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
Diskusi Dari:
Anonymous

Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

Dijawab Oleh :