Kenali Gejala Dan Cara Mengatasi Stres Pada Bayi

Bidan Online -, Kenali Gejala Dan Cara Mengatasi Stres Pada Bayi -, Bunda, taukah Anda kalau ternyata stres tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja melainkan bayi juga bisa mengalami seperti ini. Untuk mendeteksi gejala stres pada orang dewasa dan bayi jua berbeda. Sebagian orang tua masih ada yang tertipu dengan tingkat pola anak yang sebenarnya rewel dan cengeng dan masih dianggap biasa saja. Tidak seperti orang dewasa, anak terkadang tidak bisa mengutarakan perasaannya dengan mudah. Ketika ia sedang merasa tertekan, seringkali hal itu dilampiaskan melalui perilaku atau gejala yang kurang baik.

Beberapa hal yang bisa menandakan si anak sedang mengalami stres dan tertekan diantaranya sering rewel, lebih mudah menangis, menggigit kuku dan tantrum. Maka dari itulah Anda harus lebih memperhatikan perilaku dari anak dan berikut mari kenali gejala dan cara mengatasi stres pada anak yang mungkin sering terlewatkan oleh Anda sebagai orang tua.

Penyebab Stres Pada Balita

Sebelum mengenali gejala yang ditunjukan oleh bayi yang sedang mengalami stres, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab bayi merasa stres agar hal ini bisa dicegah.

  • Perubahan Lingkungan


Seperti halnya berpindah rumah dan memiliki suasana yang baru. Saat kondisi seperti ini terjadi maka bisa memicu anak menjadi lebih over aktif terhadap lingkungannya yang membuat anak melampiaskannya di rumah.

  • Terjadi Pertengkaran Dirumah

Pertentangan yang terjadi antara kedua orang tua atau sodara atau bahkan orang – orang yang ada di rumah dan apabila si anak menyaksikan keadaan itu atau mendengar yang dirasakan maka mereka juga bisa mengalami stres dan merasa tertekan. Pada umumnya anak belum bisa memberikan pendapata tau penolakan atas apa yang disukainya.

  • Kematian Hewan Peliharaan

Tidak jauh beda dengan kehilangan teman, kehilangan hewan peliharaan yang disayang dan dicintainya juga bisa membuat luka yang mendalam pada si anak. Sedih dan duka ini bisa membuat anak tidak bisa menerima keadaan yang membuatnya menjadi stres.

  • Permasalahan Disekolah

Bebebrapa masalah yang terjadi di sekolah seperti terkena marah guru atau bertengkar dengan teman – temananya menjadikan anak semakin tertekan dan stres. Anak – anak yang menjalani stres dikehidupannya biasanya akan menunjukan segala sesuatu dengan berlebihan seperti menangis, tertawa dan marah atau reaksinya ketika bermain di dalam atau luar rumah.

Gejala Stres Pada Balita

Beberapa gejala yang bisa ditunjukan oleh anak ketika mengalami stres mungkin akan lebih sulit untuk dideteksi dibandingkan dengan orang dewasa. Maka dari itu kenali gejala berikut di bawah ini pada anak agar bisa dideteksi sedini mungkin.

  • Lebih sensitif dan mudah marah
  • Sulit makan, banyak membuat alasan untuk memulai makan
  • Mudah rewel dan segala sesuatu bisa menjad sumber masalah untuknya
  • Tertawa yang berlebihan
  • Tidur yang tidak nyenyak dan membuatnya kerap mengalami mimpi buruk

Sebagai orang tua, Anda tentu paham apa yang memicu mereka melakukan beberapa hal tersebut. Kemungkinan ada suatu hal yang membuat merka merasa tidak nyaman dan terganggu. Maka disinilah peran Anda sangat diperlukan untuk mengajarkan pada anak bagaimana mereka bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada karena semuanya tidak bisa dipaksakan.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Stres Pada Balita ?

  • Komunikasi Yang Baik

Apabila Anda mulai melihat gejalaa – gejala stres yang menunjukan anak sedang mengalami stres maka ada baiknya Anda menanyakannya apa yang membuatnya seperti itu. Hal ini bisa membuat meraka merasa diperhatikan dan perasaan tertekan akan mulai menghilang.

  • Ajak Mereka Menenangkan Pikiran

Anda bisa mengajak anak untuk berbaring nyaman ditempat tidur dan membayangkan hal – hal yang indah. Hal seperti ini bisa mengajarkan agar anak terbiasa menenangkan diri saat masalah menghampirinya.

  • Biarkan Anak Mendengarkan Musik

Biarkan mereka untuk mendengarkan musik kesukaannya sambil menggoyang – goyang riang untuk menenangkan hati mereka dan dengan begitu amarah serta rasa tertekannya akan menghilang secara perlahan.

Masa anak – anak adalah masa penting dalam periode pertumbuhan anak bagi untuk segi fisik dan mentalnya, maka dari itu pentingmembuat anak merasa bahagia, nyaman, tenang dan aman.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - April 25, 2017
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
mohon penjelassannnya

Dijawab Oleh : Claudia harapankita
Diskusi Dari:
Anonymous

Bagaimana mengatasi stres saat hamil

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Bang Andre

Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya Dila usia 32 tahun. Saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Namun akhir-akhir ini saya cepat sekali merasa lelah bu bidan, tidak bersemangat dan pengennya tiduran terus. Ada tips ga bu bidan buat mengatasi rasa lelah saat hamil. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :