Kenali Gejala dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Hamil kosong atau hamil anggur terjadi ketika ada sebuah sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma dan menempel dalam dinding rahim, namun embrio tersebut ternyata tidak berkembang. Sel yang sudah dibuahi memang akan membentuk kantung kehamilan namun embrio sama sekali tidak terbentuk atau janin tidak berkembang. Untuk memastikan kehamilan ini dibutuhkan pemeriksaan melalui USG kehamilan pada trimester pertama. Karena, gejala kehamilan kosong hampir menyerupai dengan kehamilan normal. Maka dari itu, mari kita kenali gejala dan penyebab terjadinya kehamilan kosong.

Kenali Gejala dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Kehamilan kosong bisa terjadi diakibatkan oleh sebuah tanda ketia tubuh ibu mengenali ada bagian kromosom yang tidak dikenali atau tidak normal berkembang pada janin dan secara alami. Maka tubuh ibu merespon dengan tidak melanjutkan proses perkembangan janin. Karena itu, tubuh menolak kromosom yang tidak normal yang bahkan tidak akan mampu berkembang menjadi janin yang sehat.

Selain itu, yang menjadi penyebab awal dari kehamilan kosong terjadi ketika ada sel membelah secara tidak sempurna akibat kualitas sel sperma dan sel telur yang buruk. Kehamilan kosong juga sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari suami dan istri.

Adapun gejala-gejala yang dialami oleh ibu hamil anggur yaitu:

Terlambat menstruasi
Seperti yang telah dibilang sebelumnya, proses kehamilan anggur hampir sama yaitu melewati proses sel telur yang dibuahi oleh sel sperma. Tahap awal ini akan membuat ibu merasa benar-benar hamil.

Tes urin positif
Memang ketika pada tahap awal kehamilan kosong sel telur yang dibuahi oleh sel sperma juga menempel pada dinding rahim. Tahap ini akan menunjukkan jika tubuh ibu bersiap untuk menyambut perkembangan janin. Dan tentu saja tingkat HCG dalam urin ataupun darah juga tinggi seperti hamil yang nyata. Namun meski demikian, belum tentu menunjukkan positif jika dilakukan tes darah saat masa kehamilan tersebut.

Perut kembung
Ini sudah menjadi ciri-ciri fisik bagi ibu hamil yang menandakan pertumbuhan embrio dalam rahim membesar. Dan ternyata perut kembung juga dialami oleh ibu yang mengalami hamil anggur.

Sakit dada
Sakit dada berhubungan dengan tingkat oksigen yang rendah dalam tubuh ibu dan reaksi akibat proses pembuahan dari sel telur dan sel sperma namun sebenarnya gagal berkembang.

Morning sickness
Penyebab morning sickness bisa terjadi akibat kenaikan progesteron tinggi dalam tubuh. Dan inilah yang menjadi perbedaan mual hamil atau maag yang membuat ibu terkena kehamilan kosong tidak peka.

Sakit kepala
Sebagian ibu sering menganggap jika sakit kepala disebabkan oleh tubuh yang bersiap untuk menyambut bayi, perubahan hormon dan kelelahan. Namun kehamilan kosong sering menyebabkan rasa sakit kepala yang lebih berat dibandingkan kehamilan yang sebenarnya

Perasaan janin dalam rahim
Hal ini juga menjadi salah satu gejala dari kehamilan anggur. Umumnya ibu hamil memang memiliki naluri atau perasaan yang sangat kuat. Termasuk saat merasa hamil dan sudah merasakan tanda yang nyata. Namun, hal ini juga ternyata bisa menjadi kehamilan anggur.

Terdapat kantung ketuban
pada pemeriksaan USG yang dilakukan di minggu ke 7, maka kantung ketuban akan terbentuk sempurna dan sama sekali tidak ada embrio yang berkembang. Jika dokter tahu dengan hasil pemeriksaan ini maka biasanya dokter akan memberitahu kepada ibu dan memberikan saran untuk menghadapi kehamilan kosong.

Terjadi kram perut
Pada kehamilan kosong memang sel telur benar-benar menempel pada dinding rahim. Kemudian juga menekan rahim sehingga sering menyebabkan rasa nyeri atau kram pada perut bawah. Namun kram harus diwaspadai karena kehamilan kosong sering menyebabkan kram yang disertai dengan bercak coklat atau merah dari vagina.

Pendarahan berat
Tidak ada waktu yang pasti kapan pendarahan akan terjadi, bahkan ibu sering menganggap pendarahan tersebut adalah menstruasi. Namun ketika pendarahan menjadi berat dan lama maka itu bukan tanda menstruasi sebab bisa jadi tanda-tanda keguguran.

Nah itulah beberapa gejala dan penyebab terjadinya kehamilan kosong atau anggur. Meski demikian, ada juga beberapa kehamilan anggur yang tidak disertai dengan berbagai tanda yang berat. Sehingga ibu menganggapnya sebagai hal biasa. Selalu perhatikan setiap perkembangan kehamilan Anda ke bidan untuk berkonsultasi.

Citra Dewi Amd.Keb - November 14, 2016
Diskusi Dari:
Intan Royana

Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Nenden Mustika

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ivie Suci

Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Bang Andre

Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

Dijawab Oleh :