Kenali Tanda Awal Gejala Demam Berdarah Pada Anak Anda

Di saat musim penghujan terutama di Indonesia yang merupakan negara dengan daerah yang beriklim tropis merupakan salah satu tempat yang dapat menjadi sarang untuk berkembangbiaknya nyamuk, terutama nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Penyakit demam berdarah dikenal dengan penyakit mematikan apabila tidak segera di tangani, dan bagi anak-anak tentunya hal ini bisa menjadi sangat mudah untuk terserang penyakit demam berdarah. Nah sebagai orang tua ada baiknya untuk berusaha mencegah anak juga anggota keluarga dapat terhinda dari penykit seperti ini. Tindakan sigap memang sangat diperlukan agar penyakit tersebut tdak terjadi di keluarga anda.

Demam berdarah merupakan penyakit akut yang ditandaidengan gejala demam akut, menifestasi pendarahan bahkan bisa samapi menyebabkan kematian. Gejala demam penyakit demam berdarah ini biasanya  terjadi dalam waktu 2-7 hari yang disertai dengan nyeri ulu hati, nyeri otot dan sendi.

Penderita demam berdarah akan mengalami gejala mual dan muntah juga mengalami sakit kepala, namun pada anak-anak akan terjadi pendarahan dengan di tandai ruam pada kulit serta gusi berdarah. Hal ini mengharuskan sikap yang sigap terhadap orang tua jika terjadi demam berdarah pada anak karena cepat sekali mengalami perburukan dengan gejala demam yang terjadi secara mendadak.

Sampai saat ini masih beluam terdapat obat khusus untuk penderita demam berdarah dengue. Apabila gejala terjadi pertolongan pertama dapat diberikan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan perbanyak istirahat.

Untuk menghilangkan rasa sakit juga menurunkan panas demam adalah dengan memberikan obat yang khusus untuk menurunkan demam atau panas itu sendiri, selain dari pada itu sebagian haru ada yang dihindari karena dampak buruk yang bisa terjadi pada penderita demam berdarah terutama demam berdarah yang terjadi pada anak.

Demam berdarah yang terjadi pada anak dapat disembuhkan dalam waktu satu sampai dua minggu dengan tidak menyebabkan masalah tersisa. Apabila seorang anak memiliki gejala demam berdarah berat, atau gejalanya menjadi lebih buruk saat hari pertama atau kedua setelah demam hilang, maka harus segera di bawa ke dokter terdekat untuk di periksakan kondisinya. Hal ini dilakukan karena gejala tersebut yang harus segera membutuhkan penanganan medis, karena kondisi seperti ini dapat mengindikasi shock syndrome.

Untuk itu diperlukan kewaspadaan orang tua terhadap anak sangatlah penting. Jika gejala yang dialami itu terjadi secara tiba-tiba dengan gejala demam tinggi, ada baiknya orang tua langsung memeriksakan anaknya ke dokter secepat mungkin.

Citra Dewi Amd.Keb - May 24, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

Dijawab Oleh :

Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

Dijawab Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
maya

Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Disa Khaerunisa

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

Perlu Jawaban