Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan

Bidan Online -, Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan -, Hidrosefalus atau cairan yang terdapat di dalam otak merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak terjadi pada bayi. Kondisi ini bisa mengakibatkan kepala bayi membesar dan hal ini juga bisa di deteksi sejak dalam kandungan. Penyebab hidrosefalus ada beragam namun, yang banyak ditemukan yaitu akibat kelaianan bawaan sejak lahir dan diakibatkan oleh infeksi toksoplasmosis. Biasanya apabila terdapat infeksi dalam kandungan maka bayi lahir dengan hidrosefalus meskipun tidak semua bayi seperti itu.

Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan

Penyakit yang satu ini bukan jenis penyakit keturunan, hal ini bisa di cegah dengan cara melakukan pemeriksaan secara rutin sebelum dan selama kehamilan. Anda juga bisa melakukan TES TORCH untuk menghindari bayi cacat.

Sebelum si ibu hamil, maka harus sudah dipastikan bahwa tidak ada infeksi yang bisa mengakibatkan kelainan bawaan. Karena kebanyakan ibu memeriksakan apabila sudah hamil. Selain memeriksakan, ibu hamil juga harus menjaga asupan gizi nya karena kekurangan gizi juga bisa mempengaruhi kehamilan termasuk kelainan otak pada bayi.

Bahkan menurut dokter yang sudah membantu operasi ratusan anak hidrosefalus di Wisma Kasih Bunda mengatakan bahwa penyakit yang satu ini bisa di deteksi sejak bayi masih dalam kandungan melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Pemeriksaan hidrosefalus pada bayi bisa di deteksi mulai usia kandungan 6-7 bulan namun meskipun jika terdeteksi tidak bisa langsung ditangani dan tetap harus menunggu hingga bayi lahir.  Sedangkan kalau di luar negeri, hal ini bisa saja langsung di tangani dengan melakukan penyedotan cairan.

Maka dari itu bunda, alangkah baiknya jika sebelum dan saat sedang mengandung untuk tetap melakukan pemeriksaan serta menjaga asupan makanan setiap harinya untuk mencegah penyakit hidrosefalus.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - December 15, 2017
Diskusi Dari:
Nelly Tampubolon

Assalamualaikum bu bidan …

Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

Terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Riana

Selamat pagi, saya sedang hamil usia kandungan 27 minggu, dengan usia kandungan saya yang masih muda saya menghawatirkan terjadinya pendarahan. yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya pendarahan ? Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sahputri Ramadhani

Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

Dijawab Oleh : Claudia harapankita
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

Dijawab Oleh :