Kenali Penyakit Diabetes Melitus Menyerang Bayi

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu kenali penyakit diabetes melitus menyerang bayi. Diabetes melitus atau DM adalah kelaianan yang langka dan hanya terjadi 1 diantara 400.000 kelahiran di dunia. Meskipun demikian resiko pada bayi yang lahir lebih dari berat pada normalnya atau lebih dari 4kg bisa meningkat dua kali lipat.

Untuk mendiagnosa bayi yang mengalami diabetes melitus memang tidak memerlukan skrining DM atau diabetes melitus pada bayi yang baru saja lahir terkecuali apabila bayi yang baru saja lahir mengalami resiko lebih besar untuk terkena penyakit diabetes melitus seperti berat badan yang lebih dari pada seharusnya. Kelahiran bayi yang besar rata – rata lahir dari ibu yang mengalami diabetes gestasional atau dikenal oleh masyarakat luas dan diabetes yang terjadi pada awal masa kehamilan. Maka dengan demikian bayi yang lahir dengan berat badan lebih dari pada normalnya dikhawatirkan bisa memiliki kebiasaan dengan kondisi tinggi kadar gula darah bayi.


Kenali Penyakit Diabetes Melitus Menyerang Bayi

Untuk calon ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes maka sebelum melakukan langkah kehamilan alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan. Meskipun demikian bayi yang baru lahir dari ibu yang memiliki riwayat garis keturunan penyakit diabetes tidak selalu menurunkan penyakitnya kepada bayi yang baru saja dilahirkannya. Maka dengan demikian fakta ini menghilangkan pemikiran bahwa penyakit diabetes terjadi akibat faktor keturunan melainkan terkait dengan mutasi gen yang bisa beresiko tinggi terjadi penyakit diabetes pada bayi yang baru saja lahir.

Menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting, terutama berat badan dimasa kehamilan juga bisa berpengaruh pada kondisi bayi ketika lahir. Dan selain itu, Anda juga harus mewaspadai untuk pemberian susu formula yang mengandung kandungan gula tambahan yang berbelebih sehingga bisa menyebabkan berat badan bayi berkembang dengan cepat dan jauh dari kata ideal sesuai dengan usia yang seharusnya. Tidak hanya kandungan gula yang berlebih, memberikan susu formula juga bisa menyulitkan tubuh bayi untuk mencerna sel – sel lemak yang terdapat dalam susu formula dibandingkan dengan Air Susu Ibu (ASI) yang mengandung sel lemak yang lebih mudah diserap oleh tubuh bayi Anda.

Demikian informasi mengenai penyakit diabetes menyerang bayi yang harus ibu perhatikan, karenan bayi yang baru lahir dan beresiko terkena penyakit diabetes juga tidak terlepas dari bagaimana cara ibu menjaga kesehatan ketika mengandung si kecil.

Artikel Terkait Lainnya :

Citra Dewi Amd.Keb - June 13, 2017
Diskusi Dari:
Alfiyah

Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya

Dijawab Oleh : Alfiyah
Diskusi Dari:
Anonymous

Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
Wassalamm…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Mbak aty

Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada yeast cell atau tidak

Dijawab Oleh : Mbak aty