Kenali Penyakit Diabetes Melitus Menyerang Bayi

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu kenali penyakit diabetes melitus menyerang bayi. Diabetes melitus atau DM adalah kelaianan yang langka dan hanya terjadi 1 diantara 400.000 kelahiran di dunia. Meskipun demikian resiko pada bayi yang lahir lebih dari berat pada normalnya atau lebih dari 4kg bisa meningkat dua kali lipat.

Untuk mendiagnosa bayi yang mengalami diabetes melitus memang tidak memerlukan skrining DM atau diabetes melitus pada bayi yang baru saja lahir terkecuali apabila bayi yang baru saja lahir mengalami resiko lebih besar untuk terkena penyakit diabetes melitus seperti berat badan yang lebih dari pada seharusnya. Kelahiran bayi yang besar rata – rata lahir dari ibu yang mengalami diabetes gestasional atau dikenal oleh masyarakat luas dan diabetes yang terjadi pada awal masa kehamilan. Maka dengan demikian bayi yang lahir dengan berat badan lebih dari pada normalnya dikhawatirkan bisa memiliki kebiasaan dengan kondisi tinggi kadar gula darah bayi.


Kenali Penyakit Diabetes Melitus Menyerang Bayi

Untuk calon ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes maka sebelum melakukan langkah kehamilan alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan. Meskipun demikian bayi yang baru lahir dari ibu yang memiliki riwayat garis keturunan penyakit diabetes tidak selalu menurunkan penyakitnya kepada bayi yang baru saja dilahirkannya. Maka dengan demikian fakta ini menghilangkan pemikiran bahwa penyakit diabetes terjadi akibat faktor keturunan melainkan terkait dengan mutasi gen yang bisa beresiko tinggi terjadi penyakit diabetes pada bayi yang baru saja lahir.

Menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting, terutama berat badan dimasa kehamilan juga bisa berpengaruh pada kondisi bayi ketika lahir. Dan selain itu, Anda juga harus mewaspadai untuk pemberian susu formula yang mengandung kandungan gula tambahan yang berbelebih sehingga bisa menyebabkan berat badan bayi berkembang dengan cepat dan jauh dari kata ideal sesuai dengan usia yang seharusnya. Tidak hanya kandungan gula yang berlebih, memberikan susu formula juga bisa menyulitkan tubuh bayi untuk mencerna sel – sel lemak yang terdapat dalam susu formula dibandingkan dengan Air Susu Ibu (ASI) yang mengandung sel lemak yang lebih mudah diserap oleh tubuh bayi Anda.

Demikian informasi mengenai penyakit diabetes menyerang bayi yang harus ibu perhatikan, karenan bayi yang baru lahir dan beresiko terkena penyakit diabetes juga tidak terlepas dari bagaimana cara ibu menjaga kesehatan ketika mengandung si kecil.

Artikel Terkait Lainnya :

Citra Dewi Amd.Keb - June 13, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Malam Dok…!
Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
Terima kasih atas jawabannya dok…!

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Apa evidence base dari persiapan persalinan??

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Day

apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Pagi bu.
Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
Mohon penjelasannya.

Dijawab Oleh :