Kenali Penyebab Sperma Encer Dan Cara Mengatasinya

Bidan Online | Hai, calon ayah! Apakah Anda pernah mengalami sperma encer ? Jika jawabannya iya maka Anda adalah pria dengan tingkat kesuburan menurun. Pertanyaan ini bukan sekedar pendapat dan opini. Sperma yang encer akan menurunkan jumlah sperma, bentuk sperma juga kurang baik untuk pembuahan. Di samping itu juga, motilitas sperma akan jauh menurun maka sebaliknya produksi sperma yang abnormal malah meningkat.

Dalam kondisi yang normal, sperma yang keluar dengan air mani saat ejakulasi berwarna putih agak keabu – abuan. Teksturnya kental dan lengkat, berbeda dengan sperma yang encer. Akan terasa lebih being dan tidak lengkat serta kurang kental. Informasi selengkapnya mengenai Penyebab Sperma Encer Dan Cara Mengatasinya, simak di bawah ini.

Penyebab Sperma Encer

  • Intensitas Ejakulasi Tinggi

    Melakukan ejakulasi yang sering baik dengan melakukan hubungan seksual dan onani bisa mengencerkan sperma. Dalam proses produksinya, sperma membutuhkan wakrtu setidaknya 48 jam agar siap pakai untuk pembuahan. Dan jika Anda melakukan ejakulasi secara berulang – ulang dalam satu hari maka akan mengencerkan sperma Anda.

  • Berat Badan Kurang Sehat

    Sudah bukan menjadi satu rahasia lagi kalau berat badan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda juga berat badan berlebih bisa menyulitkan Anda yang ingin cepat hamil. Dan prinsip ini berlaku bagi para pria, teradapatnya lemak yang banyak dalam tubuh bisa mempengaruhi cara kerja hormon reproduksi dan berujung dengan produksi sel sperma. Bukan hanya itu saja, motilitas sperma juga akan berkurang.

    Tapi ini bukan berarti Anda yang memiliki berat badan kurun akan memiliki sperma yang baik dan bagus. Tubuh yang terlalu kurus juga kurang baik untuk perkembangan sperma. Maka dari itu mecapai tubuh yang sehat menjadi kunci untuk memiliki kualitas sperma yang baik. Tidak perlu sampai tubuh menjadi seperti seorang atlet atau model sixpacks. Anda hanya harus memenuhi berat badan ideal.

  • Gaya Hidup Buruk

    Mengkonsumsi alkohol, merokok, mencandu ganja dan mengkonsumsi obat – obatan terlarang merupakan gaya hidup yang sama sekali tidak sehat. Semuanya bisa merusak kualitas dan kuantitas produksi sperma. Anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi fast food dan junk food serta tidak mengkonsumsi sayur – sayuran dan jarang berolahraga dan senang mengkonsumsi kopi. Zat zat yang terdapat pada alkohol, kafein dan nikotin bisa mempengaruhi organ reproduksi dan berujung pada sperma encer.

  • Faktor Usia

    Sistem reproduksi pria tidak seperti wanita, saat wanita yang berusia 35 tahun mulai menurun kualitas kesuburannya berbeda dengan pria yang akan terus maju. Namun penurunan sperma dan sistem pendukung lainnya juga menurun sama halnya dengan usia 40 tahun karena pada usia itu sperma pria mungkin encer dan kualitas sperma tidak seperti masa muda.

Cara Mengatasi Sperma Encer

  • Hindari Onani

    Melakukan onani terlalu sering bisa mengakibatkan infeksi dan bakteri dari benda – benda yang tidak steril akan masuk ke dalam tubuh melalui penis lalu mencemari organ reproduksi Anda. Bukan tidak mungkin jika masalah kesuburan akan menghampiri karena masalah ini.

  • Mengatur Jadwal Berhubungan

    Salah satu penyebab sperma encer merupakan intensitas ejakulasi yang tinggi jadi salah satu cara untuk menghindari sperma agar tidak encer adalah dengan mengatur jadwa berhubungan dengan istri. Anda bisa bercinta 2/3 hari sekali mengingat produksi sperma siap pakai memerlukan waktu 48 jam. Terapkan ini selama 4 bulan secara rutin.

Cara lainnya adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang buruk tentu akan merubah kualitas sperma Anda baik dalam jangka waktu lama atau cepat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, makanan yang mengandung vitamin D, tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, mengandung kafein, merokok dan sering berolahraga bisa membuahkan hasil yang baik untuk kualitas sperma Anda.

Artikel Terkait :

Citra Dewi Amd.Keb - October 22, 2016
Diskusi Dari:
Day

Persalinan pertama saya mengalami gangguan medis yang mengharuskan saya operasi caesar, dan yang mau saya tanyakan adakah resiko bagi saya yang sebelumnya melakukan operasi caesar, dan lantas dikehamilan kedua saya ingin memlih jalan persalinan normal ? Mohon penjelasannya bu bidan

Dijawab Oleh : Day
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Siti Rohmah

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Didin Bajarudin

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Wiwin Kusmawati

Selamat siang bu bidan… nama saya Rara Farahtain usia saya sekarang 17 tahun. Akhir-akhir ini saya sering mengalami keputihan yang sepertinya tidak normal. Karena jumlah keputihannya yang banyak dan mengeluarkan bau serta gatal pada vagina. Saya khawatir karena kondisi ini, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal yang bisa saya lakukan sendiri sebelum saya periksa ke dokter? Terimkasih bu bidan, saya tunggu jawabannya…

Perlu Jawaban