Keperawanan Tidak Bisa Dinilai Dari Cara Berjalan Dan Bentuk Tubuh

Keperawanan Tidak Bisa Dinilai Dari Cara Berjalan

Keperawanan indentik dengan wanita yang belum pernah sama sekali melakukan hubungan seksual. Biasanya masyarakat akan menilai keperawanan dari tampilan fisiknya, misalnya dari cara berjalan, bentuk tubuh, kelopak mata, bentuk dada, dan lain-lain. Padahal untuk mengetahui seseorang wanita pernah berhubungan seksual atau tidak, dapat dilakukan pemeriksaan pada hymen atau selaput dara secara medis. Sedangkan bentuk payudara, cara berjalan dan kelopak mata lebam secara medis tidak ada hubungannya dengan pernah tidaknya perempuan tersebut melakukan hubungan seksual.

Hubungan seksual sebagian besar akan membuat selaput dara robek yang akan menggambarkan ketidakperawanan, tapi tidak selamanya begitu. Selaput dara bisa tidak robek pada saat melakukan hubungan seksual karena ada beberapa selaput dara yang elastis. Selain itu robeknya selaput dara juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti olahraga berat, masturbasi, tindakan operasi di sekitar vagina, kecelakaan yang menyebabkan cedera pada vagina dan lain-lain. Walaupun begitu pemeriksaan secara medis bisa membedakannya.

Isu Masyarakat Mengenai Tanda Keperawanan Yang Keliru

1. Perempuan tidak perawan dilihat dari cara berjalan

Isu ini tidak ada dasar ilmiahnya sama sekali. Cara berjalan seseorang dipengaruhi oleh struktur anatomi tubuh dan perkembangan fisiknya.

2. Perempuan berbadan besar dan menggelambir

Perlu diketahui bahwa besar kecilnya badan dipengaruhi oleh faktor nutrisi dan genetik dan tidak ada hubunganya sama sekali dengan keperawanan.

3. Payudara Besar dan Kendor

Payudara perempuan bersifat elastis. Ukuran dan bentuknya tergantung pada faktor genetik, nutrisi dan olahraga. Selain itu ketika terangsang payudara perempuan cenderung akan membesar, begitu juga ketika rangsangan itu hilang, secara berkala payudara akan kembali ke bentuk normal.

Hubungan Ketidakperawanan dengan Penilaian Fisik

Mengenai ciri wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, tidak ada perbedaan secara fisik yang dapat diamati untuk menentukan apakah wanita tersebut masih perawan atau sudah pernah berhubungan intim. Oleh karena itu sangat tidak ilmiah menjadikan perbedaan cara berjalan, dan bentuk tubuh seseorang sebagai patokan perawan atau tidaknya seseorang.
Banyak persepsi yang menggambarkan ciri-ciri perempuan yang masih perawan dan yang tidak. mulai dari ciri-ciri fisik sampai gerakannya. Padahal itu semua tidak ada hubunganya sama sekali.

Citra Dewi Amd.Keb - August 23, 2018
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang,
Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Della Aprita

Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

Dijawab Oleh : Della Aprita
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

Dijawab Oleh : Yuli Ani
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni